in: News | August 30, 2018 | by: Tim Jagat Review

Ternyata Monitor FreeSync Bisa Aktif di Kartu Grafis GeForce dengan Mudah

Dalam bermain game, faktor penting  tidak hanya performa berdasarkan fps (frame per second), namun juga harus memperhatikan pengalaman dalam bermain game. Untuk itu, baik AMD dan Nvidia sama-sama menciptakan solusi monitor anti stuttering dan tearing,. AMD menamakannya sebagai FreeSync dan G-Sync untuk Nvidia. Sayangnya dalam hal harga, monitor G-Sync memiliki harga lebih mahal, mengingat menggunakan modul tambahan yang tidak ditemui di monitor FreeSync.

Namun kabarnya, pengguna kartu grafis GeForce bisa menggunakan monitor FreeSync. Info ini berhasil didapat dari Redditor “bryf50” yang telah menguji di kartu grafis GeForce dan mendukung untuk kartu grafis berbasis “Maxwell” dan “Pascal”.

Dalam thread milik bryf50 dijelaskan, monitor FreeSync bisa digunakan dengan syarat harus dipasangkan dengan kartu grafis Radeon atau processor APU yang mendukung FreeSync. Nantinya konektor display dihubungkan ke kartu grafis Radeon. Dengan sedikit konfigurasi, pengguna bisa mengalihkan game yang dimainkan ke kartu grafis GeForce.

Apabila diteliti lebih lanjut, apa yang dilakukan oleh Redditor ini memanfaatkan fitur AMD Enduro yang sebelumnya digunakan di laptop yang menggunakan AMD APU, dimana IGP di APU berperan untuk display utama ke layar dan kartu grafis dedicated berperan sebagai pembantu saat digunakan aktivitas berat seperti gaming.

Namun berdasarkan laporan user lain belum semua game yang mendukung cara di atas ini dengan baik.  Beberapa game ternyata justru mengalami penurunan performa.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES