in: News | July 18, 2018 | by: Tim Jagat Review

Intel & Micron Umumkan Riset Gabungan untuk 3D XPoint Gen 2

Teknologi 3D XPoint adalah salah satu teknologi yang bisa dikatakan sedang menjadi tren saat ini. Teknologi tersebut menggabungkan fungsi SSD dan RAM menjadi satu, sehingga menghasilkan performa chip penyimpanan data yang kencang yang mendekati performa DRAM.

Teknologi 3D XPoint kini sudah hadir di pasaran dengan menggunakan dua brand yakni Optane yang digunakan oleh Intel dan QuantX yang digunakan oleh Micron. Kedua perusahaan tersebut menggunakan nama brand berbeda dikarenakan riset untuk 3D XPoint dilakukan oleh keduanya. Meski demikian, Intel Optane lah yang paling gencar dipromosikan oleh Intel.

Namun belum lama ini, tersiar kabar baru yang menyebutkan bahwa Intel dan Micron telah berkolaborasi dalam mengembangkan teknologi 3D XPoint generasi kedua. Pengembangan 3D XPoint Gen 2 tersebut kabarnya dilakukan Laboratorium IMFlash Technology yang berlokasi di Lehi, Utah, Amerika Serikat, sebagaimana berita yang kami kutip dari Digitimes.

Sayangnya, baik Intel maupun Micron belum memberikan klarifikasi dalam pengembangan teknologi 3D XPoint Gen 2 tersebut. Diprediksi kalau produk jadi dari 3D Point Gen 2 tersebut akan dirilis pada tahun 2019 mendatang.