in: News | August 27, 2018 | by: Tim Jagat Review

Intel Tampilkan Info Xeon Terbaru “Cascade Lake” di Hotchip 2018

Intel dikenal juga akan processor Intel Xeon miliknya yang hadir diberbagai server dan data center. Pada tahun 2017 lalu Intel telah memperkenalkan Intel Xeon Scalable dengan arsitektur Skylake SP yang memperkenalkan desain CPU baru dengan konfigurasi tertinggi mencapai 28 core.

Pada ajang Hot Chips Symposium 2018, Intel dilaporkan telah menampilkan informasi baru tentang processor Intel Xeon Scalable generasi kedua dengan arsitektur Cascade Lake yang merupakan optimalisasi dari Intel Xeon Scalable generasi pertama Skylake SP.

Secara kasat mata tidak banyak perubahan dari Intel Cascade Lake dibandingkan Skylake SP sebelumnya dengan tetap menggunakan fabrikasi 14nm++ dan konfigurasi tertinggi mencapai 28 core. Intel memfokuskan kepada peningkatan clockspeed dengan tetap menghadirkan dukungan dengan motherboard socket LGA-3647 (platform Purley) yang digunakan sebelumnya.

Walaupun tidak banyak perubahan dalam sisi arsitektur, namun Intel menjelaskan Intel Cascade Lake akan lebih andal untuk kegiatan Deep Learning. Hal tersebut berkat penambahan set intruksi Vector Neural Network Instruction (VNNI) pada instruksi AVX 512 saat ini. Kehadiran VNNI akan meningkatkan akselerasi operasi 8-bit dan 16-bit yang digunakan untuk kegiatan Deep Learning.

Selain itu, Intel juga mengumumkan dukungan Intel Optane DC Persistent Memory yang bisa menambah kapasitas total RAM server hingga 3TB per socket di Intel Cascade Lake dan juga telah menjamin perlindungan Spectre dan Meltdown secara hardware dan firmware. Intel merencanakan akan merilis Intel Xeon berbasis Cascade Lake di kuartal ke empat 2018.

Tags:

Share This: