in: News | August 31, 2018 | by: Dian Syarifuddin

Samsung Hadirkan SSD Portabel Baru Berbasis NVMe

Sebagaimana kita ketahui, Samsung juga merupakan salah satu produsen elektronik yang memiliki banyak fasilitas pengembangannya. Selain sukses di industri smartphone, produsen ternama dunia asal Korea Selatan ini juga tergolong sukses di industri penyedia media penyimpanan berbasis NAND, yaitu SSD. Hampir semua seri SSD yang ditujukan untuk konsumen dari Samsung cukup laris di pasaran.

Meski sukses di ranah persaingan SSD, Samsung tampaknya tetap tak mau berdiam diri. Inovasi terus dilakukan oleh mereka dengan menghadirkan produk baru, salah satunya adalah Samsung SSD X5. SSD yang dirancang untuk pengguna bermobilitas tinggi ini merupakan keluarga terbaru dari lini SSD portabel Samsung T5.

SSD Samsung X5 dirancang menggunakan protokol NVMe (Non Volatile Memory Express) serta memanfaatkan teknologi Thunderbolt 3. Teknologi tersebut memiliki bandwidth 40Gbps, 4 kali lebih cepat dari USB 3.1. Dengan begitu, SSD Samsung X5 ini menawarkan performa kecepatan Read mencapai hingga 2800 MB/s dan diklaim memiliki kecepatan 5.2 kali lebih cepat dari SSD eksternal milik Samsung sebelumnya. Sedangkan kemampuan Write yang ditawarkan mencapai hingga 2300 MB/s.

Dr. Mike Mang selaku Vice President of Brand Product Marketing, Memory Business Samsung Electronics mengatakan, “Sebagai penyedia sekaligus memimpin dalam menawarkan solusi storage berkinerja tinggi, kami sangat semangat untuk melanjutkan kesuksesan kami di ranah persaingan SSD eksternal dengan memperkenalkan SSD Samsung X5, yang merupakan SSD eksternal pertama Samsung dengan Thunderbolt 3“.

Tidak hanya menawarkan performa tinggi saja, SSD Samsung X5 ini dikemas dengan body bermaterial metal dengan rangka di dalam yang melindungi komponen dari SSD tersebut. Pihak Samsung mengklaim bahwa SSD Samsung X5 ini tahan terhadap guncangan atau jatuh dari ketinggian sekitar 180 cm. SSD ini juga telah dilengkapi dengan Dynamic Thermal Guard yang merupakan sistem pendingin khusus untuk SSD yang dirancang oleh Samsung. Tidak ketinggalan, SSD ini juga dilengkapi dengan AES 256-bit enkripsi berbasis hardware.

Samsung juga menyediakan beberapa pendukung untuk SSD Samsung X5 ini, berupa Samsung Portable SSD Software. Rencananya, Samsung X5 ini akan mulai tersedia secara global pada 3 September 2018. Tersedia tiga pilihan kapasitas, mulai dari 500 GB, 1 TB dan 2 TB. Soal harga, Samsung membanderolnya mulai dari USD 399 untuk 500 GB, USD 699 untuk 1 TB dan USD 1399 untuk yang berkapasitas 2 TB.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES