in: News | July 9, 2018 | by: Tim Jagat Review

Berkerjasama dengan AMD, THATIC Ingin Bikin Processor x86 Untuk Server

Lisa Su (CEO AMD) Saat Berkunjung ke Tiongkok

Sebagaimana sempat diumumkan pada 2016 yang lalu, AMD mengumumkan telah bekerjasama dengan perusahaan asal Tiongkok, Tianjin Haiguang Holdings dan Chinese Academy of Sciences. Dalam kerjasama tersebut akan menghadirkan perusahaan Joint Venture (JV) bernama Tianjin Haiguang Advanced Technology Investment Co. Ltd. (THATIC).

THATIC akan memproduksi serta menjual prosesor rancangan sendiri berbasiskan arsitektur “Zen” dari AMD. Rencananya, THATIC akan memfokuskan utama mereka untuk pangsa pasar server dalam negeri di Tiongkok.

Selang dua tahun berlalu, kini rancangan prosesor dari THATIC kabarnya telah siap untuk diproduksi masal dengan brand “Hygon” dan memiliki codename “Dhyana”. Prosesor ini menggunakan arsitektur “Zen” serta menggunakan desain yang memiliki kemiripan dengan prosesor server AMD yakni EPYC.

Informasi ini diperkuat dari developer kernel Linux yang menyebutkan keduanya akan menghadirkan kemiripan dalam sisi dukungan software, termasuk developer bisa dengan mudah untuk porting code yang sebelumnya digunakan di AMD EPYC untuk bisa digunakan di “Dhyana”.

Di sisi lain, AMD juga tidak melanggar perjanjian lisensi x86 dengan Intel, mengingat dalam aturan US Federal Trade Commission (FTC) tahun 2010 yang menyebutkan AMD bebas untuk hadirkan Joint Venture dengan perusahaan manapun tanpa mendapatkan protes dari Intel akan masalah lisensi.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES