in: Highlights - Memory - RAM | July 6, 2018 | by: Chandra Wijaya

Review RAM Corsair Vengeance RGB Pro DDR4-3200 16GB Kit (2x 8GB)

Corsair, salah satu produsen memori ternama di dunia, kali ini menghadirkan memori berperforma tinggi dan juga memiliki penampilan yang sangat menarik. Ya, Corsair kali ini menghadirkan memori baru untuk lini Vengeance, yang tidak hanya menawarkan performa tinggi, tetapi juga fitur RGB, Menariknya, RGB yang ditawarkan bukan sekedar RGB biasa, tetapi dilengkapi fitur software control melalui  iCUE, software buatan mereka.

Produk menarik Corsair itu adalah Vengeance RGB Pro. Corsair mencoba menawarkan performa tinggi melalui pemilihan IC yang sangat ketat, untuk mendapatkan potensi performa overclocking yang jauh lebih baik, disertai juga fitur RGB edge-to-edge terbaru mereka. Beberapa waktu lalu, sample modul memori tersebut datang ke lab. Jagat Review. Sample yang datang kali ini mengusung spesifikasi DDR4-3200 CL16 16GB kit (2x 8GB), mari kita lihat performa yang ditawarkan oleh memori kit ini!

Gallery

Di atas adalah tampilan packaging RAM Corsair Vengeance RGB Pro. Packaging ini terlihat sangat sederhana, menampilkan modul memori yang disertai label nama Vengeance RGB Pro. Kemasan ini sendiri memiliki desain yang tidak jauh berbeda dengan apa yang sudah disertakan Corsair di beberapa RAM DDR4 mereka. Di bagian belakang color box tersebut, terdapat informasi serial number modul, dan informasi mengenai iCUE, serta kompatibilitas 3rd party software.

Di dalam kemasan Corsair Vengeance RGB Pro ini, moduk memori dibungkus dengan blister pack. Sayangnya, Corsair tidak menyertakan apapun di dalam paket penjualan RAM ini, kecuali modul RAM, dua buah, di dalam blister pack tersebut. Mungkin untuk ke depan, Corsair bisa mencoba menyertakan aksesori seperti stiker case badge dengan logo mereka, untuk membantu pengguna memamerkan bahwa PC yang mereka gunakan diperkuat dengan RAM dari Corsair.  🙂

Beralih ke modul memori, modul Corsair Vengeance RGB Pro ini menggunakan heatsink aluminum beewarna putih yang menutupi seluruh bagian PCB memori ini. Heatsink aluminum yang digunakan cukup tebal untuk memberikan pendinginan yang memadai. Kemudian, di bagian atas heatsink terdapat cutout kecil untuk tempat keluarnya cahaya RGB LED. Desain heatsink ini terlihat cukup aggressive, memberi kesan bahwa RAM ini adalah produk high performance.

Di sisi atas modul, terdapat diffuser yang dipasang edge-to-edge untuk meratakan efek cahaya dari LED. Bagian ini akan membantu dalam membuat tata cahaya yang dihasilkan terlihat lebih menarik. Di bagian ini, tata cahaya yang diatur melalui iCUE akan terlihat dan bisa dinikmati oleh pengguna.

Penampilan modul Vengance RGB Pro pada saat dipasang ke motherboard.

RGB Show

Sebagai salah satu nilai jual utama dari Corsair Vengeance RGB Pro, ini adalah RGB lighting yang ditampilkan oleh modul memori ini:

Patut diakui, difusser yang digunakan Corsair sukses memberikan efek positif untuk tampilan tata cahaya dari Vengeance RGB Pro. Secara default, memori ini akan datang dengan mode RGB Rainbow Wave. Dan seluruh profil mode LED hanya dapat diakses melalui software iCUE. Di artikel ini, selain menguji performa RAM tersebut, kami juga akan memberikan pembahasan software iCUE untuk mengatur mode LED pada modul memori Corsair Vengeance RGB Pro.

Spesifikasi

Corsair Vengeance RGB Pro
Model CMW16GX4M2C3200C16W
XMP Speed Rating DDR4-3200
XMP Timings 16-18-18-36
Capacity 16GB (2x8GB)
XMP Voltage 1.35v
Memory Type Unbuffered
Form Factor 288-pin DIMM
Warranty Limited Lifetime

Berikut ini screenshot Thaiphoon Burner untuk spesifikasi lebih lengkap dari memori Corsair Vengeance RGB Pro:

Dari data di atas, terlihat bahwa Corsair menggunakan IC Samsung B-Die dengan konfigurasi single rank/single sided. IC B-Die yang digunakan adalah K4A8G085WB-BCPB. Terbukti bahwa Corsair secara serius mengatakan bahwa memori ini akan menggunakan IC pilihan yang telah diseleksi secara ketat. Meskipun spesifikasi 3200 CL16 bukanlah memori dengan rating IC terbaik, tetapi kami sangat menghargai bahwa Corsair menggunakan IC Samsung B-Die untuk memori dengan rating DDR4-3200. Mengingat saat ini IC Samsung B-Die adalah IC dengan level kompatibilitas terbaik untuk platform Intel ataupun AMD.

Ruang Lingkup dan Metode Pengujian

Pada artikel ini, kami akan melakukan beberapa pengujian yang melingkupi:

  1. Fitur-fitur yang tersedia pada Software iCUE dan fitur kustomisasi Vengeance RGB Pro
  2. Pembahasan rating XMP dan juga performa RAM saat XMP vs default(SPD)
    Untuk melihat performa yang ditawarkan memori ini maka kami melakukan pengujian benchmark sintetis berikut ini:

    • Geekbench 3 – Memory Score (Multi Core)
    • Geekbench 4 – Single Core & Multi Core
    • 3DMark 11 – Physics Score
    • 3DMark Time Spy – Physics Score

Pengujian di atas ini akan dilakukan pada platform Intel (Coffee Lake) dan AMD (Pinnacle Ridge)

Testbed

Testbed Intel

  • Processor: Intel Core i7 8700K (Coffee Lake) @ 4.8GHz
  • Motherboard: MSI Z370 Godlike Gaming (BIOS Ver. A50)
  • CPU Cooler: Cooler Master MasterLiquid Lite 120
  • RAM: Corsair Vengeance RGB Pro DDR4-3200 CL16 16GB Kit (2x8GB, dual-channel)
  • VGA: NVIDIA GTX1080 Founders Edition
  • Storage: Intel 760P
  • PSU: Corsair RM 850X
  • OS: Windows 10 Spring Creators Update 1803

Testbed AMD

  • Processor: AMD Ryzen 5 2600 (Pinnacle Ridge) @4.0GHz
  • Motherboard: MSI X470 Gaming M7 AC (BIOS Ver. 1.20)
  • CPU Cooler: Cooler Master Masterliquid Lite 120
  • RAM: Corsair Vengeance RGB Pro DDR4-3200 CL16 16GB Kit (2x8GB, dual-channel)
  • VGA: NVIDIA GTX1080 Founders Edition
  • Storage: Intel 760P
  • PSU: Corsair RM 850X
  • OS: Windows 10 Spring Creators Update 1803
Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4 5
Tags: