in: Highlights - Notebook / Laptop | July 30, 2018 | by: Gatot Tri Yuwono

Layar 144 Hz: Pertimbangan Memilih Notebook Gaming?

Sebagai sebuah platform paling dinamis di industri game, elemen yang perlu diperhatikan untuk membangun atau memiliki PC gaming yang mumpuni memang tidak sedikit. Ada banyak hal yang perlu dipersiapkan untuk tidak hanya memastikan mesin Anda bisa menjalankan game-game terbaru saja, tetapi juga memastikan pengalaman yang ia usung memang nyaman. Salah satu elemen yang saat ini tengah menjadi fokus ada di refresh rate layar. Tidak lagi sekedar puas dengan teknologi refresh rate 60 Hz yang sudah menjadi standar selama bertahun-tahun, sebagian besar monitor gaming saat ini menghadirkan dukungan refresh rate mulai dari 120 hingga 144Hz. Bahkan untuk kelas yang lebih premium, beberapa monitor bahkan sudah menyuntikkan teknologi hingga 240 Hz yang bisa Anda hitung, sebagai investasi teknologi masa depan jika teknologi PC sendiri, memang sudah mulai bisa mencapainya tanpa masalah.

Dengan popularitas e-Sports yang semakin naik dan mulai masuk ke arah pasar gaming yang mainstream, tren untuk menggunakan monitor dengan refresh rate lebih tinggi – 144Hz juga menemukan tempatnya di industri game. Sebagai standar refresh rate untuk begitu banyak turnamen internasional game-game super kompetitif berhadiah jutaan USD, 144Hz menemukan identitasnya sebagai refresh rate “gaming” yang seharusnya dikejar dan dicapai. Tren yang sempat terjadi dengan tren 120 Hz ini memang pelan tapi pasti, mulai bergeser. Walaupun di atas kertas terdengar seperti gimmick, namun gamer yang sempat merasakan 144 Hz biasanya akan sulit untuk kembali ke 60 Hz.

Yang lebih fantastis lagi? Tren ini tidak hanya ditangkap oleh produsen monitor gaming saja, tetapi juga para nama besar di rangkaian produk notebook gaming yang ada. Sebagai sebuah “mesin jadi” yang didesain portable dan kuat untuk menangani rilis game-game terbaru, AAA ataupun indie, fokus notebook gaming saat ini tidak lagi sekedar memastikan diri mampu menangani kualitas visual atau resolusi yang mumpuni. Menjanjikan refresh rate lebih tinggi dengan dukungan teknologi monitor yang menyediakan kesempatan tersebut akan jadi tren yang Anda lihat hingga beberapa tahun ke depan. Berita lebih baiknya lagi? Harganya pun kini tidak lagi terhitung super mahal. Bahkan beberapa merk notebook gaming seperti Omen by HP 15 2018 mulai menyuntikkan komponen layar 144 Hz ke produk kelas entry level mereka dengan kisaran harga di bawah 20 juta rupiah. Salah satu yang termurah di kelasnya. Sekarang pertanyaannya jelas. Jika Anda punya budget untuk membeli notebook gaming untuk aktivitas produktif dan tentu saja – gaming, namun ada varian yang menawarkan monitor standar dan 144 Hz, manakah yang lebih pantas dilirik? Apakah display bawaan notebook gaming dengan refresh rate 144 Hz ini memang sesuatu yang layak dikejar? Bagi kami, iya. Ada beberapa alasan yang menjadi bahan pertimbangan:

Kenyamanan

Terbiasa dengan monitor 60 Hz dan nyaman dengan pengalaman Anda sejauh ini? Bayangkan jika teknologi display notebook gaming Anda sudah bisa menampilkan refresh rate dua kali lipatnya? Maka kenyamanan lebih tinggi akan jadi nilai plus yang bisa Anda ambil. Refresh rate lebih tinggi akan membuat sebagian besar aktivitas Anda dengan si notebook gaming, terasa lebih halus dan mulus. Tidak perlu jauh-jauh bicara soal video game saja, Anda sudah bisa merasakannya sekedar dari navigasi menu dan mouse saat berusaha membuka aplikasi tertentu. Terasa lebih cepat, lebih halus, lebih mulus, Anda akan bisa merasakan perbedaan yang jelas ketika membandingkannya dengan notebook gaming yang walaupun kuat, hanya menawarkan display 60 Hz.

Pengalaman Gaming yang Lebih Baik

Walaupun angka “144 Hz” seringkali diidentikkan dengan refresh rate untuk scene gaming kompetitif professional dari begitu banyak judul, banyak gamer yang sepertinya lupa bahwa teknologi display di notebook gaming Anda ini, juga bisa dimanfaatkan untuk game-game single player itu sendiri. Tentu saja, selama spesifikasi PC yang diusung memang memungkinkan hal tersebut dilakukan. Game-game non kompetitif, dari game action hack and slash yang butuh presisi gerakan tinggi, game FPS dengan sisi campaign yang kuat, game simulasi atau strategi yang secara konsisten menuntu pergerakan mouse, hingga yang sesederhana game platformer yang meminta Anda untuk bergerak dari kiri ke kanan. Dengan layar 144 Hz yang menawarkan sensasi permainan keseluruhan yang lebih halus dan mulus dibandingkan 60 Hz, pengalaman gaming Anda akan berakhir lebih baik.

Kompetitif yang Seharusnya

Dan tentu saja, ini berujung pada salah satu point yang juga menjadi salah satu alasan mengapa teknologi display 144 Hz begitu populer dan “mendarat” di teknologi gaming seperti yang ditawarkan notebook gaming Omen by HP 15 2018 bahkan di varian termurahnya sekalipun. Benar sekali, scene gaming kompetitif. Dengan refresh rate lebih tinggi dan performa notebook gaming yang mampu menawarkannya, Anda akan menikmati scene gaming kompetitif yang seharusnya. Pergerakan yang lebih mulus dan halus juga akan mendorong Anda untuk mengembangkan presisi tembak yang lebih baik, gerakan menghindar yang akurat saat diserang, hingga sekedar memastikan gerak crosshair Anda saat baku-tembak tidak terasa intuitif. Untuk game-game MOBA, pergerakan klik mouse yang lebih bisa diandalkan dan animasi gerak serangan hero yang lebih mudah terbaca untuk mengantisipasi gerak selanjutnya, akan menjadi point plus ekstra untuk melirik notebook gaming dengan teknologi 144Hz seperti ini. Atmosfer kompetitif di batas paling maksimal.

Testimoni Performa

Salah satu hal kecil yang bisa ditangkap dari produk notebook gaming yang berani mendorong display 144 Hz ke lini produk mereka adalah sebuah kepercayaan diri pada performa yang bisa ia tawarkan. Mengingat untuk memanfaatkan display 144 Hz dengan optimal, sang produk notebook harus bisa memastikan game bisa berjalan di 144 FPS, maka ia menjadi testimoni tidak langsung bahwa jeroan yang diusung biasanya memang didesain untuk mempersiapkan hal tersebut. Kita tidak hanya bicara soal kemampuan CPU atau GPU saja, tetapi juga ragam teknologi yang disuntikkan untuk mencapai hal tersebut, seperti implementasi SSD misalnya. Atau perhatian ekstra pada teknologi display untuk memastikan bahwa monitor 144 Hz ini tidak berujung bumerang. Rasa “percaya diri” yang diperlihatkan lewat pilihan teknologi monitor 144 Hz ini menjadi sebuah aspek yang seringkali terlewatkan.

Kepalang Basah

Alasan terakhir yang rasional dan mungkin akan berujung membuat Anda merogoh kocek lebih dalam adalah ilmu “sekalian/kepalang basah” yang sepertinya identik dengan warga Indonesia. Anda yang memerhatikan teknologi display yang saat ini tengah menjadi tren sepertinya akan disuguhkan dengan fakta bahwa banyak produk dari brand ternama saat ini, memang sudah beralih ke 144Hz. Ini berarti ada tren yang mengarah ke sana, yang bisa berujung dengan dukungan yang lebih mumpuni. Lantas, mengapa tidak ingin meloncat ke dalam tren yang sama? Lagipula secara rasional, harga yang dipatok untuk sebuah notebook gaming kuat yang menuntut Anda untuk membeli sebuah monitor eksternal 144 Hz terpisah sepertinya akan berujung lebih mahal daripada membeli sebuah notebook gaming yang memang sudah menyematkan teknologi display 144 Hz di dalamnya.

Di atas adalah 5 alasan yang menurut kami, menjadi rasionalisasi bagi Anda untuk mulai menjadikan teknologi display 144Hz sebagai salah satu indikator untuk mempertimbangkan produk atau brand gaming tertentu. Dengan harga yang semakin masuk akal untuk kombinasi display 144 Hz dan jeroan yang memang benar-benar bisa menawarkan performa untuk memaksimalkannya, seperti yang diperlihatkan Omen by HP 15 2018 misalnya, ia jadi sebuah teknologi yang menarik untuk dikejar. Namun tentu saja, semuanya akan bergantung pada seberapa “budget” yang Anda miliki. Namun ingat, mengingat sulit untuk membuktikan kenyamanan dan sensasi 144 Hz sekedar dari kata-kata dan video saja, sempatkan diri mencari waktu untuk menikmatinya dengan tangan dan ujung jari Anda sendiri. Maka Anda akan merasa bahwa artikel yang kami racik hari ini, tidak akan terasa berlebihan.

Layar 144 Hz memang menjadi salah satu daya pikat dari laptop gaming generasi terbaru edisi tahun 2018 dari Omen by HP. Biasanya produsen laptop gaming hanya memberikan komponen layar 144 Hz di produk premium mereka tetapi hal ini tidak berlaku untuk Omen by HP. Tidak hanya di produk kelas high end, Omen by HP membawa kemewahan layar 144 Hz ke laptop gaming kelas entry level mereka yang memiliki harga jual belasan juta rupiah. Membuat semakin banyak kalangan dapat menikmati layar 144 Hz tanpa perlu merogoh kocek terlalu dalam. Bukan tidak mungkin ke depannya seluruh laptop gaming akan menjadikan layar 144 Hz sebagai standar fitur untuk produk andalan mereka di seluruh kelas harga.

Tags: