in: News | July 8, 2018 | by: Tim Jagat Review

Peran AI Bantu Tingkatkan Minat Instalasi Aplikasi di Play Store

Chi Huai-hsin selaku kepala divisi riset AI dari Google menyebutkan, sekarang ini sudah ada sekitar 1 juta aplikasi di Play Store dengan kurang lebih 2 miliar pengguna aktif Android, juga sudah ada sekitar 82 miliar aplikasi yang telah di unduh pengguna pada akhir tahun lalu.

Semua angka tersebut ingin Google kembangkan lebih banyak lagi dan tugas Chi untuk menghadirkan solusi AI yang dapat meningkatkan minat pengguna untuk menjelajah dan meng-instal aplikasi di Play Store lebih banyak lagi.

Untuk itulah Google telah menghadirkan teknologi AI pada sistem rekomendasi aplikasi di Play Store. Peran AI tersebut mampu untuk menghadirkan rekomendasi aplikasi yang lebih pintar dan tepat dalam memprediksi berdasarkan minat dan kebutuhan pengguna. Chi menjelaskan, sistem akan memprediksi pilihan aplikasi pengguna terlebih dahulu, setelah itu pilihan tersebut disortir menjadi grup yang berisikan info idientitas dan umur.

Dengan diperolehnya data tersebut akan membantu AI menghadirkan pilihan yang lebih pintar dan tepat, seperti pengguna tablet PC lebih suka akan aplikasi berita, hiburan dan video. Sedangkan pengguna smartphone lebih cenderung suka meng-instal aplikasi pribadi untuk penunjang aktivitas sehari-hari, seperti calender, buku catatan, email, serta aplikasi berita lebih sering diunduh siang hari dan game lebih sering diunduh pada malam hari, serta lebih banyak pilihan lagi.

Sistem ini dipercaya mampu meningkatkan aktivitas instalasi aplikasi di Play Store 3.3% lebih banyak, yang dianggap sangat bermanfaat bagi developer dan pengguna itu sendiri.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES