in: News | July 13, 2018 | by: Tim Jagat Review

Intel Xeon Cascade Lake Bisa Dukung RAM Hingga 3.84 TB

Intel dikabarkan tengah menyiapkan penerus dari prosesor Intel Xeon dengan codename Skylake-SP. Generasi penerus dari prosesor tersebut kabarnya bakal mengusung codename Cascade Lake dan bisa mendukung penggunaan RAM hingga kapasitas yang lebih besar dibanding seri sebelumnya.

Processor Intel Xeon codename Skylake-SP, hadir dengan 28 Core 56 Thread dan mendukung RAM hingga 12 slot DIMM dengan kapasitas masing-masing 128GB. Jika dihitung secara keseluruhan, total kapasitas RAM yang didukung Intel Xeon Skylake-SP hanya mencapai hingga 1.5 TB.

Intel Optane DC Persistent Memory

Sedangkan Intel Cascade Lake dikabarkan akan menawarkan konfigurasi 28 Core 56 Thread, sama dengan generasi sebelumnya. Namun, menurut berita yang kami kutip dari AnandTech, terdapat peningkatan dalam sisi kapasitas memori yang kini mendukung hingga 3.84 TB. Hal ini berkat dukungan dari Intel Optane DC Persistent Memory.

Tampilan Modul Apache Pass yang Mendukung Optane DC Persistent Memory

Intel Optane Memory tentunya dapat menawarkan kecepatan layaknya RAM DDR4, namun dengan kapasitas yang lebih besar hingga 512GB per keping. Intel bekerjasama dengan berbagai vendor untuk memproduksi modul Apache Pass yang menghadirkan server dengan memiliki konfigurasi 6 slot Intel Optane Memory + 6 slot DIMM DDR4 per CPU.

Sehingga pengguna bisa mendapatkan total kapasitas RAM hingga 3.84 TB (512GB Optane * 6 + 128GB DDR4 * 6 = 3840GB). Kapasitas memori besar ini sangat berguna terutama bagi server database yang membutuhkan kapasitas RAM ekstra. Sayangnya belum ada info, kapan prosesor Intel Xeon Cascade Lake ini akan resmi dirilis oleh Intel.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES