in: Motherboard | August 3, 2018 | by: Chandra Wijaya

Hands-On Motherboard ASUS ROG STRIX X470-F Gaming

Kesimpulan

Asus ROG Strix X470-F Gaming hadir sebagai salah satu motherboard high-end AMD AM4 yang menargetkan pasar utama kepada gamer dan juga user enthusiast. Motherboard berserikan Strix ini hadir sebagai sub-brand ROG untuk mengisi ruang high end dengan menargetkan gamer sebagai target utama. Saat ini, Republic Of Gamers sudah mejadi motherboard super high end yang juga merupakan motherboard defining standards dengan Crosshair VII Hero, untuk AMD X470. Tentunya, seri Strix yang menjadi bagian dari ROG juga layak mendapatkan perhatian khusus, tidak terkecuali untuk ROG Strix X470-F Gaming ini.

Sebagai motherboard dengan chipset X470, tentunya ROG Strix X470-F Gaming ini akan hadir dengan penampilan yang jauh lebih menarik dari pendahulunya yang berchipsetkan X370. Secara penampilan ROG Strix X470-F Gaming ini terlihat jauh lebih baik dari pendahulunya terutama dengan tampilan “Cyber Outlook”. Tidak hanya memberikan penampilan yang lebih baik, perubahan penampilan ini juga diikuti dengan upgrade heatsink VRM yang digunakan dengan menjadi lebih besar dan surface area yang lebih luas untuk melakukan heat dissipation yang lebih baik. Kemudian pada motherboard ini juga disediakan sebuah heatsink M.2.

Untuk pemilihan hardware VRM pada motherboard ini, mungkin dapat dikatakan bahwa motherboard ini merupakan salah satu yang terbaik dari sisi performance dan juga effisiensi. ROG Strix X470F ini menggunakan VRM 10 Phase dengan konfigurasi 6 Phase CPU dan 2 phase SOC yang dilengkapi dengan IC doubler untuk bisa bekerja dalam 4 phase. Tidak tanggung-tanggung, pada motherboard ini Asus memberikan mosfet IOR 3555M yang merupakan mosfet high-end 60A. Dengan berjalan pada 6 phase, VRM motherboard akan memiliki rating 360A pada peak efficiency. Jauh lebih dari cukup untuk menjalankan prosesor Ryzen 8 core baik Summit Ridge dan juga Pinnacle Ridge. Kemudian, untuk penggunaan CPU Raven Ridge yang memiliki graphics card Vega terintegrasi, VRM SOC motherboard ini juga sudah lebih cukup dengan VRM 4 phase.

Secara penampilan juga, motherboard ini dilengkapi dengan fitur RGB yang terdapat pada I/O shroud, di mana fitur RGB yang terdapat pada motherboard ini terlihat sangat eye catching. Tampilan monochrome hitam motherboard ini juga membuat motherboard ini terlihat sangat menarik dan unik. Tentunya jika Anda seorang yang membutuhkan motherboard dengan penampilan yang sangat menarik dan kemampuan komponen yang mumpuni, motherboard ini akan menjadi top list pilihan Anda sebagai pengguna.

Hadir di bawah bayang-bayang brand ROG, tentunya ROG Strix X470-F Gaming ini sendiri menghadirkan fitur yang sangat berbeda dengan motherboard lainnya. Jika sebelumnya Anda memperhatikan bahwa setiap motherboard AMD AM4 yang mengizinkan pengubahan baseclock akan membutuhkan sebuah IC clockgen eskternal, di motherboard ini Anda dapat mengubah baseclock tanpa diperlukan nya sebuah IC clockgen eskternal! Menurut kami, fitur mengubah baseclock pada platform AMD terutama pada prosesor Pinnacle Ridge merupakan sebuah “big deal” karena Anda bisa meningkatkan single core performance yang sangat diperlukan. Kali ini, Asus dengan ROG Strix X470-F dapat melakukannya tanpa harus menggunakan sebuah clockgen eskternal. Menurut kami motherboard ini merupakan sebuah fitur game changer yang dihadirkan oleh Asus.

Sisi lain motherboard, sayangnya, mengalami downgrade dari pendahulunya, yaitu ROG Strix X370-F Gaming yang mungkin bukanlah merupakan faktor utama. Motherboard ini harus kembali hadir tanpa memiliki power & reset button on board. Kemudian untuk fitur konektivitas, motherboard ini tidak menghadirkan modul Wi-Fi & Bluetooth sangat disayangkan motherboard ini tidak menyertakan fitur tersebut. Kemudian, dengan hadir nya 2 buah slot M.2 pada motherboard ini juga harus dibayarkan dengan pemangkasan 8 slot SATA III 6Gbps menjadi 6 slot.

Selain dari kekurangan di atas ini, kami merasa bahwa motherboard ini merupakan salah satu motherboard high-end X470 terbaik dan juga dapat dikatakan hari sebagai game changer di pasar motherboard high-end untuk platform AMD AM4. Dari sisi komponen VRM yang digunakan Anda sudah tidak perlu lagi mempertanyakan kualitas motherboard ini. Kemudian fitur mengubah baseclock tanpa harus menggunakan eksternal clockgen harus membuat kami sangat kagum dan memgatakan bahwa Asus tidak pernah main-main dalam memberikan label ROG pada motherboard ini. Motherboard ini dengan segala kelebihan dan kekurangan akan menjadi motherboard yang layak Anda pertimbangkan, baik Anda seorang gamer ataupun seorang enthusiast hardware.

Testbed

  • Processor: AMD Ryzen 5 2600
  • Graphics Card: NVIDIA GTX 1080 Founders Edition
  • Memory: 2x 4GB HyperX Fury DDR4-2666
  • Storage: Intel SSD 760P
  • PSU: Corsair RM 850X
  • CPU Cooler: Cooler Master MasterLiquid Lite 120
  • Display: AOC i2267F-Wh
  • Input: Generic Keyboard & Mouse
  • OS: Windows 10 Spring Creator Update 1803

 

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES