Bermain Game Kompetitif: Inikah Saatnya Menggunakan Monitor Gaming 240Hz?

Reading time:
August 1, 2018

Seiring berkembangnya ajang eSports yang diadakan diberbagai negara, kehadiran game kompetitif pun kini sudah makin bertambah. Beberapa di antaranya bisa dikatakan cukup populer dalam tahun terakhir ini seperti PUBG dan Overwatch. Begitu pula game kompetitif yang sudah hadir lebih dulu seperti DOTA 2 dan CS:GO masih cukup favorit dimainkan oleh sebagian besar para gamer profesional.

LG 27GK 01

Melihat berkembangnya game kompetitif saat ini, beberapa vendor hardware pun mulai menawarkan beragam produknya untuk mendukung kebutuhan dari game-game kompetitif tersebut. Tidak ketinggalan juga vendor penyedia perangkat display seperti monitor mulai menawarkan jajaran monitor gaming dengan beragam teknologinya. Salah satu teknologi yang menjadi pertimbangan utama dalam memilih monitor adalah Refresh Rate.

Seperti kita ketahui, refresh rate adalah kemampuan layar dalam menampilkan gambar per detik. Refreh rate 60Hz berarti dapat menampilkan 60 gambar perdetik dan seterusnya. Jadi Anda bisa bayangkan dengan refresh rate 240Hz, pergerakan yang ditampilkan pada monitor akan jauh lebih halus.

Lalu, mengapa vendor monitor perlu menawarkan monitor gaming dengan refresh rate yang tinggi hingga 240Hz? Melihat keuntungan dari refresh rate tinggi, maka tidak aneh jika para vendor mulai menawarkan monitor gaming dengan refresh rate tinggi, khususnya kepada para gamer yang suka dengan game kompetitif. Ini dia alasan mengapa refresh rate tinggi sangat ideal di game kompetitif.

Animasi Pergerakan Lebih Halus

refresh rate smooth

Berkat refresh rate tinggi 240Hz, setiap pergerakan yang tampil di monitor akan menjadi lebih halus. Tidak hanya game, pergerakan yang dimaksud di sini juga bisa berpengaruh pada transisi animasi yang ditampilkan monitor. Hal ini berarti pengguna akan mendapatkan pergerakan yang terlihat lebih hidup dan tentunya membuat pengalaman bermain game jadi lebih maksimal.

Efek Tearing dan Stuttering Berkurang Drastis

Tearing Stuttering

Tak hanya mendapatkan pergerakan menjadi terasa lebih halus, gejala tearing dan stuttering mungkin tidak akan Anda jumpai lagi. Hal tersebut dikarenakan monitor dengan refresh rate tinggi seperti 240Hz dapat melakukan scene transition lebih cepat dan mulus dibanding monitor 60 Hz. Dengan hilangnya gejala tearing dan stuttering, pengalaman bermain game jadi lebih nyaman dan bebas dari gangguan gejalan tersebut. Terlebih lagi, monitor gaming yang ada di pasaran saat ini sudah dibekali teknologi adaptive-sync seperti AMD Free-Sync dan NVIDIA G-Sync yang mana akan memastikan hilangnya efek tearing dan stuttering ini.

Input Lebih Responsif

CSGO 01

Keuntungan dari menggunakan monitor dengan refresh rate tinggi 240Hz juga akan memungkinkan Anda memperoleh input yang lebih responsif. Hal tersebut akan sangat terasa dari input mouse Anda saat sedang bermain game-game yang membutuhkan respon yang baik dan akurat, seperti game bergenre first person shooter seperti PUBG, Counter-Strike: Global Offensive (CS:GO) dan Overwatch, serta game bergenre RTS/MOBA seperti DOTA 2. Rata-rata dari game tersebut akan menuntut Anda memberikan input yang responsif dan juga akurat untuk mendukung pengalaman terbaik saat bermain game.

Pengalaman Gaming di 240Hz

CSGO 02

Pengalaman bermain game pada monitor refresh rate 240Hz bisa dikatakan lebih maksimal. Semua hal ini bisa kami rasakan melalui monitor LG 27GK750F yang mendukung refresh rate 240Hz beberapa waktu ini di lab. kami. Monitor yang dibekali teknologi AMD Freesync ini, kami bisa merasakan perbedaan yang signifikan saat bermain game CS:GO. Perbedaan transisi animasi di monitor gaming LG ini sangat terasa dibanding monitor konvensional 60Hz.

Future-Proof 

Monitor LG 27GK750B

Monitor dengan refresh rate 240Hz mungkin masih bisa dihitung jumlahnya di pasaran dan kebutuhannya pun mungkin belum terlalu besar. Hal tersebut karena belum banyaknya PC yang sanggup untuk memainkan game di 240FPS. Namun dengan kehadiran monitor ber-refresh rate tinggi ini, peralihan monitor gaming dengan refresh rate 240Hz bisa menjadi tren baru di industri monitor gaming. Terlebih lagi dengan dukungan mumpuni melalui performa graphics card yang terus meningkat, memilih monitor gaming dengan refresh rate 240Hz akan menjadi pilihan terbaik untuk Anda, khususnya yang sudah berkecimpung di dunia game kompetitif.

Berdasarkan hal-hal di atas, monitor gaming dengan refresh rate 240Hz bisa memberikan keuntungan tersendiri untuk Anda yang terjun sebagai seorang gamer profesional, terlebih gamer kompetitif. Memang pada ajang eSports sendiri, standar monitor gaming yang digunakan saat ini memiliki refresh rate antara 120Hz atau 144Hz.

Dengan perkembangan teknologi hardware yang ada serta game-game di masa depan yang menawarkan kualitas visual yang lebih tinggi, bukan tidak mungkin kalau monitor gaming dengan refresh rate 240Hz bisa menjadi standar baru. Bagi Anda yang memiliki kemampuan dalam membangun sebuah PC gaming high-end, tentunya akan menjadi pilihan yang cerdas memilih monitor gaming dengan refresh rate 240Hz. Selain mampu menampilkan pergerakan game yang halus, monitor gaming tersebut bisa juga menunjukkan kemampuan PC yang sebenarnya.

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 7, 2024 - 0

Review MSI Prestige 13 AI EVO A1M: Laptop AI PC Super Tipis, Ringan, Kencang & Irit!

Kali ini kita kedatangan salah satu “AI PC” dari MSI.…
March 6, 2024 - 0

Review Axioo Hype 5 AMD: Laptop 5 Jutaan Sekencang & Selengkap Ini?

Laptop murah yang harganya 5 jutaan ini ternyata kuat juga…
March 5, 2024 - 0

Review ASUS Vivobook Pro 16X OLED K6604: Laptopnya Kreator Profesional!

Laptop ini cocok banget untuk cari duit terlebih bagi kalangan…
February 6, 2024 - 0

Rekomendasi Laptop Premium dari HP – Mulai 10 Jutaan

Di Video rekomendasi kali ini, kami coba pilihkan untuk kalian…

Gaming

March 8, 2024 - 0

Command & Conquer: Generals Kini Tersedia di Steam!

Sepertinya sulit untuk membicarakan game RTS dengan elemen militer kental…
March 8, 2024 - 0

Overwatch 2 Kolaborasi dengan Cowboy Bebop, Hadirkan Trailer Keren!

Kolaborasi antara dua buah franchise yang hadir di media yang…
March 8, 2024 - 0

Kreator Dragon Ball – Akira Toriyama Meninggal Dunia

Hampir semua anak-anak Indonesia yang sempat tumbuh besar di era…
March 7, 2024 - 0

Bukan CGI, Dragon’s Dogma 2 Gunakan Video Daging Asli untuk Animasi Memasak

Apalah arti sebuah game petualangan yang tidak mampu memberikan Anda…