in: Motherboard | September 23, 2018 | by: Chandra Wijaya

Hands-On Motherboard Gigabyte B450 Aorus Elite

Sejak awal bulan Agustus 2018 lalu, gelombang kehadiran motherboard AMD dengan chipset B450 terjadi. Chipset B450 ini sendiri memang sudah ditunggu-tunggu banyak pengguna maupun calon pengguna Ryzen, terutama Ryzen Pinnacle Ridge, yang menginginkan motherboard dengan value vs performance yang sangat baik. Seperti yang sudah kita semua ketahui, motherboard AMD dengan Chipset B450 akan mendukung banyak fitur di Pinnacle Ridge, seperti Precision Boost Overdrive, dan vendor motherboard akan meningkatkan spesifikasi VRM motherboard yang mereka miliki untuk dukungan ke prosesor baru itu.

Kali ini, Gigabyte Aorus tidak ingin tertinggal dari vendor-vendor lain. Mereka juga menghadirkan motherboard terbaru mereka dengan chipset AMD B450, salah satunya adalah B450 Aorus Elite, yang merupakan penerus dari Gigabyte AB350 Gaming 3.  Seri “Elite” ini merupakan seri di bawah seri Pro untuk motherboard B450 milik Gigabyte Aorus ini. Karena Gigabyte telah mengirimkan motherboard tersebut ke lab. kami, kami akan coba membahas lebih jauh seputar motherboard Gigabyte B450 Aorus Elite tersebut.

Paket Penjualan

Gigabyte B450 Aorus Elite ini hadir dengan box dengan logo Aorus pada bagian depan, seperti yang banyak dijumpai di produk motherboard Gigabyte Aorus lain. Logo Aorus ini sendiri bewarna silver dengan background hitam, yang membuat logo Aorus ini terlihat menonjol. Tidak lupa juga Gigabyte menyertakan sedikit warna orange pada bagian depan box untuk membuat tampilan box motherboard ini lebih terasa sesuai dengan corak warna khas Gigabyte Aorus. Sementara di bagian belakang motherboard ini terdapat berbagai informasi mengenai fitur-fitur utama yang ditawarkan motherboard ini.

Paket penjualan yang disertakan motherboard ini bisa dikatakan sangatlah standar. Namun, hal itu merupakan hal yang sangat wajar untuk motherboard Gigabyte Aorus di kelas harga B450 Aorus Elite. Berikut ini perlengkapan yang ada di paket penjualan Gigabyte B450 Aorus Elite:

  • Manual Book
  • DVD Driver
  • 2x Kabel SATA
  • I/O Shield
  • Aorus Badge
  • 1x M.2 Screw Set

Tampilan Fisik

Bila dibandingkan pendahulunya, Gigabyte B450 Aorus Elite secara sekilas terlihat mendapatkan upgrade dari sisi tampilan yang cukup massive. Anda akan melihat I/O shroud bewarnakan hitam dengan sedikit aksen orange dengan tulisan Aorus di atasnya, yang tidak tersedia di pendahulunya, AB350 Gaming 3. Heatsink VRM yang digunakan di motherboard ini juga mendapatkan upgrade dengan terdapatnya 2 blok heatsink yang akan menutupi VRM untuk CPU dan SOC. Kemudian, terdapat juga heatsink PCH dengan desain baru yang jauh lebih besar dari pendahulunya, dan terakhir adalah terdapat sebuah heatsink M.2.

Sebagai motherboard yang bertemakan gaming, kehadiran I/O shroud untuk area I/O tampaknya sudah menjadi suatu kewajiban di era saat ini, untuk memberikan kesan motherboard modern. B450 Aorus Elite ini menggunakan PCB bewarna hitam glossy yang dibumbui corak sablon logo Aorus di area kiri bawah. Fitur RGB di motherboard ini hanya dapat ditemukan di heatsink PCH dan bagian jalur isolasi audio section.

Terdapat 4 DIMM yang mendukung DDR4 dengan kecepatan maksimal hingga DDR4-3200. Kecepatan tertinggi yang didukung resmi oleh pihak AMD sendiri adalah DDR4-2933. Di atas kecepatan tersebut, user harus melakukan overclock manual dan tidak ada jaminan dari pihak AMD bahwa frekuensi tersebut dapat berjalan. Untuk motherboard Gigabyte B450 Aorus Elite ini Anda dapat melihat list QVL memori pada link ini: Memory QVL. Kapasitas maksimal dari RAM yang dapat digunakan pada motherboard ini adalah 64GB untuk konfigurasi 4x 16GB, dengan jenis Non-ECC Unbuffered DDR4. Empat slot DIMM ini dibalut warna hitam.

Untuk pasokan daya, motherboard ini memiliki 24-pin ATX dan 8-pin ATX-12v CPU. Peletakan dari konektor 24-pin ATX ini berada pada posisi yang terbilang cukup tepat, dengan lokasi sedikit menjorok ke bagian atas motherboard, yang akan mempermudah pemasangan kabel ke konektor tersebut saat motherboard terpasang ke casing. Begitu juga untuk peletakan 8-pin ATX yang berada di bagian sisi kiri atas motherboard.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4
Tags: