in: Audio | August 16, 2018 | by: Dian Syarifuddin

Hands-On Review: Sony WF-1000X

Selain smartphone, headphone atau IEM (In-Ear Monitor) tentunya bisa dikatakan sebagai salah satu perangkat yang wajib juga dimiliki bagi setiap traveler. Tentunya mendengarkan musik akan menjadi teman terbaik bagi para traveler saat di perjalanan untuk menghapus rasa bosan mereka. Namun seiring berkembangnya teknologi digital, para vendor headphone terus melakukan upaya inovasi untuk menghadirkan produk baru yang jauh lebih canggih, mudah dalam penggunaan dan tentunya bisa memberikan kenyamanan lebih bagi setiap penggunanya di mana saja, khususnya bagi para traveler.

Sony sebagai salah satu produsen elektronik terkemuka dunia menawarkan sebuah IEM menarik yang bisa memenuhi kebutuhan di atas. Adalah Sony WF-1000X yang merupakan sebuah IEM unik dan menarik yang ditujukan untuk para traveler. Penasaran ingin tahu lebih jauh seputar headphone Sony WF-1000X ini? Berikut ulasan lengkapnya kami hadirkan ke hadapan Anda.

Spesifikasi:

  • Driver 6mm
  • Frequency Response: 20Hz – 20.000Hz
  • Bluetooth 4.1
  • NFC
  • Battery Life: 9 jam
  • Charging Case
  • Microphone

Paket Penjualan

Box tampak depan
Box tampak belakang
Panduan penggunaan
Beberapa ear tip dan kabel charger
Charger case

Desain & Fitur

Desain dari Sony WF-1000X tampil cukup menggoda berkelir warna gold yang menawan. Sepintas dari ukurannya mungkin terlihat agak “bulky” jika dibandingkan dengan IEM lain pada umumnya. Hal ini cukup wajar mengingat di dalam IEM milik Sony ini terdapat beberapa perangkat seperti bluetooth, baterai dan driver 6mm yang diusungnya.

Oleh karena dirancang full-wireless, Sony WF-1000X ini tidak mengusung kabel pada masing-masing driver. Untuk memberikan kenyamanan saat digunakan, Sony memberikan penyangga dekat ear tip agar IEM melekat di area dekat rongga dekat lubang telinga. Sayangnya desain penyangga tersebut terlalu kecil, sehingga kami merasa bahwa IEM ini kurang begitu mantap saat digunakan. Soal ear tip, jika dirasa kurang melekat pada lubang telinga, Anda bisa memilih beberapa ear tip yang telah disediakan dalam paket penjualannya.

Selain konektivitas bluetooth, Sony WF-1000X juga telah dilengkapi dengan noise cancelling. Fitur tersebut dapat diaktifkan atau dinonaktifkan dengan menekan tombol pada IEM bagian kiri. Beberapa fitur lainnya juga turut dihadirkan oleh Sony seperti aplikasi pendukung Sony Headphones Connect yang dapat diperoleh secara gratis di Play Store dan App Store. Melalui aplikasi tersebut Anda bisa melakukan beberapa pengaturan. Pada bagian IEM sebelah kiri terdapat, Sony membenam microphone. Saat menerima atau ingin menutup pembicaraan via telepon, Anda bisa menekan tombol yang pada IEM sebelah kiri.

Penggunaan

Meski IEM ini dapat dihubungkan secara langsung melalui konektivitas bluetooth, ada baiknya kami sarankan agar Anda menginstal terlebih dahulu aplikasi Sony Headphones Connect. Selain dapat mengetahui kondisi baterai dari IEM tersebut, melalui aplikasi ini terdapat berbagai pengaturan yang dapat Anda lakukan melalui aplikasi tersebut, mulai dari Equalizer yang tersedia dalam beberapa pilihan yang dapat diaktifkan mulai dari Bright, Mellow, Relaxed, Excited, Vocal, Treble Boost, Bass Boost dan Speech. Atau Anda juga bisa menonaktifkan Equalizer tersebut bila tidak terlalu menyukainya.

Hal menarik lainnya yang ditampilkan dari aplikasi Sony Headphones Connect ini saat Anda sedang menggunakan earphone Sony WF-1000X, yaitu Adaptive Sound Control. Fitur tersebut memiliki kemampuan untuk mendeteksi gerakan penggunanya seperti sedang berdiam diri, duduk (staying), berlari (running), berjalan (walking) dan sedang berada di dalam kendaraan (transportation). 

Ketahanan baterai yang ditawarkan Sony WF-1000X tergolong cukup tinggi, yakni mencapai 9 jam. Sebagai IEM yang dirancang untuk para traveler, Sony menyertakan sebuah hard case yang juga berfungsi sebagai charger untuk Sony WF-1000X ini. Bentuk dari case Sony WF-1000X sangat compact, sehingga nyaman untuk dibawa dan disimpan di mana pun, baik di kantong celana atau di tas. Anda pun tak perlu repot menghidupkan atau mematikan IEM karena dirancang secara otomatis off ketika diletakan pada case dan otomatis on saat Anda keluar Sony WF-1000X ini dari charging case-nya.

Daftar Isi
Pages: 1 2
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES