in: Highlights - Memory - RAM | July 6, 2018 | by: Chandra Wijaya

Review RAM Corsair Vengeance RGB Pro DDR4-3200 16GB Kit (2x 8GB)

iCUE & Kontrol RGB

Sebelum membahas performa yang ditawarkan oleh RAM Vengeance RGB Pro ini, kami akan terlebih dahulu membahas sisi RGB-nya. Corsair kali ini menghadirkan sebuah utility bernama iCUE (Intelligent Control, Unlimited Possibilities). Utility ini digunakan oleh Corsair sebagai interface tunggal yang menghubungkan dan mengatur seluruh perangkat milik Corsair, termasuk RAM Vengeance RGB Pro ini. iCUE sendiri dapat digunakan untuk melakukan kendali secara penuh untuk RGB lighting effect, fan speed, dan temperature monitoring untuk berbagai perangkat mereka.

Di pembahasan kali ini, kami hanya akan membahas fungsi spesifik dari iCUE. Fungsi yang kami bahas itu terkait dengan pengaturan RGB LED dan tata cahayanya untuk Vengeance RGB Pro ini. Berikut ini adalah tampilan utama dari iCUE ketika kami memasang Vengeance RGB Pro ke sistem yang kami gunakan:

Di halaman utama iCUE, Anda akan langsung melihat daftar komponen Sorsair ada di sistem. Karena kami hanya menggunakan Vengeance RGB Pro di sistem, kami hanya mendapatkan RAM tersebut di list yang ada di iCUE. Bila Anda memiliki lebih banyak perangkat Corsair yang mendukung iCUE, Anda tentu akan mendapatkan lebih banyak item di list.

Ketika kami menekan icon Vengeance RGB Pro, sub menu akan terbuka dan menampilkan empat opsi, yaitu Profiles, DIMM Setup, Lighting Effects, dan Timings. Pertama, menu Profiles, ini adalah tempat Anda menyimpan atau memuat profile kustomisasi yang telah Anda lakukan pada Vengenace RGB Pro.

Selanjutnya, menu DIMM Setup merupakan tempat untuk memilih setup sesuai motherboard yang Anda gunakan. Terdapat pilihan untuk motherboard 2 & 4 DIMM dual-channel serta 4 & 8 DIMM quad-channel. Hal ini memungkinkan Anda menyesuaikan posisi RAM dengan efek yang ingin didapatkan.

Kemudian, menu Lighting Effects akan memberikan opsi kepada Anda untuk memilih preset tata cahaya/efek LED RGB yang Anda inginkan. Untuk beberapa profile, Anda juga bisa mengatur kecepatan transisi efek LED dan juga arah pergerakan efek, baik untuk clockwise atau counter clockwise.

Terakhir, di menu Timings, yang akan Anda temukan bukan menu untuk mengatur timing memori di sistem. Di sini, yang akan Anda temui adalah informasi konfigurasi memori yang sedang berjalan pada sistem Anda. Informasi yang tersedia adalah DRAM Frequency, CL, tRCD, tRP, tRAS, serta Command Rate (CR).

Beralih ke TAB Settings, di sini Anda akan menemukan opsi untuk mengatur brightness dari LED di modul memori Anda. Masih dari menu ini juga, Anda bisa mengatur software iCUE ini terkait beberapa hal, seperti setting umum, OSD, dashboard, dan sensor logging.

Salah satu fitur menarik yang dimiliki software iCUE ini terletak pada TAB Dashboard. Di tab ini Anda dapat melaukan monitoring performa sistem Anda, meliputi prosesor, VGA, motherboard dan tentunya hardware Corsair yang Anda miliki. Untuk sistem pengujian kami, ada Vengeance RGB Pro. Seluruh informasi sistem dapat Anda lihat di TAB Dashboard dan seluruh value juga ditampilkan dalam graph.

Secara keseluruhan software iCUE milik Corsair ini terlihat sangat user friendly. Software ini juga menawarkan kemampuan sistem monitoring yang powerful, dan kustomisasi lighting yang sangat luas. Jika Anda memiliki hardware atau periferal Corsair, iCUE merupakan software yang akan sangat berguna untuk Anda.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4 5
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES