Warning: count(): Parameter must be an array or an object that implements Countable in /home2/jagatrev/public_html/wp-includes/post-template.php on line 284
in: Graphics Card - Highlights | August 24, 2018 | by: Alva "Lucky_n00b" Jonathan

Preview Tampilan Visual 6 RTX Games pada GeForce RTX ‘Turing’

GeForce RTX ‘Turing’ datang menjanjikan performa tinggi dan juga kualitas visual yang berbeda dari generasi sebelumnya. Secara spesifik, NVIDIA mengatakan bahwa GeForce RTX dapat melakukan real-time ray-tracing, yang sulit dikerjakan oleh generasi sebelumnya (karena performa generasi terdahulu tidak cukup). GeForce RTX hadir dengan dengan shader unit yang telah diperbarui, dan juga tambahan dedicated processing unit seperti RT Core dan Tensor Core, dan hal tersebut dipercayai dapat membuat GeForce RTX mampu memberikan tampilan visual yang sulit dilakukan generasi sebelumnya.

Namun, perlu diingat bahwa GeForce RTX TIDAK akan membuat aplikasi/game Anda terlihat bagus secara otomatis, karena butuh effort dari developer game/aplikasi untuk memanfaatkan berbagai kemampuan GeForce RTX. Aplikasi yang tidak secara khusus diprogram untuk memanfaatkan GeForce RTX, tidak akan mendapat tampilan  visual berbeda.

Untuk mempermudah para developer memanfaatkan GeForce RTX secara maksimal(setidaknya dari segi visual), NVIDIA menyediakan RTX Platform, yang menyediakan berbagai software tool (API, SDK, etc). NVIDIA menyebut Game yang dikembangkan dalam RTX Platform ini sebagai  ‘RTX Games‘.

RTX Games: Game yang khusus dioptimalkan untuk Memanfaatkan GeForce RTX

Pada ajang NVIDIA Editor’s Day yang mengundang berbagai Media IT dan Analyst dari seluruh Dunia beberapa hari lalu, NVIDIA mengundang beragam developer game untuk memamerkan tampilan game mereka, saat menggunakan fitur-fitur dari GeForce RTX. Kami ingin memperlihatkan pada Anda tampilan visual beberapa game tersebut saat menggunakan fitur GeForce RTX.

Catatan tambahan:

  • Kebanyakan dari game-game ini belum rilis, BELUM TENTU hasil akhirnya akan seperti yang terlihat. Anggap ini sebuah Preview.
  • NVIDIA mengatakan bahwa detail gambar dan juga implementasi fitur-fitur GeForce RTX sepenuhnya diserahkan pada developer, NVIDIA hanya menyediakan tool untuk membantu development
  • Belum ada kejelasan mengenai seberapa jauh performance hit yang terjadi saat fitur-fitur RTX dinyalakan
  • Gambar ini diambil dengan kamera, bisa jadi ini tidak sepenuhnya menunjukkan perbedaan yang ada in-game, apalagi saat gambarnya bergerak, dan dilihat dari sudut pandang si player.

 

*Klik untuk memperbesar gambar

Game 1: Shadow Of The Tomb Raider

 

*Klik untuk memperbesar gambar

RTX OFF

*Klik untuk memperbesar gambar

RTX ON

Nampak jelas di implementasi pada Shadow of The Tomb Raider, pencahayaan yang ada saat Fitur RTX dinyalakan menjadi lebih realistik, terutama di shadow-nya

Game 2: Battlefield V

*Klik untuk memperbesar gambar

RTX OFF

*Klik untuk memperbesar gambar

RTX ON

Pada salah satu demo di Battlefield V, nampak kalau reflection di bagian kaca (dan pada beberapa bagian senjata) menunjukkan detail lebih banyak dari flamethrower tank yang sedang menembak di posisi sebelah player-nya. Contoh lebih jelasnya bisa dilihat di bawah ini

*Klik untuk memperbesar gambar

 

Game 3: Metro Exodus

RTX OFF

*Klik untuk memperbesar gambar

 

*Klik untuk memperbesar gambar

RTX ON

Implementasi pada Metro Exodus agak lebih sulit terlihat pada demo yang diberikan(dan scene-nya memang gelap), namun jika Anda melihat pada bagian jendela di RTX OFF, pencahayaan pada bagian tersebut nampak sedikit ‘kurang akurat’, dan bayangan kaki meja-nya pada RTX ON menunjukkan efek soft shadow yang lebih realistik.

Mungkin contoh jelasnya bisa lebih terlihat pada:

*Klik untuk memperbesar gambar

 

Game 4: Control

Game selanjutnya adalah CONTROL dari Remedy Entertainment, dan developer-nya nampak lebih memberi penjelasan mendetail mengenai Efek RTX di game mereka:

RTX OFF

*Klik untuk memperbesar gambar
*Klik untuk memperbesar gambar

RTX ON

 

RTX OFF

*Klik untuk memperbesar gambar
*Klik untuk memperbesar gambar

RTX ON

Penggunaan Ray-tracing di CONTROL digunakan untuk memberikan reflection dan juga shadow  yang lebih akurat.

 

Game 5: MechWarrior 5

 

RTX OFF

*Klik untuk memperbesar gambar
*Klik untuk memperbesar gambar

RTX ON

Pada demo Mechwarrior 5 nampak saat fitur RTX aktif, refleksi bagian lain pada hangar tersebut terlihat pada genangan air di lantainya

 

Game 6: Asetto Corsa Competizione

Pada game berikutnya, Asetto Corsa Competizione nampak memiliki target yang jelas dalam implementasi fitur RTX, yakni di bagian reflection dan juga Lighting.

 

RTX OFF

*Klik untuk memperbesar gambar

 

*Klik untuk memperbesar gambar

RTX ON

 

*Klik untuk memperbesar gambar

RTX OFF

*Klik untuk memperbesar gambar

RTX ON

 

Bonus: Ilustrasi RTX OFF vs RTX ON versi penulis:

Kesan

Seperti yang bisa Anda saksikan di atas, implementasi fitur RTX pada beberapa RTX game memberikan  tambahan detail visual ekstra, yang nampak difokuskan pada akurasi Lighting/pencahayaan(termasuk shadow), lalu Reflection/Refraction yang terjadi antar objek di game. Para game developer ini juga menambahkan bahwa rendering objek transparan seperti kaca, gelas, dan lain sebagainya akan bisa dikerjakan lebih akurat.

Ini menunjukkan bahwa bahwa fokus dari RTX games adalah meningkatkan realisme dan akurasi rendering karena mereka mencoba mensimulasikan bagaimana cahaya bekerja layaknya pada dunia nyata. Namun, perlu diingat, akurasi ekstra tidak selamanya akan dihargai gamer.

Meski bukan gamer yang aktif bermain game, kami sering menjumpai bahwa adakalanya akurasi akan ‘mengganggu’ permainan. Misal: ada game competitive shooter yang memang scene-nya cukup gelap, dan fitur RTX mungkin akan membuat area gelap, lebih gelap lagi. Pastinya gamer-gamer tersebut akan rela mematikan fitur RTX, dan tidak peduli dengan realisme, yang penting mereka bisa melihat objek di game dengan jelas (seberapa tidak akuratnya pun itu).

Kami sendiri berharap bahwa akurasi dan realisme dari fitur-fitur GeForce RTX ini diimplementasikan dengan fokus meningkatkan competitiveness si gamer, misalnya dengan fitur RTX gamer jadi bisa melihat bayangan/refleksi musuhnya di satu sudut ruangan, dan di sana menggunakan fitur RTX pastinya membuat gamer dengan fitur RTX lebih kompetitif dan lebih aware dengan situasi sekitarnya.

(Walau di satu sisi lain, kami melihat bahwa kalau developer memilih implementasi seperti ini, banyak gamer yang ‘protes’ karena membuat game-nya seakan pay-to-win :p)

Dalam beberapa bulan ke depan, kita akan bisa lebih banyak melihat implementasi kualitas visual yang dihasilkan dari para developer game yang mengaplikasikan fitur RTX, dan mungkin kita akan bisa melihat detail lebih banyak mengenai hal itu nantinya.

Mana fitur RTX yang menurut Anda paling akurat? Silahkan sampaikan di kolom komentar di bawah 😉

Sampai jumpa di artikel GTX Turing selanjutnya!

 

 

 

 

Baca Juga:

Lebih Dekat dengan GeForce RTX Turing

 

Mengenal GeForce RTX Turing Founders Edition: Pre-Overclocked

 

Performance Preview: RTX 2080 vs GTX 1080

Tags: