in: Desktop | July 18, 2018 | by: Gatot Tri Yuwono

Review Intel NUC8i7HVK “Hades Canyon”: PC Gaming Mini Bertenaga Besar

The Desktop

Casing Intel NUC8i7HVK “Hades Canyon” tampak mewarisi desain serupa dengan pendahulunya NUC6i7KYK “Skull Canyon”. Bentuk bodi octagon dikombinasi dengan elemen bentuk hexagon membuat penampilan Intel NUC8i7HVK terasa unik.

Saat sistem dihidupkan, akan muncul logo tengkorak pada sisi sebelah atas casing yang membuat penampilan Intel NUC8i7HVK makin garang dan keren, terutama pada kondisi gelap. Warna dan efek lampu pada logo tengkorak dapat di atur melalui menu BIOS ataupun aplikasi LED Manager.

Seperti pendalunya, Intel NUC8i7HVK menawarkan daya pikat pada ukuran bodi yang jauh lebih kecil dibandingkan PC Desktop konvensional dengan level performa setara. NUC8i7HVK sendiri memiliki ukuran bodi sebesar 22,1 x 14,2 x 3,9 cm sementara pendahulunya, NUC6i7KYK “Skull Canyon”, memiliki ukuran bodi sebesar 21,1 x 11,6 x 2,8 cm. Mengembangnya ukuran bodi memang tidak terelakkan mengingat Intel harus memasukkan sistem pendingin yang sanggup menangani panas yang dihasilkan Core i7 8809G yang memiliki rating TDP 100 Watt. Akan tetapi jika melihat level performa yang ditawarkan, ukuran bodi NUC8i7HVK tergolong mungil. Casing NUC8i7HVK sendiri memiliki volume sekitar 1,2 liter saja sementara PC Desktop konvensional menggunakan casing dengan volume sekitar 33 liter.

Untuk sebuah mini PC Desktop, Intel NUC8i7HVK sangat loyal untuk kelengkapan konektor. Lihat saja pada sisi depan dapat dijumpai 1X USB 3.1 Gen 2 Type-A (Biru), 1X USB 3.1 Gen 1 Type-A (Kuning), 1X USB 3.1 Gen 2 Type-C, 1X HDMI 2.0a, memory card reader, dan audio jack/headphone microphone combo jack. Melimpahnya konektor USB pada sisi depan dan tersedianya konektor HDMI serta audio memudahkan saat pemasangan perangkat VR (Virtual Reality) seperti HTC Vive ataupun Oculus Rift. Tombol Power On/Off serta sejumlah lampu indikator aktivitas sistem juga dapat dijumpai pada sisi depan. Terdapat pula sensor sinar inframerah tepat di sebelah kiri memory card reader.

Jumlah konektor pada sisi belakang pun memiliki jumlah yang tidak kalah masif dengan 4X USB 3.1 Gen 1, 2X USB 3.1 Gen 2/Thunderbolt 3, 1X HDMI 2.0b, 2X Mini Display Port 1.2, 2X RJ45, 1X DC-IN, dan audio jack/SPDIF optical. Melimpahnya konektor display (HDMI, Display Port, Thunderbolt 3) membuat Intel NUC8i7HVK siap menangani hingga ENAM perangkat display sekaligus. Di bawah deretan konektor pada sisi belakang adalah lubang ventilasi tempat keluarnya udara panas dari dalam casing.

Beralih pada sisi kanan terdapat lubang ventilasi dengan motif bentuk hexagon.

Sementara pada sisi kanan dapat dijumpai pula lubang ventilasi sekaligus kensington security lock untuk mengamankan PC Desktop ini.

Tidak hanya pada sisi kanan dan kiri, lubang ventilasi tempat masuk udara ke dalam casing dapat dijumpai pula pada sisi bawah. Tampak samar dua buah komponen kipas pendingin di balik ventilasi tersebut.

Komponen internal Intel NUC8i7HVK seperti memori/RAM dan storage dapat diakses dengan melepas penutup pada sisi atas casing.

Bagian dalam penutup sisi atas Intel NUC8i7HVK. Tampak samar motif tengkorak yang akan memerangkap cahaya yang dipancarkan oleh lampu LED dari dalam casing sehingga membentuk logo tengkorak.

Intel NUC8i7HVK memiliki penutup kedua dari bahan logam dengan komponen lampu LED di atasnya.

Seperti inilah lampu LED Intel NUC8i7HVK saat menyala tanpa ditutupi penutup sisi atas casing.

 

Komponen internal Intel NUC8i7HVK. Di jual sebagai PC Barebone, Intel NUC8i7HVK tidak menyertakan komponen memori/RAM dan storage saat membelinya. Tentu saja jika diinginkan, pihak penjual dapat langsung menyertakan komponen memori/RAM dan storage saat menjual Intel NUC8i7HVK.

 

Intel NUC8i7HVK menyediakan dua slot SO-DIMM untuk tipe memori/RAM DDR4 1,2 Volt. Kapasitas maksimal adalah 32 GB dengan kecepatan 2400+ MHz.

Intel NUC8i7HVK menyediakan dua slot M.2 yang dapat digunakan dengan SSD PCIe 3.0 x4 NVMe ataupun SATA III 6 Gbps. Mini PC Desktop ini memang tidak mengijinkan pemasangan storage SATA 2,5 inci. Hal ini justru menguntungkan karena pengguna NUC8i7HVK akan “dipaksa” menggunakan SSD sehingga sistem mereka kencang dan responsif saat digunakan. Di dekat slot M.2 adalah wireless card Intel Wireless-AC 8265 yang menyediakan konektivitas nirkabel Wi-Fi ac dan Bluetooth V4.2.

Komponen storage dapat dipasang pada salah satu slot M.2 atau di keduanya dengan konfigurasi RAID.

Penutup logam memiliki fungsi ganda sebagai pendingin SSD. Tampak komponen thermal pad menempel pada penutup logam tersebut.

Seperti inilah konfigurasi pengujian kami dengan dua keping memori/RAM SO-DIMM V-GEN DDR4 8 GB PC-19200/2400 MHz dan satu SSD M.2 PCIe 3.0 x4 Samsung 960 Pro 2 TB.

Intel NUC8i7HVK menggunakan casing dua lapis dimana untuk sisi luar menggunakan bahan plastik sementara sisi dalam menggunakan bahan logam cukup tebal. Tidak aneh jika mini PC Desktop ini memiliki bobot yang lumayan.

Perangkat catu daya Intel NUC8i7HVK mampu memasok daya listrik hingga 230 Watt. Tidak aneh jika ukuranya nyaris menyamai bodi Intel NUC8i7HVK itu sendiri.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4 5 6 7 8
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES