in: Highlights - Storage Devices | August 27, 2018 | by: Dian Syarifuddin

Review Storage: WD Black NVMe SSD 1TB

Sejak mengakuisisi SanDisk, Western Digital (WD) terus menambah koleksi media penyimpanan berbasis NAND, yakni SSD (Solid State Drive). Di tahun ini, produsen storage ternama asal Amerika Serikat tersebut kembali menambah keluarga terbaru SSD, yang kali ini datang dari seri WD Black. Tepat pada April 2018 lalu, kami sempat kedatangan SSD WD Black yang merupakan generasi pertamanya. Melalui SSD WD Black yang datang ke lab kami ini, sang produsen melakukan pembaruan, terutama dari segi spesifikasinya yang kini telah dibenamkan chip 3D NAND serta penggunaan kontroler baru. Penasaran seperti apa performa dari SSD WD Black ini? Berikut ulasan lengkapnya kami hadirkan ke hadapan Anda.

Paket Penjualan

Kemasan tampak depan
Kemasan tampak belakang
Kelengkapan paket penjualan

 

Bersama unit SSD-nya, paket penjualan dari SSD WD Black yang kami terima ini hanya disertai dengan buku informasi garansi.

WD Black NVMe SSD 1TB

WD akhirnya resmi menghadirkan kembali SSD berbasiskan chip 3D NAND ke salah satu variannya, yaitu WD Black. SSD yang ditujukan untuk kelas high-end consumer mengalami perubahan spesifikasi dibanding SSD WD Black generasi pertama yang sudah sempat kami bahas. Bila SSD WD Black generasi pertama menggunakan chip TLC NAND planar 15nm, pada SSD WD Black terbaru kali ini menggunakan chip 3D NAND TLC SanDisk 64-layer.

SSD WD Black terbaru ini juga menggunakan kontroler yang berbeda dibanding generasi sebelumnya. Jika SSD WD Black terdahulu menggunakan kontroler dari Marvell 88SS1093, kali ini sang produsen menyematkan kontroler besutan WD sendiri dengan nama Western Digital in-house. Dengan perbedaan spesifikasi yang diusung SSD WD Black terbaru ini, performa yang ditawarkannya pun berbeda signifikan dengan SSD WD Black generasi pertamanya. Pihak WD mengklaim bahwa SSD WD Black dengan chip 3D NAND ini menawarkan kecepatan sequential Read hingga 3400 MB/s dan 2800 MB/s untuk sequential Write. Kemampuan yang ditawarkan SSD tersebut tentu berkat spesifikasi, jalur M.2 PCIe dan protokol NVMe.

SSD WD Black terbaru ini tersedia dalam tiga pilihan kapasitas, mulai dari 250 GB, 500 GB dan 1 TB. Untuk SSD WD Black berkapasitas 1 TB yang mampir di meja pengujian kami ini diklaim memiliki daya tahan hingga 600 TBW. Mulai penasaran dengan hasil pengujian yang kami lakukan pada SSD WD Black berbasis 3D NAND ini? Berikut hasil pengujiannya.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3
Tags: