in: Highlights - Memory - RAM | July 6, 2018 | by: Chandra Wijaya

Review RAM Corsair Vengeance RGB Pro DDR4-3200 16GB Kit (2x 8GB)


Uji Performa – AMD

A-XMP (AMD – Extreme Memory Profile)

Sama seperti platform Intel untuk mencapai kecepatan RAM ini sesuai rating pada box-nya, maka setting A-XMP pada menu di BIOS harus diaktifkan. Proses mengaktifkan profile A-XMP RAM ini sangat mudah pada motherboard MSI X470 Gaming M7 AC: Anda hanya perlu masuk ke TAB OC dan memilih untuk mengkatifkan menu A-XMP. Dengan memillih opsi Profile 1 atau Profile 2. Sebagai catatan, profil hanya akan ditemukan jika Anda menggunakan memori ini pada motherboard AMD milik MSI. Isi dari kedua Profile A-XMP tersebut adalah:

Untuk bisa menjalakan memori ini pada kecepatan rating XMP-nya Anda perlu memuat Profile 2 pada menu A-XMP. Sedangkan untuk Profile 1 digunakan untuk menjadi alternatif bagi Anda pengguna platform AM4 pada motherboard MSI jika tidak bisa menggunakan Profile 2 XMP DDR4-3200 C16.

Atau Anda hanya perlu melakukan 2 kali pada icon bewarna merah pada menu BIOS bagian atas untuk mengaktifkan Profile 2 dan 1 kali klik untuk Profile 1.

Berikut ini adalah setting CPU dan Voltage yang digunakan selama pengujian:

Berikut ini adalah tampilan CPU-Z setelah seluruh setting diatas diterapkan untuk A-XMP Profile Profile 2:

Profile 2 DDR4-3200 CL16-18-18-36

Performance Test:

Berikut ini adalah hasil pengujian memori yang telah di lakukan untuk A-XMP Profile 2:

Profil XMP yang dimiliki Vengeance RGB Pro juga dapat digunakan pada platform AMD Ryzen. Performance yang diberikan oleh profile XMP ini menawarkan peningkatan yang cukup baik. Terlihat bahwa penggunaan timing CL16-18-18-36 pada memori ini tidaklah menjadi nilai minus, melainkan memberikan memori ini tingkat kompatibilitas yang lebih baik. Dari hasil pengujian performance yang dilakukan, terlihat bahwa peningkatan terbesar akan terdapat pada Geekbench 3 Memory score, dengan peningkatan peningkatan 29%. Dan memory score untuk XMP Profile ini adalah 6209, skor ini sudah cukup tinggi untuk sistem harian dengan prosesor Ryzen.

Tipikal skor yang sama dengan Intel juga didapatkan pada sistem pengujian Ryzen ini, dimana pada 3DMark 11 Physics A-XMP Profile 2 akan memberikan peningkatan performa 10%. Dan untuk benchmark lainnya yang digunakan, kami mendapatkan peningkatan performa 5-7%. Secara Keseluruhan XMP milik Vengeance RGB Pro akan memberikan peningkatan 12%. Rata-rata peningkatan performa pada sistem Ryzen ini juga sangatlah mirip dengan apa yang didapatkan pada platform Intel.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4 5
Tags:

Share This: