in: Motherboard | September 21, 2018 | by: Chandra Wijaya

Hands-On Motherboard ASRock B450 Pro4

Penutup

Kehadiran motherboard pada kelas value-oriented merupakan suatu hal yang sangat wajar untuk sebuah vendor motherboard. Seperti apa yang telah dikatakan pada bagian pembukaan, bahwa dengan kehadiran chipset terbaru AMD B450 ini setiap vendor akan berlomba-lomba menciptakan motherboard dengan variasi kelas dari premium hingga value-oriented. Di sini, ASRock dengan B450 Pro4 berusaha untuk memasuki kelas value-oriented. Sangat disayangkan pada ASRock B450 Pro4 ini hanya mengalami perubahan signifikan pada pergantian tema warna, dari hitam putih menjadi hitam abu-abu. Selain itu, seperti desain VRM dan heatsink, terlihat menggunakan desain yang sama seperti B350 Pro4.

Untuk konektivitas storage, motherboard ini memiliki 2 buah M.2 yang mendukung NVMe dan 6 buah slot SATA III 6Gbps. Untuk konektivitas I/O backpanel motherboard ini juga sudah mencukupi untuk sebuah motherboard gaming. Hal yang sangat disayangkan adalah motherboard ini tidak memberikan 2 buah USB 3.0 front panel header.

Untuk pendinginan VRM, heatsink yang diberikan untuk motherboard ini sudahlah cukup baik, dengan surface area yang menurut kami sudah cukup luas. Namun, sangat disayangkan heatsink yang diberikan di sini masih sama dengan apa yang diberikan untuk B350 Pro4. Tidak ada upgrade dari sisi heatsink. Walaupun cukup baik dari sisi desain, permasalahan yang akan dihadapi motherboard ini adalah penggunaan 3 phase VRM Untuk CPU. Sehingga kami cukup yakin bahwa motherboard ini akan menghadapi masalah ‘thermal runaway’ pada bagian mosfet jika harus menghantarkan daya yang sangat besar kepada CPU. Dengan konfigurasi 3 phase VRM untuk CPU ini akan sangat sulit untuk kami menyarankan menggunakan motherboard ini selain untuk Ryzen 3 dan 5. Dengan catatan pada saat menggunakan Ryzen 5, Anda juga hanya akan memiliki headroom overclocking yang sangat kecil dikarenakan mosfet Anda kemungkinan besar akan terkena ‘thermal runaway’, yang menunjukan bahwa mosfet yang digunakan sudah tidak dapat menahan heat output yang dihasilkan dari switching loss. 

Secara estetika, ASRock B450 Pro 4 ini mendapatkan upgrade yang membuat motherboard ini terlihat lebih menarik dari pendahulunya. Namun secara fitur kami tidak melihat motherboard ini mendapatkan upgrade ataupun perbaikan. Termasuk hal yang sangat kami tidak suka, yaitu motherboard ini tidak memiliki debug LED, dan juga tidak terdapat indikator apapun yang menunjukan bahwa motherboard ini hidup/mati. Hal seperti akan sangat menyulitkan pengguna jika harus melakukan troubleshooting motherboard ini. Kami memahami bahwa motherboard ini termasuk kedalam kelas value, tetapi hal penting seperti meletakan indikator merupakan hal yang sangat krusial! Melihat dari fitur yang ditawarkan motherboard ini, sudah cukup untuk digunakan kebutuhan sehari-hari terutama untuk kebutuhan office.

  • Processor: AMD Ryzen 5 2600
  • Graphics Card: Zotac GTX 1050 2GB Mini
  • Memory: 2x 8GB HyperX Fury DDR4-3000
  • Storage: Intel SSD 535 120GB
  • PSU: Corsair RM 850X
  • CPU Cooler: Cooler Master MasterLiquid Lite 120
  • Display: AOC i2267F-Wh
  • Input: Generic Keyboard & Mouse
  • OS: Windows 10 Spring Creator Update 1803

 

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES