in: Motherboard | September 23, 2018 | by: Chandra Wijaya

Hands-On Motherboard Gigabyte B450 Aorus Elite

BIOS

BIOS yang digunakan di setiap Gigabyte Aorus Gaming mengusung desain yang sama dan sudah digunakan pada beberapa generasi terakhir motherboard mereka baik untuk Intel dan AMD. BIOS yang digunakan masih menggunaakn tema merah hitam. Pada setiap BIOS motherboard GigabyteTerdapat dua mode di BIOS, yaitu Easy Mode dan Advanced Mode. Secara tampilan, BIOS ini bisa dikatakan sangat sederhana dan opsi-opsi yang terkait dengan satu fungsi dikelompokkan sehingga pengguna dapat dengan mudah mencari opsi yang mereka butuhkan.

Easy Mode:

Easy Mode ini ditujukan sebagai sebuah halaman konfigurasi BIOS yang lebih mudah dimengerti oleh pengguna dari kalangan pemula. Semua opsi yang ada di sini adalah opsi dasar yang umumnya akan banyak diakses pengguna, dan diatur sedemikian rupa sehingga pengguna pemula pun bisa mengaturnya. Di sini, semua opsi ditampilkan dalam tampilan sederhana dalam satu layar saja, sehingga pengguna tidak perlu berhadapan dengan opsi konfigurasi dalam jumlah banyak yang mungkin akan membingungkan, atau terlihat menakutkan, bagi pengguna pemula.

Advance Mode:

Beralih ke Advance Mode, ini adalah mode di mana pengguna dapat melakukan pengaturan yang lebih mendalam kepada sistem. Seluruh opsi untuk konfigurasi sistem bisa dijumpai di sini, baik opsi-opsi yang umum digunakan maupun opsi-opsi yang hanya digunakan untuk tujuan spesifik, yang hanya akan dibutuhkan oleh kalangan tertentu. Seperti biasa, Gigabyte membagi opsi-opsi itu ke dalam beberapa kategori.

M.I.T:

adalah tab yang berisi opsi-opsi konfigurasi utama yang bersangkutan dengan kinerja CPU, Memory, dan Voltage rail. Pada bagian BIOS ini akan diakses oleh orang yang ingin melakukan tuning terhadap performa sistem. Karena seluruh setting yang yang besangkutan dengan multiplier CPU dan Memory akan di jumpai disini, termasuk dengan setting timing memori, Dan biasanya Opsi M.I.T ini sendiri memang lebih identik dengan overclocking terutama pada motherboard seri Z  Intel dan X AMD. Dan jelas tujuan M.I.T tab ini membuka kapabilitas fine tuning performa sistem bagi yang ingin mencoba mencari sedikit performa lebih.

Dan berikut ini adalah tab-tab lain yang tersedia pada BIOS motherboard ini:

BIOS Tab: 

Peripherals Tab: 

Chipset Tab: 

Power Tab: 

Save & Exit Tab: 

Smart Fan 5: 

 

Utility

Gigabyte App Center

Fitur menarik yang sudah diperkenalkan Gigabyte sejak generasi motherboard mereka sebelumnya, yang disatukan ke dalam aplikasi AppCenter, kembali disertakan. Banyak app di AppCenter ini yang menawarkan kemudahan, seperti untuk melakukan beberapa setting BIOS secara on the fly,memantau kondisi sistem, dan lain sebagainya. Di pembahasan kali ini, kami memilih untuk membahas beberapa utility yang menurut kami sangat berguna untuk melakukan kustomisasi terhadap sistem:

EasyTune: 

Utility ini menyediakan opsi tuning performa yang dapat diakses dengan mudah dari dalam sistem operasi. Terdapat 5 menu di aplikasi ini, yaitu Smart Boost, Advanced CPU OC, Advanced DDR OC, Advanced Power, dan Hotkey. Umumnya, pengguna bisa melakukan overclocking menggunakan preset dari menu Smart Boost. Dengan opsi yang tersedia adalah “Default” & “OC”. Sebagai catatan bahwa pada preset OC, maka prosesor anda akan berjalan pada mode bypass, dan setelah berjalan pada mode bypass anda harus melakukan restart untuk kembali ke setting default.

Default Preset
OC Preset

Berikut ini adalah menu-menu lain yang akan anda temukan pada EasyTune:

RGB Fusion:

Sesuai namanya, utility ini merupakan pusat kontrol fitur RGB dan tata cahaya khas Gigabyte/Aorus. Utility ini akan mengijinkan Anda untuk melakukan setting untuk fitur RGB pada motherboard yang mendukung RGB Fusion, termasuk memilih preset, atau mengatur warna dan efek di setiap zona di motherboard. Salah satu fitur RGB yang menurut kami cukup intuitif terdapat pada tab “Intelligent”, di mana LED bisa diatur agar warnanya berubah sesuai angka dari sensor tertentu, seperti CPU Temp., CPU Usage, Fan Speed, dan lain sebagainya.

 

V-Tuner:

Fungsi untuk melakukan tuning ke graphics card Anda ditawarkan oleh utility ini. Anda dapat mengganti GPU clock speed dan memory clock dari graphics card Anda, atau mengatur power target, dan mengatur fan speed.

 

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES