in: Events - News | September 20, 2018 | by: Irham

Alibaba dan OBS Umumkan “OBS Cloud”, Era Baru Siaran Langsung Olahraga

Selain mengumumkan roadmap untuk lima tahun kedepan, Alibaba group juga mengumumman kerjasama dengan pionir teknologi, yaitu dengan OBS dan juga Intel. Alibaba cloud menggandeng OBS (Olympic Broadcasting Service), meluncurkan OBS Cloud untuk kerjasama penyiaran event Olimpiade di tahun 2020 mendatang yang akan digelar Tokyo. OBS Cloud diklaim akan menjadi solusi penyiaran terbaru dengan teknologi cloud, untuk membantu penyiaran di era digital saat ini. Solusi cloud ini juga akan menjadi pengubah tren industri penyiaran, sebagaimana telah digunakan pada platform broadcast dan konten kreator.

Teknologi ini tentu akan sangat berguna untuk siaran langsung olahraga, dimana kebutuhan akan volume data, kecepatan dan latency sangatlah tinggi. Alibaba melihat saat ini event olahraga sangat digemari masyarakat di seluruh dunia, yang dapat dilihat dari antusias masyarakat dunia pada dua event olahraga internasional terakhir, yaitu Piala Dunia 2018 di Rusia dan Asian Games 2018 di Jakarta.

Penggunaan cloud, selain secara sistem penyiaran menjadi lebih reliable  juga dapat digunakan sebagai tools bagi broadcaster untuk menyiapkan kebutuhan penyiaran dengan waktu singkat. Biasanya, ini baru dapat dilakukan oleh broadcaster setelah tiba di lokasi, dimana broadcaster akan menyiapkan sistem, menguji, dan mengatur tugas sistem penyiaran tersebut.

Manfaat lain broadcaster dapat melakukan uji program baru di lingkungan yang aman, serta dapat menghadirkan pengalaman lebih interaktif dalam mengembangkan penyiaran ke arah yang lebih digital selama event Olimpiade berlanngsung. Setelah itu broadcaster bisa menyimpan dokumentasi penyiaran secara pribadi atau di OBS Cloud untuk kebutuhan event di waktu mendatang.

Secara infrastruktur OBS Cloud ini ditopang dengan teknologi komputasi prosesor muktahir Intel Xeon, yang akan mengakomodir kebutuhan sistem dengan skala super besar, konektivitas cepat, serta akses mudah ke cloud untuk demand penyiaran seperti realtime monitoring, live video & audio broadcasting, serta media processing.

“Kami sangat senang bahwa Alibaba Cloud telah datang dengan pendekatan yang inovatif dan kuat untuk penyiaran Olimpiade ini. Sebagai penyelenggara siaran Olimpiade, kami di OBS melihat diri kami sebagai pemimpin dalam mengubah industri media, ”kata Yiannis Exarchos, CEO OBS.

“Tokyo 2020 akan menjadi kesempatan bagi Komite Olimpiade Internasional untuk memperjuangkan transformasi digital di industri media, serta memberdayakan lembaga penyiaran di seluruh dunia dengan platform cloud yang memberikan kemungkinan baru untuk bagaimana Olimpiade dinikmati oleh penggemar di seluruh dunia,” lanjutnya.

Tags:

Comments

RANDOM ARTICLES