in: Highlights - Storage Devices | July 25, 2018 | by: Dian Syarifuddin

Review Storage: Intel Optane SSD 900P 280GB

Intel memang telah lama memperkenalkan teknologi 3D XPoint sekaligus telah menanamkan teknologi yang diberi nama Optane tersebut ke dalam storage berupa SSD. Setelah menanam teknologi tersebut ke dalam SSD, Intel resmi memperkenalkan SSD PCIe pertama berbasis Optane yang disebut DC P4800X, tepatnya pada Maret 2017 lalu. Namun SSD tersebut lebih ditujukan untuk sistem skala enterprise seperti Data Center.

Kemudian pada Oktober 2017 lalu, Intel kembali meramaikan pasar SSD dengan meluncurkan SSD PCIe keduanya berbasis Optane, yaitu SSD Intel 900P. SSD tersebut bisa dikatakan sebagai “adik” dari SSD Intel DC P4800X. Akan tetapi, Intel 900P lebih ditujukan untuk kalangan consumer yang memiliki sistem PC high-end atau lebih tepatnya untuk kalangan profesional. Ingin mengenal lebih lanjut tentang SSD Intel 900P ini? Berikut ulasan lengkapnya kami hadirkan untuk Anda.

Paket Penjualan

SSD Intel 900P yang mampir ke meja pengujian kami ini memiliki kapasitas 280GB. Sayangnya SSD yang kami terima ini tidak disertai dengan kemasannya, akan tetapi tersedia beberapa kelengkapan paket penjualannya.

Kelengkapan penjualan SSD Intel 900P

Intel memberikan beberapa bonus paket penjualan berupa satu buah bracket untuk memudahkan penggunaan SSD Intel 900P pada sistem low-profile. Tidak lupa juga, Intel turut menyertakan beberapa baut dan kunci L untuk membuka dan mengencangkan baut.

SSD Intel 900P 280GB

Intel 900P Series hadir sebagai SSD flagship untuk kalangan consumer yang memiliki sistem PC high-end. SSD ini dibalut dengan heatsink yang tampaknya memiliki rancangan cukup baik dalam meredam panas yang dihasilkan. Intel tidak hanya menyediakan dalam satu pilihan form factor Add-in card namun juga tersedia dalam pilihan form factor 2.5” dengan interface U.2. Meski ditujukan untuk kalangan consumer, pihak Intel menyatakan bahwa SSD Intel 900P ini juga memiliki kemampuan yang setara dengan SSD Intel DC P4800X yang lebih ditujukan untuk skala enterprise seperti Data Center.

Soal performa yang ditawarkan, Intel Optane SSD 900P Series disebutkan oleh Intel mampu menawarkan kecepatan pada beban kerja tinggi. Kecepatan baca/tulis Random 4K yang ditawarkan SSD ini mencapai 550.000/500.000 IOPS, berkat perpaduan antara Intel 128Gb  3D XPoint dan kontroler Intel SLL3D. Angka tersebut juga bisa dikatakan jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan SSD di kelas yang sama.

Sedangkan pada kecepatan baca/tulis Sequential yang ditawarkan Intel 900P ini mencapai 2500 MB/s dan 2000 MB/s. Performa yang ditawarkan tersebut mungkin cukup standar, bahkan hampir menyerupai beberapa SSD NVMe lain yang ada di pasaran. Akan tetapi, ketahanan dari SSD Intel 900P berkapasitas 280GB ini boleh dibilang sangat tinggi di kelasnya yang mencapai hingga 5110 TBW (Terabyte Written). Sudah mulai penasaran dengan hasil pengujian yang kami peroleh pada SSD Intel 900P ini? Berikut hasil pengujiannya!

Daftar Isi
Pages: 1 2 3
Tags:

Comments

RANDOM ARTICLES