in: News | July 23, 2018 | by: Tim Jagat Review

HP Rilis Z2 Mini G4, Workstation Mini dengan Kartu Grafis Profesional

 

HP dikabarkan telah memperbarui lini workstation miliknya dari HP Z2 Series dengan ukuran lebih compact. Workstation yang hadir dengan nama HP Z2 Mini series tidak hanya hadir dalam bentuk ukuran yang mungil, tetapi juga dilengkapi dengan spesifikasi terbaru dan lebih bertenaga.

HP Z2 Mini Series dirancang dengan dimensi body 216 × 216 × 58 mm (8.5×8.5×2.28 inch). Dimensi body tersebut bisa dikatakan lebih besar dibandingkan mini PC lainya seperti NUC dari Intel. Namun mengingat ini merupakan perangkat workstation, performa yang ditawarkan berbeda jauh dengan mini PC pada umumnya.

Berbicara mengenai dapur pacunya, tersedia dalam varian, Z2 Mini Series Entry dan Performance. Untuk varian performance menggunakan processor Intel Xeon E-2100-series LGA1151 v2 berbasiskan arsitektur Coffee Lake, dengan konfigurasi 4 dan 6 Core serta Hyperthreading. Sedangkan untuk seri Entry menggunakan processor Intel Core i series generasi ke delapan Coffee Lake dengan opsi hingga Core i7 dengan Hyperthreading dan 6 Core.

Motherboard yang digunakan HP Z2 Mini Series berupa custom motherboard rancangan sendiri berbasiskan chipset Intel C264. Motherboard tersebut memungkinkan untuk menghadirkan dukungan processor Intel Core i series dan Xeon E series sekaligus, serta menghadirkan 2x slot DIMM DDR4 yang mendukung upgrade hingga 32GB.

Sedangkan untuk grafis, varian Entry hanya menggunakan IGP Intel UHD 630. Sedangkan untuk Performance, HP menghadirkan kartu grafis profesional yang terdapat beberapa pilihan mulai dari Nvidia Quadro P600 dan Quadro P1000 dengan VRAM 4GB GDDR5 atau AMD Radeon Pro WX 4150 dengan VRAM 4GB GDDR5.

HP menghadirkan HP Z Turbo Drive G2 PCIe SSD M.2 serta hard disk dari Hitachi dengan kapasitas hingga 1TB. HP menyebut, pengguna bisa menggantikan slot M.2 yang ada dengan Intel Optane untuk performa lebih, serta HP juga menyediakan drive bay 2,5mm untuk hardisk atau SSD tambahan.

HP Z2 Mini G4 dibanderol dengan harga US$ 799 untuk varian Entry dengan bundling Windows 10 , varian Performance akan dirilis dalam waktu dekat.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES