in: Motherboard | July 19, 2018 | by: Chandra Wijaya

Hands-On Motherboard ASRock Fatal1ty X470 Gaming K4

Bila Anda mengikuti artikel-artikel review yang kami tayangkan, Anda mungkin sudah sempat melihat review motherboard ASRock X470 Taichi beberapa waktu lalu. ASRock memang beberapa waktu lalu mengirimkan produk motherboard X470 mereka, chipset baru untuk mendukung jajaran prosesor AMD Ryzen Pinnacle Ridge, untuk kami uji. Namun, bukan hanya X470 Taichi saja, mereka juga mengirimkan motherboard lain di saat yang bersamaan, yaitu Fatal1ty X470 Gaming K4! Kali ini, giliran kami membahas apa yang ditawarkan motherboard tersebut!

Fatal1ty X470 Gaming K4 sendiri diposisikan sebagai motherboard kelas gaming milik ASRock. Posisi ASRock Fatal1ty X470 Gaming K4 ini tepat di bawah X470 Taichi, yang saat ini menjadi motherboard flagship ASRock untuk chipset X470. Secara fitur, tentunya motherboard ini akan menawarkan beberapa fitur yang terkait dengan dunia gaming. Selain itu, akan ada juga beberapa fitur dari X470 Taichi yang juga dibawa motherboard yang satu ini. Penasaran? Sebelum membahas motherboard itu sendiri, kami akan membahas paket penjualan motherboard itu terlebih dahulu.

Paket Penjualan

ASRock menggunakan desain kemasan serupa dengan yang biasa mereka gunakan untuk produk motherboard menengah ke atas mereka. Di bagian luar, terdapat color box sebagai “bungkus” luar paket penjualan, dan di dalam color box, masih terdapat satu lagi box paket penjualan, lebih tebal dengan warna hitam. Di color box, ASRock menempatkan logo Fatal1ty di sisi depan dan informasi terkait fitur-fitur motherboard di sisi belakang. Color box ini hadir dengan warna merah-hitam khas ASRock untuk lini Fatal1ty.

Berikut ini adalah perlengkapan yang datang dengan motherboard Fatal1ty X470 Gaming K4:

  • DVD Driver
  • Case Badge
  • Manual Book (Quick Installation Guide)
  • ASRock Postcard
  • I/O Shield
  • 4x Kabel SATA 6Gbps
  • 2x M.2 Screw
  • 1x 2 Way SLI HB Bridge

Tampilan Fisik

Fatal1ty X470 Gaming K4 juga hadir dengan tema warna monochrome. Motherboard ini menggunakan PCB black matte dengan teknologi High Density Glass Fabric. Di atas PCB hitam tersebut, terdapat beberapa corak stripping bewarna abu-abu untuk memberi kesan penampilan menarik. Kemudian, seluruh heatsink dan I/O & Audio Shroud diberikan warna abu-abu untuk menyesuaikan warna agar senaca dengan stripping pada PCB motherboard. Heatsink VRM yang digunaknan pada motherboard ini adalah XXL Aluminum Alloy Heatsink.

Untuk motherboard gaming, tentunya ASRock ingin menawarkan penampilan yang menarik, tidak terkecuali juga untuk motherboard ini. ASRock menyertakan I/O shroud yang dilengkapi dengan RGB LED. Desain I/O shroud ini sendiri sama persis dengan apa yang digunakan pada motherboard X470 Taichi, di mana terdapat cut-out kecil yang dilengkapi dengan diffuser untuk menampilakan RGB LED. Sama seperti motherboard ASRock kelas menengah ke atas lain, RGB LED di motherboard ini terdapat di bawah I/O shroud, heatsink chipset, dan shroud area audio. Seluruh RGB LED di motherboard ASRock ini diintegrasikan ke sistem Polychrome RGB.

Terdapat 4 DIMM DDR4 yang mendukung DDR4 dengan kecepatan maksimal hingga DDR4-3466++. Kecepatan tertinggi yang didukung resmi oleh pihak AMD sendiri adalah DDR4-2933. Di atas kecepatan tersebut, user harus melakukan overclock manual, dan tidak ada jaminan dari pihak AMD bahwa frekuensi tersebut dapat dijalankan. Untuk motherboard Fatal1ty X470 Gaming K4 ini, Anda dapat melihat list QVL memori pada link ini: Memory QVL. Kapasistas maksimal dari RAM yang dapat digunakan pada motherboard ini adalah 64GB untuk konfigurasi 4x 16GB, dengan jenis Non-ECC Unbuffered DDR4. Empat slot DIMM ini juga dibalut warna hitam.

Untuk pasokan daya, motherboard ini memiliki 24-pin ATX, 8 pin ATX-12v, dan 4 pin ATX-12v CPU. Peletakan 24-pin ATX pada motherboard ini juga sudah ideal untuk mempermudah pemasangan di dalam casing.

Heatsink Aluminum Alloy XXL yang digunakan untuk mendinginkan area VRM ini memiliki ukuran yang besar dan juga sudah cukup baik dari sisi surface area. Dari sisi desain, heatsink ini terlihat sediit berbeda dari heatsink yang digunakan untuk X470 Taichi. Untuk seri Fatal1ty ini, ASRock tidak memberikan heatpipe di heatsink. Motherboard ini sendiri menggunakan VRM 12 Phase (8 CPU + 4 SOC), yang menandakan bahwa motherboard ini disiapkan untuk bisa menjalankan prosesor Ryzen dari 4 hingga 8 core.

Motherboard ini memiliki lima buah fan header 4-pin. Kelima fan header tersebut dapat Anda gunakan baik pada mode PWM ataupun DC regulated. Peletakan ke-5 fan header tersebut ada di: 2 di bagian atas motherboard, 1 di tengah sisi kanan motherboard, dan 2 di bagian bawah motherboard.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES