in: News | August 11, 2018 | by: Tim Jagat Review

Intel Tampilkan SSD Berbentuk “Penggaris” 30cm

Intel selain terkenal sebagai produsen processor juga dikenal akan produk SSD. Selain menghadirkan produk SSD untuk consumer, Intel juga menghadirkan jajaran produk SSD miliknya untuk server dan data center.

Belum lama ini, Intel dikabarkan telah menghadirkan SSD Intel DC P4500 terbaru. SSD tersebut tampil berbeda dari bentuk SSD pada umumnya yang memiliki form-factor seperti SSD 2.5 inch atau SSD M.2 NVMe. SSD Intel DC 4500 hadir dalam form factor yang Intel sebut sebagai “Ruler”.

SSD ini hadir dalam bentuk memanjang seperti layaknya penggaris dengan dimensi 12 x 1.5 x 0.3 in (30.5 x 3.8 x 0.8 cm). Walau memiliki ukuran yang mini, namun Intel DC P4500 hadir dengan kapasitas 32TB yang menargetkan pangsa pasar utama untuk server dan data center. Intel menyebutkan, dengan menggunakan Intel DC 4500 perusahaan bisa menghadirkan hingga kapasitas storage 1 PB (Petabyte) dalam satu server 1U saja.

Intel DC 4500U sudah menggunakan teknologi 3D NAND 64 layer terkini yang digunakan juga di SSD Intel terbaru lainya. Intel menyebutkan SSD ini tidak perlu pendingin khusus, mengingat SSD ini masih bisa bekerja dengan baik walau dengan keadaan airflow setengah dari yang digunakan di hard disk biasa.

Sementara ini, belum ada info mengenai kecepatan atau harga Intel DC 4500U.

Tags: