in: Motherboard | July 12, 2018 | by: Chandra Wijaya

Hands-On Motherboard ASRock X470 Taichi

Chipset X470 beberapa waktu lalu diperkenalkan AMD untuk mendampingi jajaran prosesor baru mereka, dengan kode Pinnacle Ridge, yang dikenal juga dengan Ryzen 2000 Series. X470 sendiri masuk ke kategori chipset kelas atas, sehingga wajar bila produsen motherboard pun menggunakannya untuk jajaran motherboard kelas atas mereka. Seperti yang dilakukan ASRock, mereka menawarkan salah satu motherboard X470 kelas atas yang disebut sebagai ASRock X470 Taichi. Motherboard ini beberapa waktu lalu tiba di lab. Jagat Review dan kali ini akan akan membahasnya dalam artikel ini!

ASRock X470 Taichi sendiri merupakan motherboard X470 dari ASRock pertama yang datang ke lab kami. Sebagai motherboard seri Taichi yang merupakan salah satu lini kelas atas ASRock, motherboard ini akan menawarkan fitur yang cukup banyak dan komponen high-end. Mari kita lihat apa saja yang ditawarkan ASRock di motherboard ini!

Paket Penjualan

X470 Taichi hadir dengan color box bertemakan warna hitam abu-abu, sesuai dengan warna yang biasa digunakan ASRock untuk lini Taichi. Tidak lupa juga, gambar ‘gear’ khas seri Taichi sebelumnya juga tertera di sisi depan color box itu. Untuk bagian belakang, terdapat beberapa gambar yang menjelaskan fitur-fitur utama milik X470 Taichi ini. Secara keseluruhan, ASRock selalu menghadirkan packaging yang terasa sangat premium bagi pengguna motherboard kelas menengah ke atas mereka. Setelah Anda membuka color box, Anda akan mendapatkan box kedua, bewarna hitam, di mana box hitam ini menampung seluruh isi paket penjualan motherboard ini.

Perlengkapan yang terdapat pada motherboard ini dapat dikatakan lengkap, bahkan untuk standar sebuah motherboard high-end AMD X470. Berikut ini adalah isi dari paket penjualan ASRock X470 Taichi:

  • DVD Driver & Case Badge
  • Manual Book (Software Setup Guide & Quick Installation Guide)
  • ASRock Taichi Postcard
  • I/O Shield
  • 4x Kabel SATA 6Gbps
  • 2x M.2 Screw
  • 1x 2 Way SLI HB Bridge
  • 2x Antena WiFi

Tampilan Fisik

Motherboard ASRock X470 Taichi kali ini hadir dengan tampilan monochrome dengan warna utama hitam yang disertai dengan beberapa corak abu-abu untuk meningkatkan estetikanya. Tampilan monochrome ini sendiri sudah menjadi trend motherboard sejak akhir tahun 2017 lalu. Sama seperti motherboard ASRock lainnya, X470 Taichi juga menggunakan PCB black matter dengan teknologi High Density Fabric Glass. Di desain ASRock menawarkan heatsink PCH yang cukup unik, dengan bentuk gear yang umum dijumpai di sebuah jam. Kemudian, heatsink VRM yang digunakan pada motherboard ini merupakan bagian dari XLL Aluminum Alloy Heatsink.

ASRock juga menyertakan I/O Shroud untuk motherboard ini, dengan hanya memiliki satu warna, yaitu hitam. Kemudian, terdapat sedikit cut-out yang dilengkapi dengan diffuser mirror finish untuk membantu penyebaran lighting dari LED yang ada di baliknya. ASRock juga menyertakan RGB di motherboard ini, yang dinamakan Polychrome RGB, dengan LED di beberapa bagian motherboard seperti di I/O shroud, area audio, dan di bawah PCH.

Terdapat 4 DIMM DDR4 yang mendukung DDR4 dengan kecepatan maksimal hingga DDR4-3466++. Kecepatan tertinggi yang didukung resmi oleh pihak AMD sendiri adalah DDR4-2933. Di atas kecepatan tersebut, user harus melakukan overclock manual dan tidak ada jaminan dari pihak AMD bahwa frekuensi tersebut dapat berjalan. Untuk motherboard X470 Taichi ini Anda dapat melihat list QVL memori pada link ini: Memory QVL. Kapasistas maksimal dari RAM yang dapat digunakan pada motherboard ini adalah 64GB untuk konfigurasi 4x 16GB, dengan jenis Non-ECC Unbuffered DDR4. Empat slot DIMM ini dibalut warna hitam.

Untuk pasokan daya, motherboard ini memiliki 24-pin ATX, 8 pin ATX-12v, dan 4 pin ATX-12v CPU. Peletakan dari konektor 24-pin ATX ini berada pada posisi yang terbilang tepat dengan lokasi sedikit menjorok ke bagian atas motherboard, yang akan mempermudah pemasangan kabel ke konektor tersebut saat motherboard terpasang ke casing.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES