in: News | July 28, 2018 | by: Tim Jagat Review

Grammar Checker Di Google Docs Kini Didukung Teknologi AI

Tidak semua orang lancar dalam membuat dokumen dengan menggunakan istilah dalam bahasa asing. Sering kali terdapat kesalahan penulisan atau lebih sering disebut sebagai “Typo”. Untuk itulah, fitur saran tata bahasa atau lebih dikenal sebagai grammar checker, terdapat di berbagai aplikasi produktivitas yang akan memberikan saran tentang kosakata yang tepat.

Pada acara Cloud Next 18, Google resmi telah mengumumkan fitur grammar checker yang didukung oleh teknologi Artifical Intelegent (AI). Teknologi AI tersebut akan membantu dalam memproses saran tata bahasa atau lebih dikenal sebagai grammar checker, untuk layanan Google Docs.

Dalam acara tersebut, Google menyebutkan bahwa fitur grammar checker ini bisa mendeteksi kosakata yang salah, mulai dari yang ringan seperti kesalahan kata penghubung (seperti “dan”,“atau” dsb -red) hingga yang berat seperti Subordinate Clauses (Anak Kalimat) dengan dibantu oleh AI. Dengan begitu, pemrosesan dalam memberi saran menjadi lebih cepat dan tepat.

Seperti halnya fitur grammar checker lainya, pengguna bisa memilih opsi “Ignore” apabila ada kosakata yang dirasa pengguna sudah tepat dan tidak perlu untuk pemeriksaan kosakata lagi. Google menyebutkan kalau fitur grammar checker tersebut sementara ini baru hadir dalam bentuk ujicoba bagi beberapa pengguna GSuite saja.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES