in: Highlights - Notebook / Laptop | August 24, 2018 | by: Gatot Tri Yuwono

Review Notebook Gaming: ASUS ROG STRIX GL504GS Scar II

Konsumsi Daya

Note: Total system power consumption (In Watts) | Discrete Mode

Battery Life

Setting: Windows Power Option – Balanced | Windows Brightness – 50% | Speaker Volume – 25 % | Airplane Mode – On (Video Playback) | WiFi On & Bluetooth Off (YouTube)

Tanpa fitur NVIDIA Optimus, durasi pemakainan ROG STRIX GL504GS Scar II dengan tenaga baterai menjadi sangat singkat. Bahkan untuk skenario non-gaming ROG STRIX GL504GS Scar II hanya mampu bertahan selama 2 jam saja. Ini berarti perangkat power adapter harus selalu dibawa dan dipasang untuk pemakaian lebih dari 2 jam. Sayang sekali dengan waktu pemakaian seperti itu, durasi pengisian baterai justru memakan waktu lebih lama.

Perlu diperhatikan pengujian di atas menggambarkan skenario daya tahan baterai untuk aktivitas yang dilakukan secara terus menerus tanpa henti. Untuk aktivitas yang dilakukan tidak secara terus menerus dengan memberikan jeda, daya tahan baterai seharusnya dapat bertahan lebih lama. Pengaturan tingkat kecerahan lebih rendah seharusnya dapat membuat daya tahan baterai bertambah lebih panjang lagi.

Kesimpulan

Core i7 8750H – Meskipun hasil uji kami di “Performance Consistency with Cinebench R15” tidak sebaik ROG Zephyrus M GM501S yang memiliki harga setara, performa Core i7 8750H di ROG STRIX GL504GS SCar II tetap menunjukkan hasil yang memuaskan. Terlebih lini produk laptop gaming GL Series memang diposisikan di bawah GX Series. Di pengujian kami, Core i7 8750H kedua laptop gaming tersebut tampak bersaing sengit memperebutkan posisi paling depan.

Dengan DUA BELAS thread, Core i7 8750H membuat ROG Zephyrus M GM501S sangat ideal dalam menangani komputasi modern yang membutuhkan prosesor dengan kemampuan tinggi. Membuatnya cocok untuk mereka yang berkutat di dunia 3D-modelling, editing kelas profesional untuk gambar/video/audio, pembuatan animasi, CAD, dan masih banyak lagi. SSD PCIe sebagai storage utama pun membuat kemampuan Core i7 8750H kian optimal yang disempurnakan kapasitas memori/RAM yang masif dan kencang dengan konfigurasi dual channel memory. Laptop gaming terasa responsif dan gesit saat digunakan dengan waktu loading data ukuran masif yang cepat.

GTX 1070 – Besarnya tenaga GTX 1070 membuat ROG STRIX GL504GS Scar II siap menjalankan game eSport FPS dengan tingkat frame rate di atas 100 fps tanpa perlu mengorbankan terlalu banyak kualitas visual game itu sendiri. Terlebih laptop gaming ini datang dengan resolusi layar Full HD membuat GTX 1070 lebih mudah menghasilkan frame rate “tiga digit”. Tingkat frame rate setinggi itu sangat ideal dengan digunakannya layar 144 Hz yang membuat pengalaman memainkan game semakin sempurna dengan tampilan animasi pergerakan yang lebih mulus.

GTX 1070 memang membuat ROG STRIX GL504GS Scar II siap menjalankan game modern terbaru sekalipun dengan lancar di tingkat kualitas visual maksimal, tidak hanya di game eSport FPS saja. Kapasitas masif memori/VRAM 8 GB pun membuat ROG STRIX GL504GS Scar II siap menangani game yang memakan banyak tempat di dalam chip GDDR5. Dan tentu saja ROG STRIX GL504GS Scar II siap menjadi sistem untuk menampilkan konten VR (Virtual Reality) secara sempurna, yang dapat dibawa kemana saja dengan mudah.

Overall – Saat tulisan ini diturunkan, laptop gaming ASUS ROG STRIX GL504GS Scar II dijual pada kisaran harga Rp. 40.299.000,- dengan menyertakan sistem operasi Windows 10. Untuk spesifikasi yang ditawarkan, harga ROG STRIX GL504GS Scar II masih tergolong masuk akal terlebih dengan segala kelebihan serta fitur unggulan yang ia tawarkan. Akan tetapi cukup disayangkan, ROG Zephyrus-M GM501S adalah kompetitor sangat kuat bagi ROG STRIX GL504GS Scar II dengan harga jual yang sama. Terlebih ROG Zephyrus-M GM501S menghadirkan keunggulan seperti bodi jauh lebih tipis dari bahan alumunium, layar dengan NVIDIA G-Sync, konektor USB 3.1 Gen 2 (10 Gbps) lebih banyak, konektor Thunderbolt 3, serta “Performance Consistency with Cinebench R15” lebih baik di pengujian kami. Memori/RAM ROG Zephyrus-M GM501S memang tidak sebesar ROG STRIX GL504GS Scar II tetapi masih dapat ditambahkan kemudian hari. Walaupun begitu, ROG STRIX GL504GS Scar II juga datang dengan keunggulan yang kami sukai seperti bodi lebih ringkas berkat bingkai layar lebih tipis, bahan bodi yang sulit ditinggali jejak bekas sentuhan, desain bodi yang menurut kami lebih keren, dan juga konfigurasi empat antena Wi-Fi untuk konektivitas lebih baik. Jadi mana yang terbaik?! Kami serahkan pilihannya kepada Anda keunggulan laptop gaming mana yang lebih dibutuhkan atau diinginkan.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4 5 6 7
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES