in: Motherboard | September 23, 2018 | by: Chandra Wijaya

Hands-On Motherboard Gigabyte B450 Aorus Elite

Penutup

Gigabyte Aorus memang bisa dikatakan sedikit terlambat merilis jajaran motherboard dengan chipset AMD B450 mereka. Hal itu tampaknya terjadi karena Gigabyte Aorus melakukan perombakan jajaran motherboard dengan memperkenalkan nama-nama baru di keluarga B450 ini. Walaupun begitu, bila dibandingkan dengan jajaran motherboard pendahulunya, motherboard AMD B450 ini bisa dikatakan mengusung berbagai fitur yang lebih baik, termasuk B450 Aorus Elite ini bila dibandingkan AB350 Gaming 3.

Melihat bahwa motherboard ini ditargetkan untuk kelas menengah motherboard B450, Gigabyte Aorus hanya memberikan konektivitas front panel yang sangat sederhana, yaitu 1 buah front panel USB 3.0 dan 2 buah front panel USB 2.0. Kemudian 2 buah slot M.2 pada motherboard B450 juga sudah merupakan perkembangan yang cukup baik, di mana pada slot pertama akan menggunakan bandwidth dari CPU dan slot ke-2 akan menggunakan bandwidth dari Chipset B450. Kemudian, seperti yang sudah dibicarakan sebelumnya, motherboard B450 akan mendapatkan sedikit upgrade pada VRM, motherboard ini menggunakan konfigurasi 4 CPU phase + 3 SOC phase. Di mana setiap phase untuk CPU akan menggunakan 2 buah choke untuk melakukan thermal balancing pada choke. Desain VRM ini sendiri merupakan desain yang digunakan oleh motherboard B450 Gigabyte lainya seperti Aorus B450 Pro WiFi dan Aorus B450 Pro. Di atas komponen VRM ini Gigabyte Aorus juga menyertakan heatsink VRM yang besar dan memiliki surface area yang cukup luas.

Keberadaan Debug LED pada motherboard ini juga menjadi suatu nilai tambah. Karena menurut kami, fitur Debug LED ini sudah menjadi suatu kewajiban bagi motherboard modern. Tidak lupa juga sebagai motherboard modern, terdapat juga fitur RGB pada motherboard ini yang dapat dikendalikan melalui RGB Fusion. Fitur RGB Fusion milik Gigabyte Aorus ini sudah mengalami perbaikan yang signifikan. Kami sudah dapat melihat bahwa transisi warna yang dimiliki motherboard ini sudah sangat smooth.

Secara keseluruhan jika Anda menginginkan sebuah motherboard B450 yang menwarkan fitur-fitur essential dengan sedikit “blink-blink”, Anda dapat melirik motherboard ini. Kami sendiri tidak melihat motherboard ini didesain sercara khusus untuk ‘gaming’ kami melihat motherboard ini lebih ke arah penggunaan sehari-hari. Secara I/O port motherboard ini memiliki nilai tambah dengan memberikan 4 buah USB 2.0 dan 4 buah USB 3.0. Jika Anda pengguna motherboard B350 dengan kelas entry, mungkin motherboard ini Gigabyte B450 Aorus Elite ini dapat anda lihat sebagai opsi upgrade yang cukup menarik dengan berbagai ekstra fitur nya.

 

Sistem Pengujian

  • Prosesor: AMD Ryzen 5 2600
  • Graphics Card: Gigabyte GeForce GTX 1070 Ti OC Edition
  • Memory: Aorus RGB Memory DDR4-3200
  • Storage: Intel SSD 535 120GB
  • PSU: Corsair HX850 850 Watt
  • CPU Cooler: Cooler Master MasterLiquid Lite 120
  • Display: AOC i2267F-Wh
  • Input: Generic Keyboard & Mouse
  • OS: Windows 10 1803 Update

 

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES