in: News | August 7, 2018 | by: Tim Jagat Review

Fasilitas TSMC Terinfeksi Malware Pengaruhi Produksi Wafer 7nm

TSMC selama ini mungkin hadir sebagai nama yang tidak asing bagi pemerhati teknologi, mengingat TSMC adalah perusahaan dibalik layar yang memproduksi Wafer yang nantinya dibuat menjadi chip jadi oleh vendor pihak ketiga. Nama besar seperti Apple, AMD, Nvidia, Qualcomm hingga Mediatek menyerahkan produksi Wafer untuk produk mereka ke tangan TSMC.

Namun kabar buruk menimpa TSMC. Beberapa hari lalu TSMC mendapati fasilitas produksi Wafer di beberapa Fab (sebutan untuk pabrik yang produksi Wafer-red) telah terjangkit malware yang membuat gangguan produksi kurang lebih selama 3 hari.

Belum ada keterangan jenis malware apa yang menyerang fasilitas produksi TSMC, namun dari pihak internal TSMC menyebutkan tidak ada keterkaitan gangguan eksternal seperti Hacker akan hal ini. Selain itu, dikarenakan gangguan produksi karena malware tersebut, TSMC kabarnya mengalami kerugian sebesar 3% dibandingkan pendapatan saat keadaan normal.

Serangan malware tersebut telah menginfeksi dari Fab besar seperti yang digunakan untuk memproduksi wafer 12-inch – Fab 12 yang berada di Hsinchu Science Park dan Fab 15 yang berada di Central Taiwan Science Park.

Untuk Fab 15 ini terdapat fasilitas riset dan produksi untuk fabrikasi 7nm yang menandakan akan mengganggu aktivitas produksi dari beberapa client besar seperti Apple, AMD, Nvidia, Mediatek dan Qualcomm.

TSMC berjanji akan segera menyelesaikan masalah malware ini dan direncanakan aktivitas akan berjalan normal pada tanggal 7 Agustus 2018.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES