in: Memory - RAM | July 16, 2018 | by: Chandra Wijaya

Hands-On Review: Patriot Viper RGB DDR4-3200 CL16 16GB Kit (2x 8 GB)

Kehadiran modul memori DDR4 dengan RGB LED sudah menjadi hal yang sangat wajar di tahun 2018 ini. Namun, bukan hanya RGB LED dengan tata cahaya yang menarik saja, vendor sudah mencoba menawarkan RAM yang juga memiliki performa yang terbilang tinggi. Oleh karena itu, wajar bila kita makin mudah menjumpai RAM dengan RGB LED yang dipasarkan di kelas high-performance, seperti yang satu ini.

Patriot kali ini mengirimkan RAM seri tertinggi mereka, yaitu Viper. RAM Viper RGB ini hadir dengan penampilan heatsink unik yang dilengkapi dengan RGB lighting. Bukan hanya penampilan yang menarik, Viper RGB juga menawarkan performa yang kencang melalui profil XMP. Modul yang datang ke lab. JagatReview ini adlaah Patriot Viper RGB DDR4-3200 CL16 16GB Kit (2x 8GB). Mari kita lihat lebih jauh lagi memori Patriot Viper RGB ini!

Galeri

Tampilan paket penjualan

Patriot Viper RGB ini hadir dengan box yang terlihat mewah. Box tersebut tampil penuh dengan warna dan terbuat dari karton yang cukup tebal. Di bagian cover box ini, Patriot memberikan gambar Viper RGB, serta informasi dukungan untuk aplikasi pengaturan RGB LED dari vendor motherboard.

Sementara di bagian belakang box, tidak terdpat informasi penting. Hanya terdapat beberapa tulisan mengenai informasi seri Viper dan serial number paket memori.

Di dalam color box, Patriot menempatkan modul RAM dalam blister pack. Selain dua keping modul RAM, dalam paket penjualan Patriot menyertakan 2 buah stiker logo Viper, quick installation guide, dan kartu informasi Patriot Viper RGB Memory Software.

Beralih ke modul RAM, Patriot Viper RGB menggunakan heatsink aluminum bewarna hitam yang cukup tebal. Heatsink yang digunakan ini juga menutupi seluruh bagian PCB. Di bagian tengah heatsink terdapat logo Viper, dan disekitar logo viper tersebut heatsink yang digunakan juga berkontur, sehingga memberikan kesan yang cukup menarik untuk sebuah heatsink RAM.

Di bagian atas modul memori ini terdapat diffuser. Ini merupakan hal yang harus dimiliki setiap memori dengan fitur RGB untuk bisa membuat efek lighting yang diinginkan. Diffuser yang digunakan pada memori ini juga cukup unik di mana bagian ujung kanan dan kiri sedikit menonjol.

RGB Show

Sama seperti diffuser yang digunakan di beberapa memori RGB lainnya, penggunaan diffuser membuat penyebaran efek lighting dari 5 titik LED yang digunakan dapat menyebar keseluruh bagian memori dan warnanya pun menjadi tidak terlalu mencolok.

Spesifikasi

Modul yang datang ke lab kami ini memiliki rating DDR4-3200 CL16 dengan black heatshield, dan perlu dicatat bahwa memori ini akan berjalan sesuai dengan konfigurasi yang ada DDR4-3200 CL16 jika Anda sudah mengaktifkan profil XMP 2.0. Modul Patriot Viper RGB ini sendiri tidak memiliki keterangan khusus mengenai platform yang di-support. Namun, Anda juga harus tetap mempertimbangkan limitasi memory compatibility platform yang digunakan. Bagi Anda yang memiliki platform dan chipset tertentu (seperti chipset Intel H dan B, baik dari 100-series seperti H110, H170, B150, 200-series seperti B250, H270, dan 300-series seperti H310, B360, H370), kemungkinan besar tidak akan bisa menjalankan memori ini pada kecepatan maksimalnya. Itu disebabkan karena limitasi platform yang ada di DDR4-2133Mhz, DDR4-2400Mhz, atau DDR4-2666.

Berikut ini adalah pembahasan lebih lanjut mengenai spesifikasi Patriot Viper RGB DDR4-3200 CL16 16GB Kit (2x 8GB):

Patriot Viper RGB
Model PVR416G320C6K
XMP Speed Rating DDR4-3200
XMP Timings 16-18-18-36
Capacity 16GB (2x8GB)
XMP Voltage 1.35v
Memory Type Unbuffered
Form Factor 288-pin DIMM
Warranty Limited Lifetime

 

Screenshot Thaiphoon Burner untuk spesifikasi lebih lengkap dari memori Patriot Viper RGB:

Berdasarkan screenshot software Thaiphoon Burner di atas, Patriot memggunakan IC Samsung B-Die dengan tipe K4A8G085WB-BCPB. Konfigurasi IC yang digunakan untuk memori ini adalah 1Rx8 yang diartikan single rank dengan 8 IC. Cukup mengejutkan bahwa untuk memori dengan rating DDR4-3200 CL16 yang bukan merupakan sebuah rating yang ‘special’, Patriot menggunakan IC Samsung B-Die. Tentunya dengan menggunakan IC Samsung B-Die merupakan suatu nilai plus, mengingat kembali bahwa pada saat ini IC Samsung B-Die memiliki tingkat kompatibilitas yang sangat tinggi baik untuk platform Intel dan AMD.

Untuk spesifikasi lain nya dapat anda temukan pada link ini: Patriot Viper RGB

Daftar Isi
Pages: 1 2 3
Tags: