in: Display - Highlights | August 20, 2018 | by: Dian Syarifuddin

Hands-On Review Monitor: Samsung CHG90

The Monitor

Samsung CHG90 merupakan monitor dengan layar berukuran 49 inci. Menggunakan panel VA (Vertical Alignment), Samsung merancang monitor gaming andalannya ini dengan layar lengkung serta aspek rasio 32:9 dan resolusi double FHD 3840 x 1080. Permukaan non-glossy pada layar monitor ini membuatnya nyaman ketika digunakan karena tidak memantulkan cahaya atau bayangan. Selain berbekal aspek rasio yang sangat lebar, layar yang digunakan pada monitor ini memiliki desain lengkung dengan kelengkungan curvature 1800R dengan view angle lebar 178 derajat. Dengan tingkat kelengkungan layar yang dimiliki, Samsung CHG90 dipastikan mampu memberikan kenyamanan penggunaan, terutama dalam memperoleh sudut pandang yang lebih luas, terutama saat bermain game.

Berbekal panel QLED jenis VA, Samsung CHG90 diklaim memiliki kemampuan menghasilkan reproduksi warna hingga 1,07 milyar warna. Sebagai monitor gaming, Samsung membekali beberapa fitur andalan untuk kebutuhan gaming seperti salah satunya adalah response time dengan nilai sebesar 1 ms (miliseconds), sehingga mampu mengasilkan kualitas tampilan bebas dari gejala ghosting. Selain itu, monitor ini juga menawarkan refresh rate tinggi, yakni mencapai 144Hz.

Samsung CHG90 juga telah didukung dengan fitur adaptive sync FreeSync 2 yang tentunya memungkinkan monitor ini memiliki tingkat refresh rate monitor untuk menyesuaikan dengan tingkat frame rate yang dihasilkan graphics card besutan AMD. Selain itu, fitur HDR (High Dynamic Range) yang tersemat di Samsung CHG90 ini diklaim mampu menyajikan kualitas gambar dengan tingkat akurasi warna yang baik.

Lampu LED dirancang mirip seperti ARC Reactor Iron Man.
Gantungan headphone

Beralih ke bagian belakang, Samsung CHG90 dihiasi dengan lampu LED dan terlihat sangat futuristik mirip seperti Arc Reactor milik Iron Man. Lampu LED tersebut tepat menghiasi penyangga dari layar monitor. Dengan dengan lampu LED terdapat sebuah gantungan yang dapat dilipat. Gantungan tersebut bisa dimanfaatkan untuk menggantung headphone. Pada bagian penyangga kaki monitor dirancang berbentuk huruf Y. Oleh karena monitor ini memiliki ukuran Super Ultra-widescreen, penyangga kaki monitor ini dirancang melebar agar mampu dalam menopang serta menjaga kestabilan monitor dengan baik. Monitor Samsung ini dapat diatur tingkat ketinggiannya untuk memperoleh kenyamanan saat digunakan.

Masih seputar bagian belakang monitor, pihak Samsung merancang monitor gaming andalannya ini cable management yang baik dan tersedia penutup untuk beberapa konektor yang disediakan. Beberapa konektor yang tersedia tergolong cukup lengkap, antara lain:

  • 2x HDMI
  • 1x DisplayPort
  • 1x Mini DisplayPort
  • 1x Audio In 3,5mm Jack
  • 1x Headphone 3,5mm Jack
  • 2x USB 3.0

Pada bagian bawah monitor, Samsung memberikan empat buah tombol dan salah satu tombolnya adalah tombol “JOG Button”. Fungsi dari tombol tersebut mengoperasikan seluruh fungsi pada monitor tersebut. Metode pengoperasian “JOG Button” sangat mirip dengan tombol analog pada joystick. Untuk melakukan navigasi menu pengaturan, pengguna cukup mengarahkan “JOG Button” pada arah atas/bawah dan kanan/kiri. Sementara itu untuk melakukan konfirmasi, cukup dengan menekan lembut tombol tersebut.

Sedangkan ketiga tombol yang lainnya dirancang untuk pemilihan quick setting game mode, mulai dari game setting 1, game setting 2 dan game setting 3. Ketiga pilihan tersebut bisa diatur untuk disesuaikan saat ingin memainkan game yang berbeda, misalnya seperti FPS, RTS dan RPG.

Setting PBP

Hal yang cukup menarik dari monitor Samsung ini, terdapatnya fitur PBP (Picture by Picture). Dengan ukuran layar yang panjang serta aspek rasio 32:9, layar pada monitor dapat dibagi menjadi dua (16:9), sehingga Anda bisa membagi layar panjang ini ke dua buah layar 1080p dengan dua input HDMI terpisah dan Anda bisa menikmati kedua konten dari source berbeda tersebut secara bersamaan.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES