in: News | August 30, 2018 | by: Dian Syarifuddin

Lebih Bertenaga, WD Hadirkan WD Black NVMe SSD dengan Kapasitas 1 TB

WD (Western Digital) Indonesia pada Rabu kemarin (29/08), secara resmi memperkenalkan keluarga terbaru dari varian WD Black, yaitu WD Black NVMe SSD. Varian storage yang terkenal dalam menawarkan performanya ini hadir lebih kencang dibandingkan WD Black NVMe SSD generasi sebelumnya yang diperkenalkan pada Januari 2017 lalu.

Hadir dengan form factor M.2 2280, WD Black NVMe SSD ini siap untuk menampung beberapa game populer atau game eSports yang tengah populer saat ini. Harianto Karim, selaku Sales Manager Channel Western Digital, mengatakan bahwa performa yang ditawarkan WD Black NVMe SSD terbaru ini sangat ideal untuk sistem PC gaming.

Selain dapat menampung beberapa game yang membutuhkan kapasitas besar, WD Black NVMe SSD berkapasitas 1 TB juga sangat bisa diandalkan sebagai performance booster. Salah satu efek perbedaan besar jika dibandingkan dengan HDD adalah kecepatannya saat menjalankan game, terutama dalam hal loading game. Tim JagatReview yang ditunjuk oleh pihak WD untuk menunjukkan demonstrasi terhadap WD Black NVMe SSD, memperlihatkan perbedaan loading time game Call of Duty Modern Warfare 3.

Saat didemonstrasikan, waktu loading yang ditunjukkan HDD saat menjalankan game tersebut memakan waktu hingga 39 detik. Sedangkan pada WD Black NVMe SSD hanya memakan waktu hanya 7 detik. Jelas perbedaan loading game tersebut sangat signifikan.

Performa yang ditawarkan WD Black NVMe SSD ini adalah 3400 MB/s untuk sequential Read dan 2800 MB/s untuk sequntial Write. Yang membedakan WD Black NVMe SSD ini dengan generasi sebelumnya adalah penggunaan kontroler yang dirancang oleh WD sendiri serta chip 3D NAND. SSD ini memanfaatkan jalur M.2 PCIe Gen3 X4. Buat yang penasaran seperti performa dari WD Black NVMe SSD ini, kamu bisa langsung menyimaknya di sini.

WD memberikan masa garansi selama 5 tahun untuk WD Black NVMe SSD ini. SSD ini tersedia dalam tiga pilihan kapasitas, di antaranya 250 GB (Rp1,6 juta), 500 GB (Rp3,1 juta) dan 1 TB (Rp5,4 juta).

Tags: