in: News | August 28, 2018 | by: Friska Suryawinata

Bertemakan “Bangga Indonesia”, LINE Creativate 2018 Digelar

Pada Senin (27/8), LINE sebagai salah satu platform messaging dan media sosial populer di Indonesia, baru saja mengumumkan sekaligus menggelar ajang kreatif tahunan mereka, yakni LINE Creativate 2018 yang menghadirkan tema besar “BANGGA INDONESIA”, bekerja sama dengan Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) Indonesia. Ajang kompetisi yang digelar untuk keempat kalinya tersebut kini menghadirkan tidak hanya tiga buah jenis kompetisi saja, melainkan turut memberikan tiga kategori kompetisi baru sebagai wadah masyarakat dalam berkarya dan berkreasi.

“Tahun ini, LINE Creativate sedikit berbeda dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Selain masih mengusung tema besar yang mampu mempresentasikan kebangaan sebagai warna negara Indonesia dan kreativitasnya, tahun ini kami turut memperkenalkan tiga kategori kompetisi baru, sebagai bentuk apresiasi dan dorongan kami untuk peningkatan kreativitas para generasi muda Indonesia,” jelas Dale Kim, Managing Director LINE Indonesia dalam acara press launch yang diadakan di Greenhouse Coworking Space, Jakarta.

Tiga kompetisi baru yang akan dihadirkan juga untuk LINE Creativate 2018 kali ini terdiri dari kompetisi Kompetisi Rencana Bisnis LINE Shopping, Kreasi Konten LINE Today (video), dan LINE Games. Untuk Line Shopping peserta diutamakan bagi para wirausaha, di mana mereka bisa menyerahkan proposal produk atau layanan yang mereka tawarkan dengan tema “Made In Indonesia”, LINE Today berupa video singkat (60 detik) yang mampu memberikan slogan besar “This is Indonesia!” atau “Ini Indonesia!” di dalamnya, dan terakhir LINE Games merupakan kompetisi “Let’s Get Rich World Cup 2018” di mana akan ada dua pemenang untuk bisa pergi dan bertanding di Korea Selatan mewakili Indonesia.

“Sejak pertama kali LINE Creativate diadakan, kami dari pihak BEKRAF terus mendukung ajang ini demi meningkatkan kreativitas dan ekonomi kreatif masyarakat di Indonesia, mengingat pertumbuhannya semakin pesat setiap tahunnya dan semakin banyak generasi muda yang makin kreatif dan maju dalam bidang ini. LINE Creativate adalah wadah tepat untuk bisa menyalurkan kreativitas mereka. Dengan adanya kategori kompetisi baru, kami berharap bahwa lebih banyak bakat-bakat lokal bisa turut berpartisipasi di LINE CREATIVATE 2018,” kata Ari Juliano Gema, Deputi Fasilitasi Hak Kekayaan Intelektual dan Regulasi Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF).

Berikut detil kompetisi yang dihadirkan pada LINE Creativate 2018 kali ini:

1. Kompetisi Komik LINE Webtoon

Periode kompetisi: 1 September – 31 Oktober 2018

Kali ini, kompetisi komik LINE Webtoon akan mengambil tema “Wanita Indonesia”, atau “Indonesian Women”, sebagai pengakuan terhadap hebatnya para perempuan Indonesia. Peserta kompetisi harus menciptakan tiga episode berturut-turut berisikan 30 panel per episode.

2. Kompetisi LINE Stickers

Periode kompetisi: 27 Agustus –31 Oktober 2018

Para pencipta harus merancang stiker bertemakan “Draw Your Feelings”. Karakter di stiker harus fleksibel untuk komunikasi sehari-hari dan memiliki konsep yang bisa dipahami oleh target audience.

3. LINE Chatbot Competition

Periode kompetisi: 27 Agustus – 7 Oktober 2018

Para developer bisa berpartisipasi di LINE CREATIVATE 2018 melalui kompetisi LINE Chatbot. Developer harus menciptakan chatbot menggunakan LINE Messaging API untuk platform LINE. Kompetisi ini dibagi ke dalam lima sub-kategori: Fun, Productivity, Knowledge, Student, Prototype.

4. Kompetisi Rencana Bisnis LINE Shopping

Periode kompetisi: 27 Agustus – 20 Oktober 2018

Kategori ini dikhususkan untuk wiraswata. Bertemakan “Made in Indonesia”, brandlokal bisa menyerahkan produk atau layanan mereka yang berada di bawah kategori kecantikan, fashion, dan gaya hidup untuk dipertimbangkan oleh para juri.

5. Kreasi Konten LINE Today

Periode kompetisi: 27 Agustus – 20 Oktober 2018

Peserta harus menciptakan video mp4 maksimum 60 detik bertemakan “This is Indonesia!” atau “Ini Indonesia!”. Video paling kreatif yang dikirimkan oleh individu, kelompok, atau institusi akan menang.

6. LINE Game Let’s Get Rich World Cup 2018

Periode kompetisi: 1 September – 18 November 2018

Ronde kualifikasi pertama akan berlangsung di September, dengan lomba final diselenggarakan pada hari ketiga (18 November 2018) perhelatan LINE CREATIVATE 2018. Dua pemenang terakhir akan mewakili Indonesia di Let’s Get Rich World Cup 2018 di Korea Selatan.

 

Informasi lebih lanjut mengenai kompetisi dan mekasnismenya dapat ditemukan di situs resmi linecreativate.com serta LINE CREATIVATE Official Account.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES