in: Notebook / Laptop | August 21, 2018 | by: Gatot Tri Yuwono

Hands-On ASUS ROG Strix GL704 Scar II – Gaming Lebih Puas dengan Layar Besar

ASUS ROG STRIX GL504 Scar II yang baru-baru ini diluncurkan untuk pasar Indonesia akhirnya mendapatkan varian terbaru – GL704 Scar II. Laptop gaming ROG Strix GL704 Strix II pada dasarnya adalah GL504 Scar II dengan ukuran layar lebih besar 17,3 inci. Membuat pengalaman gamer saat memainkan game kesayangan mereka semakin sempurna.

Meskipun ukuran layar GL704 Scar II membesar, ASUS tetap menggunakan panel layar dengan spesifikasi yang sama dengan GL504 Scar II. Tingkat refresh rate tetap di 144 Hz dengan response time 3 ms serta menggunakan panel IPS mampu menampilkan warna serta viewing angle lebih baik dibandingkan panel TN.

Desain bingkai layar yang tipis sebesar 7 mm pun tetap dipertahankan membuat ukuran bodi lebih ringkas membuat ASUS dapat menghadirkan GL704 Scar II layaknya laptop 15,7 inci. Ukuran bodi GL704 Scar II sendiri sebesar 39,98 x 27,35 x 2,49~2,64 cm dengan bobot sekitar 2,9 kg.

Layar lebih besar membuat area sekitar keyboard ikut meluas membuat gamer lebih bebas dan leluasa saat menempatkan tangan mereka. Walaupun begitu tata letak dan ukuran tombol keyboard tampak masih serupa dengan GL504 Scar II. ASUS tampaknya menggunakan komponen keyboard dan TouchPad yang sama dengan GL504 Scar II. Berbeda dengan tombol lain, tombol ASDW dibedakan dengan keycap transparan dengan latar putih membuatnya lebih mudah dibedakan. Dibedakannya tombol ASDW menandakan GL704 Scar II diposisikan sebagai laptop gaming esport untuk genre FPS (First Person Shooter).

Area sekitar keyboard tampak dihiasi motif tenun Kevlar serta tekstur military camouflage yang senada dengan peruntukan laptop gaming ini untuk genre FPS (First Person Shooter). ASUS pun menggunakan teknik produksi khusus dengan delapan tahap IMR (In-Mold Roller) untuk menciptakan efek tenun tiga dimensi. Teknik produksi ini juga membuat area sekitar keyboard terasa halus sekali saat diraba dan sulit meninggalkan jejak sentuhan tangan.

Tersedia pula empat tombol Gaming Hotkeys untuk akses cepat pengaturan volume suara, mematikan menghidupkan mikrofon, dan aplikasi Gaming Center.

Kelengkapan konektor yang diberikan GL704 Scar II mencakup 1X DC-IN, 1X RJ-45, 1X Mini Display Port, 1X HDMI, 3X USB 3.1 Gen 1, dan headphone microphone combo jack pada sisi samping kiri bodi.

Sementara pada sisi kanan dapat ditemukan SD Card reader, 1X USB 3.1 Gen 2 Type-C, 1X USB 3.1 Gen 1, serta lubang kensington security lock. Dapat ditemukan pula lubang ventilasi pembuangan udara panas pada sisi ini.

Untuk spesifikasi, berbeda dengan GL504 Scar II yang memiliki varian GTX 1070, saat ini varian graphics card tertinggi GL704 Scar II adalah GTX 1060 6 GB. Tentu saja graphic card tersebut dipadukan dengan prosesor Core i7 8750H/i5 8300H dengan dukungan kapasitas memori/RAM hingga 32 GB di kecepatan 2666 MHz. Storage GL704 Scar II pun memadukan SSD M.2 dan SSHD SATA III 6 Gbps. GL704 Scar II menggunakan sistem pendingin HyperCool Pro dengan tiga heatsink untuk area pelepasan panas dengan dua kipas pendingin. Menariknya heatsink ketiga merupakan unit tambahan untuk mendinginkan secara khusus komponen graphics card – menjamin temperatur kerja GTX 1060 tetap rendah selama sesi gaming intens. Kipas yang digunakan pun tipe 12 Volt yang memiliki kecepatan putaran lebih tinggi sehingga mampu mengalirkan volume udara lebih besar.

Laptop gaming “kekinian” tentu dilengkapi keyboard dengan lampu backlit RGB tidak terkecuali GL704 Scar II. Pada sisi depan juga ditambahkan Lighting Bar yang juga memancarkan cahaya warna-warni seperti halnya keyboard ditambah pula logo ROG pada sisi belakang layar juga akan memancarkan cahaya.

Seperti halnya GL504 Scar II, laptop gaming GL704 Scar II juga dilengkapi teknologi ROG RangeBoost yang meminimalisir area dead-spot saat menggunakan konektivitas Wi-Fi. GL704 Scar II dilengkapi empat buah antena pada sisi depan dan belakang. Ia juga dilengkapi software dengan alogaritma khusus yang akan memilih antena mana yang memberikan konektivitas jaringan terbaik. Alhasil tingkat ping dapat dikurangi sehingga pengalaman memainkan game menjadi lebih baik.

Tags: