in: Storage Devices | July 17, 2018 | by: Dian Syarifuddin

Hands-On Review USB Flash Drive: HP x730w 128GB

Pengujian

Masuk ke segmen pengujiannya, seperti yang sudah kami sebutkan bahwa USB flash drive PNY HP x730w berkapasitas 128GB ini dilengkapi dengan interface USB 3.0. Dalam hasil pengujiannya, kami juga turut menyertakan hasil pengujian USB flash drive lainnya dengan interface USB 2.0 dan USB 3.0. Hal ini semata-mata kami lakukan hanya sebagai pembanding saja. Dan berikut hasil pengujian yang kami lakukan.

CrystalDisk Mark

Hasil pengujian pertama yang kami lakukan menggunakan CrystalDisk Mark. Melalui aplikasi benchmark tersebut menunjukkan kalau PNY HP x730w ternyata memiliki performa Read dan Write jauh lebih tinggi dibandingkan klaim yang ditunjukan oleh sang produsen. Hasil Write yang ditawarkan USB flash drive ini bisa dikatakan sangat tinggi.

Tes Transfer File 3GB

Untuk membuktikan kemampuan Read dan Write yang ditawarkan, kami tentunya melakukan pengujian real life dengan melakukan proses transfer file besar dan kecil berkapasitas 3GB. Dengan interface USB 3.0 yang digunakan, PNY HP x730w berkapasitas 128GB ini mampu tampil lebih baik dibanding para pembandingnya.

Kesimpulan

Sebagai salah satu produsen yang cukup aktif memproduksi media penyimpanan portabel, PNY Technologies mencoba menyajikan perangkat USB flash disk dengan kapasitas yang lebih lapang. Tentunya media penyimpanan ini sangat berguna sebagai media menyimpan sementara untuk beragam file-file berharga, mulai dari file dokumen, musik, film bahkan juga termasuk game. PNY HP x730w hadir dengan desain yang mungkin bisa dibilang cukup umum atau klasik. Akan tetapi, material alumunium yang diusungnya membuat perangkat ini terasa sangat solid dan kuat.

PNY HP x730w hanya tersedia dalam satu model dan warna silver saja. Meski media penyimpanan ini masih mengusung interface USB 3.0, kinerja kecepatan transfer data yang ditawarkannya bisa dikatakan cukup baik, terlebih lagi saat Anda ingin menyimpan sebuah file berukuran besar bisa dilakukan dalam waktu yang lebih cepat dibanding USB flash drive dengan interface USB 2.0.

Bagi Anda yang masih mengandalkan sebuah media penyimpanan USB flash drive, tentunya HP x730w ini bisa menjadi pilihan yang cukup menarik. PNY HP x730w tersedia dalam 4 pilihan kapasitas, mulai dari 16GB, 32GB, 64GB, dan 128GB.

Kelebihan

  • Desain solid
  • Performa Read dan Write kencang
  • Kapasitas besar

Kekurangan

  • Performa Write biasa saja

Data Teknis

Produsen PNY
Info http://www.pny.com/
Harga
Distributor
Kapasitas 128 GB
Dimensi 56 (L) x 21.3 (W) x 8.2 (H) mm
Interface USB 3.0
Daftar Isi
Pages: 1 2
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES