Intel Rilis Keluarga Prosesor Baru: Whiskey Lake & Amber Lake

Reading time:
August 29, 2018
Intel Whisky Lake Amber Lake PPT 01

Hari ini Intel mengumumkan kehadiran dua keluarga prosesor terbaru mereka untuk perangkat mobile dengan codename Whiskey Lake dan Amber Lake. Proses fabrikasi 14 nm yang telah digunakan sejak tahun 2014 tetap menjadi andalan Intel dalam menciptakan kedua prosesor tersebut. Tentu saja proses fabrikasi tersebut telah dioptimalkan lebih jauh lagi sehingga menghasilkan efisiensi kerja lebih baik. Intel juga membawa sejumlah perubahan menarik pada dua keluarga terbaru prosesor hemat daya mereka itu yang membuat kemampuan dan fitur laptop tipis dan laptop 2-in-1 masa depan yang akan menggunakannya menjadi lebih baik.

Fokus di Konektivitas

Intel Whisky Lake Amber Lake PPT 02

Peningkatan pada sisi konektivitas menjadi salah satu fokus Intel untuk prosesor baru ini. Intel tampaknya menyadari konektivitas canggih sangat dibutuhkan di era saat ini. Salah satu wujud dari peningkatan pada sisi konektivitas adalah hadirnya dukungan Gigabit WiFi dengan chip Intel Wireless-AC 9560 terintegrasi, yang bahkan mendukung bandwidth 160 MHz, di Whiskey Lake. Bahkan di dalam “package” prosesor Whisky Lake dan Amber Lake tersebut Intel juga menghadirkan dukungan untuk modem LTE.

Intel Whisky Lake Amber Lake Gigabit WiFi Test

Demo kemampuan Gigabit Wi-Fi oleh Intel memang menunjukkan hasil yang mengejutkan. Biasanya, kecepatan transfer data via Wi-Fi ac 80 MHz ada dikisaran 30-40 MBps. Sementara jika menggunakan Gigabit Wi-Fi 160 MHz, kecepatan transfer data dapat mencapai lebih dari 100 MBps.

Intel Whisky Lake Amber Lake PPT 04

Di Whiskey Lake, Intel juga menawarkan dukungan langsung untuk USB 3.1 Gen 2 (10 Gbps), Thunderbolt 3 (40 Gbps), serta Quad Core Audio DSP yang membuat pemrosesan perintah suara menjadi lebih baik. Dukungan untuk akselerasi storage Intel Optane juga tersedia di “System on Package” ini.

Intel Whisky Lake Amber Lake PPT 05

Menariknya, dengan “jeroan” lebih padat di “System on Package” baru ini, Intel tetap menjamin bahwa produk baru ini hemat daya, seperti pendahulunya. Bahkan, Intel berani menyebutkan bahwa perangkat dengan prosesor Whisky Lake dan Amber Lake dapat bertahan hingga 16 jam dengan tenaga baterai, saat menikmati konten video. Daya tahan hingga 19 jam pun juga mungkin dicapai jika produsen menggunakan komponen pilihan yang hemat daya untuk produk laptop mereka seperti penggunaan low power screen dengan daya 1-2 Watt.

6 Prosesor Baru, Core i U & Y Series

Pada peluncuran kali ini, secara total terdapat enam buah prosesor Core 8th Gen “Whiskey Lake” dan “Amber Lake”. Whiskey Lake merujuk ke prosesor Core i 8th Gen U Series terbaru yang akan menggantikan Kaby Lake-R. Sementara Amber Lake merujuk ke Core 8th Gen Y Series penerus Core 7th Gen Y Series “Kaby Lake”  Berikut ini adalah jajaran prosesor baru tersebut:

Intel Whisky Lake Amber Lake PPT 03

Intel menyebutkan bahwa prosesor Whiskey Lake dan Amber Lake ini akan hadir dalam laptop yang akan dirilis dalam waktu dekat ini. Mengingat di minggu ini digelar pameran teknologi akbar IFA 2018 di Berlin, Jerman, bisa jadi akan ada sejumlah laptop dari produsen ternama yang dipamerkan ke hadapan publik di ajang tersebut. Berdasarkan apa yang disebutkan oleh Intel saat mengumumkan hadirnya prosesor baru ini, produk dengan kedua keluarga prosesor baru ini akan mulai bisa didapatkan paling cepat bulan September 2018 mendatang.

Intel Whisky Lake Amber Lake PPT 06

Intel juga menyebutkan untuk memudahkan pengguna membedakan laptop Core 8th Gen Whisky Lake serta Amber Lake dengan Kaby Lake-R, bersama logo juga akan disertakan tulisan “Optimized for Connectivity”.

Intel Whisky Lake Amber Lake PPT 07

Hadirnya prosesor Core 8th Gen Whisky Lake dan Amber Lake ini tampaknya akan membuat konektivitas Gigabit Wi-Fi 160 MHz semakin merakyat. Prosesor kencang tidak akan sempurna jika konektivitasnya tidak kencang juga bukan?! Bukan tidak mungkin hal ini juga akan mendorong makin banyak dan beragamnya perangkat jaringan yang mendukung Gigabit Wi-Fi 160 MHz sehingga membuat harganya kian ekonomis.

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 7, 2024 - 0

Review MSI Prestige 13 AI EVO A1M: Laptop AI PC Super Tipis, Ringan, Kencang & Irit!

Kali ini kita kedatangan salah satu “AI PC” dari MSI.…
March 6, 2024 - 0

Review Axioo Hype 5 AMD: Laptop 5 Jutaan Sekencang & Selengkap Ini?

Laptop murah yang harganya 5 jutaan ini ternyata kuat juga…
March 5, 2024 - 0

Review ASUS Vivobook Pro 16X OLED K6604: Laptopnya Kreator Profesional!

Laptop ini cocok banget untuk cari duit terlebih bagi kalangan…
February 6, 2024 - 0

Rekomendasi Laptop Premium dari HP – Mulai 10 Jutaan

Di Video rekomendasi kali ini, kami coba pilihkan untuk kalian…

Gaming

March 7, 2024 - 0

Bukan CGI, Dragon’s Dogma 2 Gunakan Video Daging Asli untuk Animasi Memasak

Apalah arti sebuah game petualangan yang tidak mampu memberikan Anda…
March 7, 2024 - 0

Frostpunk 2 Rilis Juli 2024

Membangun kota seindah dan seefektif mungkin, menatanya serapi yang Anda…
March 7, 2024 - 0

The First Berserker: Khazan Pamer Gameplay Baru, Rasa Souls

Sulit untuk membantah bahwa teaser perdananya di The Game Awards…
March 7, 2024 - 0

Persona 3 Reload Dapat “The Answer”, Rilis Berbayar di September 2024

Apa yang berhasil dilakukan oleh ATLUS dan tim Persona dengan…