in: Display | August 10, 2018 | by: Yufianto Gunawan

Hands-On Review TV Samsung QLED QA65Q9FN

Bulan April 2018 lalu, Samsung merilis lini TV unggulan terbaru mereka untuk tahun 2018 ini, yang masuk ke jajaran QLED TV 2018. Terdapat beberapa lini TV QLED yang mereka perkenalkan dari jajaran QLED TV 2018 tersebut, mulai dari Q6F, Q7F, Q8C, hingga yang paling tinggi Q9F. Kali ini, kami mendapatkan kesempatan untuk mencoba salah satu dari produk baru tersebut, yaitu QA65Q9FN. Setelah mencoba TV tersebut selama beberapa waktu, kami akan menyampaikan apa yang kami jumpai di TV tersebut dalam artikel hands-on review ini!

Desain

Sesuai dengan nama yang diusungnya, TV QLED Samsung QA65Q9FN ini memiliki layar dengan diagonal 65″, atau sekitar 165 cm. Karena layar berukuran cukup besar itu, dimensi produk ini pun mencapai 57.1 x 32.6 x 1.5 inci, atau sekitar 145 x 83 x 3.8 cm. Produk ini masuk ke dalam kelas tertinggi dari jajaran TV QLED Samsung untuk tahun 2018 ini, yang ditandai dengan kode “Q9” di namanya, serta mengusung layar flat, yang ditandai dengan huruf “F” setelah “Q9”.

Sisi belakang dari TV QA65Q9FN

Satu hal yang mungkin cukup menarik untuk dibahas dari dimensi TV ini, ketebalan dari TV ini ternyata mencapai 3.8 cm, tidak bisa dikatakan tipis untuk sebuah TV di era saat ini. Namun, bukan tanpa alasan TV ini didesain Samsung agar memiliki ketebalan seperti itu. Sebagai bagian dari Q Style, set fitur yang mendukung penampilan dari TV QLED 2018 mereka, Samsung menawarkan apa yang disebut sebagai No-Gap Wall Mount. Dengan bodi bagian belakang didesain hampir rata mengikuti bagian paling tebal dari TV, dengan sedikit lengkungan dekat dengan bagian sisi kiri dan kanan, mereka bisa membuat TV QA65Q9FN ini benar-benar terlihat menempel rata di dinding dengan menggunakan mount khusus yang disediakan.

No-Gap Wallmount

Terkait No-Gap Wall Mount, Samsung menyebutkan bahwa mereka telah mengubah desain wall-mount untuk TV QLED 2018 mereka, sehingga pemasangannya pun menjadi lebih mudah. Bahkan, desain baru itu memungkinkan waktu pemasangan yang lebih singkat. Samsung juga menyertakan unit wall-mount untuk No-Gap Wall Mount di QA65Q9FN, sayangnya karena keterabatasan ruangan di kantor kami, pemasangan dengan menggunakan No-Gap Wall Mount tersebut kurang dimungkinkan.

Bezel QA65Q9FN, saat TV dalam keadaan tidak menyala.

TV QLED QA65Q9FN ini hadir dengan bezel yang sangat tipis di keempat sisi layar. Bezel tersebut hanya berketebalan 0.5 cm saja, baik untuk sisi kiri-kanan maupun atas-bawah, dengan sedikit pengecualian di area tengah bezel bawah, yang terlihat sedikit lebih tebal karena Samsung menempatkan badge logo mereka di area tersebut. Penggunaan bezel tipis ini membuat TV QA65Q9FN ini terlihat modern, membantu membuat kesan elegan, serta mendukung penampilan keseluruhan TV tersebut.

Beralih ke stand, Samsung menyertakan sebuah stand standar di paket penjualan dari TV QLED QA65Q9FN ini. Stand ini memiliki satu buah kaki dengan desain mendatar yang cukup panjang, yang tampaknya dimaksudkan agar stand tersebut bisa menahan TV dengan ukuran yang terbilang besar ini dengan baik. Secara umum, desain stand ini terbilang cukup menarik, serta masih senada dengan gaya elegan yang diusung. Menariknya, walaupun tidak memberikan kesan benar-benar kokoh, stand ini bisa menahan TV QA65Q9FN dengan baik sembari tetap mempertahankan desain elegan dari TV secara keseluruhan.

Samsung tidak menyertakan tombol apapun di bodi TV yang satu ini. Semua kontrol, termasuk untuk on/off, dilakukan melalui remote control yang disertakan. Remote control ini akan kami bahas di bagian lain dari artikel ini. Sementara untuk konektor, ini yang menarik, monitor ini hanya memiliki satu konektor proprietary khusus. Tidak adanya tombol dan minimnya konektor di TV ini membuat secara keseluruhan TV ini terlihat rapi.

Lalu, bagaimana dengan input untuk monitor ini? Memperbaiki tawaran menarik mereka untuk lini TV QLED mereka sebelumnya, Samsung kembali menghadirkan One Invisible Connector, tetapi dengan desain baru yang lebih baik. Memanfaatkan satu kabel khusus, yang didesain dengan warna yang bisa memudahkan pemilik menyamarkannya di dinding, Samsung menyalurkan data tampilan dan daya ke TV dari control box khusus. Kabel ini memang lebih tebal dari kabel serupa yang digunakan di TV QLED Samsung generasi sebelumnya, tetapi kabel ini juga menyalurkan daya ke TV, berbeda dengan generasi sebelumnya di mana TV memiliki kabel power terpisah dari control box.

Control Box dari QA65Q9FN

Terkait control box untuk QA65Q9FN, Samsung memang mencoba untuk membuat TV mereka terlihat lebih rapi tanpa banyak kabel terhubung ke TV tersebut. Sebagai gantinya, mereka memusatkan semua konektor yang dibutuhkan untuk penunjang konektivitas TV QLED 2018 di sebuah box terpisah. Control box untuk QA65Q9FN ini berukuran cukup besar, tetapi memang mengusung banyak konektor, yang membuat TV QLED ini memiliki opsi konektivitas yang luas. Adapun konektor yang tersedia di control box tersebut adalah:

  • 1 One Connect (untuk menghubungkan control box ke TV)
  • 4 HDMI 2.0
  • 3 USB 2.0
  • 1 Ethernet
  • 1 S/PDIF Out/Digital Audio Output
  • 1 Antena In
  • 1 AC Input
  • 1 set AV Input
  • 1 Service Port

Hadirnya empat buah HDMI membuat TV QA65Q9FN ini bisa terhubung ke beberapa perangkat sekaligus, seperti ke game console, Blu-Ray player, set-top box, bahkan PC. Hal ini membuat pengguna seharusnya tidak akan kekurangan port untuk menghubungkan perangkat-perangkat yang mereka butuhkan ke TV. Tentu saja, sebagai sebuah TV, QA65Q9FN juga mendukung input dari antena, untuk TV Digital maupun TV Analog. Ada juga Ethernet, yang bisa digunakan untuk menghubungkan TV ke jaringan lokal melalui kabel. Terdapat juga 3 buah USB yang bisa digunakan untuk menghubungkan modem atau media penyimpanan data ke TV. Sementara untuk output audio, terdapat konektor S/PDIF Out/Digital Audio Output.

Paket Penjualan

Sesuai dengan ukurannya yang memang besar, dengan diagonal 65″, TV QLED Samsung QA65Q9FN ini tentu saja dikemas dalam sebuah boks dengan ukuran yang besar. Terlihat info beberapa fitur utama dari TV ditampilkan di boks tersebut. Ketika boks dibuka, terlihat styrofoam untuk pelindung unit TV selama berada di dalam boks. Styrofoam yang diberikan Samsung benar-benar menutup seluruh bagian TV, bukan hanya menyangga bagian-bagian samping dari TV, memberikan perlindungan yang lebih baik untuk unit TV. Selain unit TV, di dalam boks tersebut terdapat:

  • Stand
  • Remote Control
  • Baterai untuk Remote Control
  • Kabel Daya
  • Control Box (One Connect Box)
  • One Invisible Cable (sepanjang 5 meter)
  • Quick Installation Guide

Paket penjualan yang diberikan oleh Samsung untuk TV QA65Q9FN ini bisa dikatakan mencakup perlengkapan yang akan dibutuhkan untuk penggunaan standar TV tersebut. Bila perlengkapan tersebut masih belum sesuai dengan kebutuhan pengguna, misalnya untuk kabel yang lebih panjang atau jenis stand yang berbeda/wall-mount, pengguna harus membelinya secara terpisah. Namun, hal ini cukup wajar untuk sebuah TV.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4 5
Tags: