in: Notebook / Laptop | August 18, 2018 | by: Gatot Tri Yuwono

Hands-On Laptop Gaming Super Tipis – ASUS ROG Zephyrus S GX531

ASUS akhirnya memperkenalkan laptop gaming terbaru mereka dari lini ROG Zephyrus pada 16 Agustus lalu. Akan tetapi siapa menyangka jika kemunculan laptop gaming ini seperti membuktikan jika ASUS selalu “haus” akan inovasi dan tidak ragu untuk menciptakannya menjadi produk jadi meskipun membutuhkan usaha keras serta sumber daya tidak sedikit. ROG Zephyrus S GX531, ini dia laptop gaming terbaru dari ASUS yang sukses memecahkan rekor sebagai pemilik bodi paling tipis di dunia (setidaknya untuk saat ini) dengan ketebalan hanya 1,495 cm saja. Memang diperlukan sejumlah trik khusus untuk menciptakan bodi setipis itu sambil tetap mempertahankan apa yang seharusnya ditawarkan sebuah laptop gaming. Di artikel ASUS ROG Zephyrus S GX531: Ini Dia Daya Pikat Laptop Gaming Tertipis di Dunia, Anda dapat melihat trik yang digunakan ASUS untuk menciptakan ROG Zephyrus S GX531. Dan siapa menyangka jika kami dan sejumlah media lainnya berkesempatan untuk bertatap muka langsung untuk pertama kalinya dengan ROG Zephyrus S GX531 tepat di kantor pusat ASUS di Taiwan.

Dari segi penampilan ROG Zephyrus S GX531 tampak mewarisi desain bodi ROG Zephyrus GX501 dengan posisi keyboard pada sisi pinggir depan. Tampaknya sudah ada patokan bagaimana bentuk desain untuk ROG Zephyrus GX Series. Dari segi dimensi panjang dan lebar, ROG Zephyrus S GX531 memiliki ukuran bodi hanya sebesar 36 x 26,8 cm. Bandingkan dengan ROG Zephyrus GX501 yang masih memiliki ukuran 38,4 x 26,2 cm. Desain bingkai layar lebih sempit membuat dimensi panjang menyusut cukup signifikan dan dicapai tanpa mengorbankan ukuran layar. Dimensi lebar memang bertambah tetapi tidak signifikan. Dalam keadaan layar ditutup, tebal bodi ROG Zehyrus S GX531 hanya sebesar 1,495 cm yang membuatnya mampu memecahkan rekor sebagai laptop gaming paling tipis di dunia. Bobot 2,1 kg pun membuat ROG Zehyrus S GX531 tergolong laptop gaming yang ringan sehingga nyaman dibawa dan tidak membebani tubuh.

Bagian bodi untuk “rumah” komponen layar inilah yang membutuhkan teknik produksi khusus yang memakan sumber daya tidak sedikit. Tampak desain khas ROG Zephyrus dengan garis menyilang yang membagi dua area. Motif metal brush finish pada permukaan semakin menguatkan bukti penggunaan material aluminum-magnesium alloy untuk bagian bodi ini.

Layar canggih ROG Zephyrus S GX531 ini memiliki ukuran 15,6 inci dengan resolusi 1920 x 1080 piksel. Istimewanya ia datang dengan tingkat refresh rate 144 Hz dan response time 3 ms. Menjamin animasi pergerakan lebih mulus dan mampu menampilkan adegan cepat dengan lebih sempurna. Menariknya ASUS tidak melakukan kompromi dengan menggunakan panel TN melainkan IPS dengan color gamut 100% sRGB yang menjamin ia mampu mengeluarkan warna lebih realistis dengan viewing angle luas hingga 178 derajat.

Desain engsel layar terbaru ini membuat bodi ROG Zephyrus GX531 dapat dibuat lebih tipis sekaligus membuat posisi layar lebih dekat dengan posisi pengguna.

Posisi keyboard ROG Zephyrus GX531 memang terasa janggal tetapi membuat pengoperasian terasa seperti menggunakan keyboard pada PC Desktop. Walaupun begitu, posisi seperti itu membuat keyboard lebih nyaman digunakan jika laptop ini ditempatkan di atas meja. Pada saat laptop dipangku atau ditempatkan pada posisi lain, kami tidak yakin akan senyaman seperti di atas meja.

Kami sendiri sangat menyukai posisi TouchPad pada sisi kanan keyboard membuatnya terasa natural. TouchPad dilengkapi tombol khusus untuk klik kiri dan kanan serta dapat berubah menjadi tombol NumPad dengan menekan tombol untuk mengaktifkannya.

Kelengkapan konektor yang ada di ROG Zephyrus GX531 adalah 1X DC-IN, 1X USB 3.1 Gen 1 Type-C, 2X USB 2.0, dan headphone microphone combo jack pada sisi kiri.

Sementara pada sisi kanan terdapat 1X USB 3.1 Gen 2 Type-C dan 1X USB 3.1 Gen 2 Type-A.

ASUS menempatkan konektor display HDMI pada sisi belakang bersama lubang kensington security lock. Lubang pembuangan udara panas tampak ditempatkan agak ke sisi tengah.

ASUS ROG Zephyrus S GX531 sendiri akan datang dengan spesifikasi sebagai berikut.

  • Processor – Core i7 8750H
  • Graphics Card – GeForce GTX 1070 Max-Q 8 GB/GTX 1060 6 GB
  • RAM – Up to 24 GB DDR4 2666 MHz
  • Storage – M.2 NVMe PCIe 256GB / 512GB / 1TB SSD
  • Wireless – 802.11ac 2×2 Wave 2 Wi-Fi & Bluetooth 5.0
Tags: