in: Display - Highlights | August 24, 2018 | by: Dian Syarifuddin

Hands-On Review Monitor: LG 24MK600M

The Monitor

LG 24MK600M merupakan monitor LCD resolusi 1920 x 1080 piksel dengan ukuran layar 24 inci. Panel IPS (In-plane Switching) yang digunakan pada monitor ini dikenal memiliki viewing angle luas hingga 178° sudut kanan dan kiri yang membuat tampilan layar tetap jelas meskipun dilihat dari samping. Selain itu, panel IPS juga mampu dapat memanjakan mata penggunanya dengan tampilan kaya warna. LG 24MK600M ini diklaim mampu menghasilkan 16,7 juta warna dengan tingkat Color Gamut NTSC 72%. Tingkat refresh rate yang dimiliki monitor ini maksimal mencapai 75Hz serta response time yang ditawarkan juga tergolong baik dengan panel IPS yaitu 5 millisecond (Gray to Gray).

Selain panel IPS yang memukau, LG 24MK600M ini juga memiliki keunggulan lainnya, yaitu desain borderless yang terdapat pada ketiga sisi layar monitor (kanan-kiri dan atas). Area hitam dipinggir monitor juga bisa dikatakan cukup slim, sehingga monitor ini mampu memberikan kesan virtual yang kuat dan cukup asyik untuk digunakan saat bermain game atau menonton film. Selain itu, permukaan layar non-glossy yang diusung monitor ini tidak akan memantulkan bayangan dan tentunya bisa memberikan kenyamanan lebih ketika digunakan.

Beralih ke bagian belakang monitor, LG memberikan beberapa konektivitas esensial, di antaranya 2x HDMI port, 1x D-Sub In, slot power adapter dan audio jack 3.5mm. Tepat di atas jajaran konektivitasnya, LG 24MK600M ini turut dilengkapi pula dengan Vesa mount berukuran 75 x 75. Dengan adanya Vesa mount ini, Anda yang memiliki meja yang mungkin tidak terlalu luas, bisa memasang monitor ini didinding.

Penyangga kaki layar LG 24MK600M mengijinkan pengaturan untuk kemiringan monitor LCD hingga sudut 15 ° ke arah belakang dan 2° ke arah depan. Pengaturan ketinggian dan kemiringan ke arah kanan/kiri memang tidak didukung oleh penopang layar. Desain dari penyangga kaki LG 24MK600M ini tampaknya sudah menjadi ciri khas dari semua jajaran monitor LG. Meski terlihat kokoh, ternyata desain penyangga kaki dari monitor ini tidak mampu menahan guncangan seperti sentuhan ata dorongan ringan, sehingga monitor mudah bergoyang. Selain itu, desain penyangga kaki ini tidak dilengkapi dengan klip untuk mengatur kabel-kabel yang terhubung ke monitor LCD, yang biasanya kami temukan pada beberapa monitor LG seri lainnya.

LG 24MK600M juga turut dilengkapi dengan lubang kengsington security lock untuk mengamankan dari dipindahkan.

 

Untuk operasional menu pada LG 24MK600M  mengandalkan satu tombol joystick pada sisi bawah tengah layar. Penggunaan tombol joystick memang menjadi keunggulan dari monitor ini, khususnya di semua jajaran monitor LG.

Pengoperasian menu menjadi sangat mudah dan begitu menyenangkan, bahkan tanpa perlu melihat tombol itu sendiri. Tidak ada lagi kerumitan pengoperasian menu akibat meraba-raba deretan tombol pada sisi tersembunyi monitor. Pengguna cukup mengarahkan tombol joystick ke empat arah untuk menggerakkan kursor pada menu dan menekan untuk melakukan konfirmasi. Tombol joystick ini juga berfungsi sebagai tombol power on/off.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4
Tags:

Comments

RANDOM ARTICLES