in: Motherboard | September 21, 2018 | by: Chandra Wijaya

Hands-On Motherboard ASRock B450 Pro4

BIOS

BIOS yang digunakan untuk motherboard ASRock seri Pro ini memiliki tema warna hitam-biru, dengan background hitam dengan aksen abu-abu yang dilengkapi dengan selector bewarna biru muda. Layout menu BIOS sendiri juga sama dengan yang digunakan ASRock di jajaran motherboard mereka, baik untuk motherboard Intel maupun AMD. Khusus untuk motherboard AMD, menu BIOS yang tersedia hanyalah Advanced Mode

Advanced Mode

Advanced Mode adalah tampilan BIOS di mana pengguna bisa langsung mengakses seluruh opsi konfigurasi yang tersedia. Tampilan ini mungkin akan disukai oleh kalangan enthusiast, karena kebebasan melakukan konfigurasi sistem tersedia di mode ini. Pengguna akan mendapatkan akses pengaturan untuk seluruh komponen yang ada pada sistem. Seluruh opsi untuk konfigurasi sistem bisa ditemukan di sini, baik opsi-opsi yang umum digunakan maupun opsi-opsi spesifik. Mari coba kita lihat tampilan BIOS Advanced Mode dari ASRock B450 Pro4 ini:

Main Tab:

Tampilan pertama yang akan Anda di BIOS ASRock ini adalah tab Main, di mana tersedia informasi mengenai nama motherboard, versi BIOS, tipe prosesor dan memori apa yang sedang digunakan.

OC Tweaker:

Di dalam tab ini, Anda akan menemukan seluruh setting untuk melakukan konfigurasi CPU, Memori, VRM, dan seluruh voltase yang memungkinkan Anda atur. Di tab OC Tweaker ini Anda dituntut untuk setidaknya memiliki pengtahuan mengenai hardware yang Anda gunakan, karena setiap setting yang Anda temukan pada tab ini akan langsung memberikan pengaruh kepada sistem Anda.

Dan berikut ini adalah tampilan lainya yang akan Anda temukan pada saat menggunakan BIOS ASRock B450 Pro4:

Utility

A-Tuning

Software tuning sistem secara on the fly sudahlah tidak asing lagi saat ini, dengan menggunakan software ini maka Anda tidaklah perlu melakukan tuning secara mendetail seperti yang dilakukan di BIOS. Pada seri Pro ASRock memiliki aplikasi bernamakan A-Tuning dengan skin bewarna putih hijau. Lewat aplikasi tersebut Anda dapat menggunakan preset yang digunakan dan juga melakukan tuning manual sistem Anda baik dari sisi CPU multiplier, dan voltage. Berikut ini adalah tampilan dari software A-Tuning:

Operation Mode:

Pada tab ini Anda akan menemukan preset yang diberikan oleh ASRock. Namun, sangat disayangkan pada menu Performance Mode Anda tidak bisa melakukan pengaturan secara advanced, karena nampaknya fitur ini hanya bisa digunakan pada motherboard Z370 dengan prosesor Intel K-series.

OC Tweaker:

Pada tab ini Anda akan mendapatkan akses untuk melakukan tuning BCLK, CPU Multiplier, dan voltage secara on the fly. Anda hanya perlu menggeser slider yang terdapat pada A-Tuning dan mengklik Apply untuk melakukan tuning sistem

 

System Info:

Untuk Tab ini merupakan sebuah hardware monitor, di mana Anda bisa melihat kondisi sistem Anda.

FAN Tastic Tuning:

Pada tab ini Anda dapat mengatur fan speed curve per fan header! Hal yang harus

Anda perhatikan saat melakukan pengaturan fan curve adalah Anda harus mengatahui apakah Anda sedang menjalankan fan header Anda pada mode PWM atau DC Regulated. Secara standar, motherboard ini akan menjalankan fan header di mode DC Regulated, yang berarti Anda bisa mengatur speed di 0 RPM.

Polychome RGB:

Aplikasi ini merupakan satu-satunya cara Anda untuk mengatur LED RGB dengan menggunakan UI. Opsi pengaturan yang terdapat pada BIOS sangatlah tidak user friendly. Untuk Lighting yang terdapat pada ASRock B450 Pro4 Anda hanya dapat mengakses LED RGB header yang tersedia pada motherboard. Dikarenakan motherboard ini tidak memiliki LED sama sekali. Dan sangat disayangkan juga efek yang Anda dapat pilih pada aplikasi ini sangat terbatas.

App-Shop:

Dalam aplikasi ini Anda dapat melakukan update secara otomatis untuk aplikasi yang terdapat pada sistem Anda. Tidak hanya itu saja, aplikasi ini juga bisa Anda gunakan untuk melakukan pemantauan apakah terdapat driver atau BIOS baru untuk sistem yang Anda gunakan. Aplikasi ini cukup berguna untuk menjadi pengingat terdapatnya update driver untuk sistem Anda.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES