in: Motherboard | August 3, 2018 | by: Chandra Wijaya

Hands-On Motherboard ASUS ROG STRIX X470-F Gaming

Tampilan Fisik – Lanjutan

VRM motherboard ini menggunakan desain VRM 10 phase (6 CPU + 4 SOC). VRM Controller yang digunakan adalah Asus ASP1405I yang merupakan IR35201 berjalan pada pada mode 6+2. Pada bagian rail SOC diberikan doubler untuk mengizinkan mode operasi 4. IC Doubler yang digunakan adalah IR 3599. Seluruh mosfet yang digunakan pada motherboard ini adalah IR 3555M yang merupakan mosfet high-end dengan rating 60A. Anda bisa melihat data sheet mosfet IR3555M pada link berikut ini: Datasheet IR 3555M. Motherboard ROG Strix X470-F Gaming ini juga sudah menggunakan control VRM full digital. Untuk pendinginan yang digunakan pada VRM motherboard ini, terdapat heatsink yang sangat besar dan memiliki surface area yang sangat luas. Desain heatsink VRM seperti ini akan sangat membantu menahan panas yang dihasilkan oleh VRM.

Motherboard ini menyediakan tujuh buah header 4-pin untuk fan. Dengan header 4-pin ini, Anda dapat menggunakan fan dengan mode PWM ataupun DC regulated. Jumlah fan header dan peletakan fan header untuk motherboard sangatlah baik. Fan header tersebut terletak di: 2 di bagian tengah atas motherboard, 2 di tengah motherboard, 1 di sisi kanan motherboard dan 2 di bagian bawah motherboard.

Sebagai motherboard modern, Asus juga menyertakan Debug LED, fitur yang sangat berguna untuk melakukan troubleshooting. Untuk motherboard ini, terdapat 4 buah warna LED yaitu merah, orange, hijau dan putih. Setiap warna akan menunjukan permasalahan yang berbeda. Fitur ini dapat dengan sangat mudah dimengerti oleh pengguna. Hal yang sangat disayangkan untuk sebuah motherboard high-end ROG Strix X470-F Gaming tidak menawarkan Debug Post Code LED yang menurut kami jauh lebih memberikan informasi kepada pengguna.

Di sisi slot ekspansi PCIe, motherboard ini memiliki slot ekspansi yang melimpah. Terdapat 3 slot PCIe x16 Gen 3, dengan konfigurasi x16 untuk slot pertama, x8 untuk slot ke-2, dan x4 untuk slot ke-3; serta 3 slot PCIe x1. Di PCIe x16 slot 1 dan 2, Asus memberikan SafeSlot PCIe,  untuk memperkokoh slot PCIe untuk membantu menahan graphics card berukuran besar dan berat.

Untuk storage, tersedia 2 slot M.2 yang masing-masing akan berjalan pada kecepatan PCIe x4. Perbedaan keduanya adalah M.2 pertama akan langsung menggunakan jalur PCIe dari CPU, sedangkan untuk slot M.2 kedua akan menggunakan chipset X470. Asus juga menyediakan sebuah heatsink M.2 yang menutupi seluruh bagian dari SSD M.2 yang akan Anda gunakan. Heatsink M.2 ini juga dilengkapi dengan thermal pad yang cukup tebal.

Untuk storage berbasis SATA, terdapat 6 port SATA III 6Gbps dengan angle 90°. Untuk konektivitas I/O ROG Strix X470-F Gaming memiliki 1 buah header front panel USB 3.1 Type C, 1 header USB 3.0, dan 2 buah header USB 2.0.

Untuk bagian back panel I/O, motherboard ini menwarkan berbagai jenis konektor berikut ini:

  • 2x USB 3.1 Gen 2 Type A (port warna merah)
  • 1x USB 3.1 Gen 1 Type C
  • 5x USB 3.1 Gen 1
  • 1x Display Port Output
  • 1x HDMI Out
  • 1x Gigabit Ethernet
  • 1x PS/2 Combo
  • 1x Set Audio 7.1 Channel

Bagian back panel I/O motherboard ini menggunakan pre-mounted I/O Shield, yang tujuan utamanya adalah untuk memberikan kemudahan bagi user dalam proses instalasi ke dalam casing. Selain itu juga pre-mounted I/O shield ini memiliki fitur lain untuk memberikan proteksi terhadap listrik statis hingga 12kV.

Untuk solusi audio, ROG Strix X470-F Gaming menggunakan SupremeFX. Sistem audio tersebut dimotori chip S1220A ekslusif yang hanya digunakan untuk seri Strix dan ROG. Dengan penggunaan chip tersebut, sistem on-board audio motherboard ini dapat dikatakan sangat mumpuni

Hal yang sangat disayangkan dari motherboard ini secara fisik adalah tidak adanya tombol power & reset. Hadir sebagai motherboard high-end, sangat disayangkan motherboard ini harus hadir tanpa adanya power & reset, terutama karena motherboard ini sebenatnya memiliki tempat yang memang secara khusus disediakan untuk meletakan power & reset button on-board.

ASUS ROG Strix X470-F Gaming
CPU Support AMD AM4 Socket Ryzen Series CPUs (Summit Ridge, Raven Ridge and Pinnacle Ridge)
CPU Socket AM4 (PGA-1331)
Chipset AMD X470
Graphics Interface 3x PCIe 3.0 x16 slot
Display Interface HDMI
Memory Type Dual Channel DDR4
Memory DIMM 4 DIMMS
Expansion Slot 2x PCIe 3.0 x1
SATA/M.2 6 SATA III / 2 M.2 for SSD
Audio S1220A
Form Factor ATX
Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES