in: Storage Devices | August 9, 2018 | by: Dian Syarifuddin

Review Storage: SSD Apacer AS2280P2 480GB

SSD dengan teknologi NVMe (Non Volatile Memory Express) memang menawarkan performa yang sangat kencang dibanding SSD konvensional berbasiskan SATA. Tak salah jika banyak para konsumen yang beranggapan bahwa SSD berbasiskan NVMe tergolong masih mahal di pasaran. Apacer sebagai salah satu produsen storage tampaknya ingin mencoba menampik anggapan para konsumen dengan menghadirkan sebuah SSD berteknologikan NVMe dengan harga yang lebih bersahabat. Produsen asal Taiwan ini menghadirkan SSD Apacer AS2280P2. Seperti apa performa yang ditawarkan SSD terbaru dari Apacer ini? Berikut ulasan lengkapnya kami hadirkan untuk Anda.

Paket Penjualan

Apacer AS2280P2 yang mampir ke meja pengujian kami ini memiliki kapasitas 480 GB. SSD ini dikemas dengan box cukup mungil. Dan berikut adalah paket penjualan dari SSD Apacer AS2280P2.

Box tampak depan
Box tampa belakang
Unit SSD Apacer AS2280P2

Apacer AS2280P2

SSD Apacer AS2280P2 sempat mengingatkan kami pada SSD milik Apacer yang sudah kami ulas sebelumnya, yaitu Apacer Z280. SSD ini hadir dengan form factor M.2 2280 sehingga bisa digunakan pada sistem PC yang menyediakan slot sesuai dengan form factor SSD ini. Apacer mendesain varian SSD barunya ini tampak cukup polos di salah satu sisinya dan tidak menyertakan encasing atau heatsink untuk mendinginkan suhu pada kontroler dan flash NAND yang diusungnya.

Dengan tampilan yang polos tersebut, tentunya Anda bisa mengetahui secara langsung tampilan dari kontroler dan flash NAND yang digunakan SSD Apacer AS2280P2 ini. SSD ini memanfaatkan interface PCIe Gen 3 x2. Apacer AS2280P2 dilengkapi dengan kontroler Phison PS5008-E8 yang merupakan kontroler yang dirancang khusus oleh Phison untuk SSD entry-level dan sudah mendukung protokol NVMe. Flash NAND yang digunakan SSD terbaru Apacer ini tipe 3D TLC. Dengan spesifikasi yang ditawarkannya, SSD ini mampu memberikan performa Read hingga 1580 MB/s dan 950 MB/s untuk Write-nya.

Dengan kontroler Phison PS5008-E8 yang digunakan, Apacer AS2280P2 memiliki beberapa fitur unggulan seperti SMART, Smart ECC (Error Correcting Code) dan proteksi end-to-end. SSD yang memiliki masa garansi 3 tahun ini memiliki angka MTBF (Mean Time Before Failure) hingga 1,5 juta jam. Sudah penasaran seperti apa hasil performa yang kami peroleh saat menguji SSD dari Apacer ini? Langsung saja simak di halaman berikut.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3
Tags: