in: Desktop - Notebook / Laptop | September 11, 2018 | by: Gatot Tri Yuwono

Lenovo Legion di IFA 2018: Main Game Makin Lancar dengan Kartu Grafis Lebih Kencang

Tidak seperti lini produk lain yang mendapatkan “anggota keluarga” baru, lini produk PC Gaming Lenovo Legion tampil “PeDe” di ajang IFA 2018 dengan “anggota keluarga” yang telah ada selama beberapa bulan belakangan ini. Walaupun begitu, pada pameran IT yang diselenggarakan di kota Berlin, Jerman, tersebut, Lenovo mengumumkan ekspansi pilihan komponen graphics card untuk produk Legion baik PC Desktop maupun Laptop. Menariknya, pilihan graphics card terbaru tersebut, ternyata memiliki teknologi dan kinerja di atas yang telah ada selama ini.

Legion Desktop

Untuk produk PC Desktop Legion, siapa menyangka jika Lenovo memasukkan lini GeForce RTX 20 Series ke dalam pilihan komponen graphics card Legion Tower T730 dan Cube C730. Dibandingkan pilihan komponen graphics card yang tersedia saat ini, GeForce GTX 1060 6 GB atau Radeon RX 570 4 GB, tentu GeForce RTX 20 Series membawa lompatan performa grafis yang signifikan untuk Legion Tower T730 dan Cube C730. Kinerja gaming Legion Tower T730 dan Cube C730 dipastikan akan naik signifikan dibandingkan pilihan graphics card sebelumnya.

Untuk Legion Tower T730, pilihan GeForce RTX 20 Series yang disediakan Lenovo mencakup RTX 2070, RTX 2080, sekaligus RTX 2080 Ti. Sementara untuk Legion Cube C730, pilihan graphics card GeForce RTX 20 Series yang disediakan tidak mengikutkan varian RTX 2080 Ti. Pilihan graphics card GeForce RTX 20 Series sendiri seharusnya akan mulai tersedia begitu NVIDIA mulai memberi “lampu hijau” penjualan di seluruh dunia.

Selain graphics card, komponen lain Legion Tower T730 tetap mengandalkan yang telah ada seperti prosesor Core i 8th Gen “Coffee Lake” dengan pilihan tertinggi ada di Core i7 8700K. Menariknya, sistem pendingin prosesor di Legion Tower T730 telah menggunakan liquid cooling dengan radiator 120 mm. Kami diinfokan jika Lenovo menggunakan sistem pendingin prosesor buatan CoolerMaster. Dapat dijumpai pula dua buah kipas pada sisi depan casing yang memasok udara segar ke dalam. Prosesor dipadukan dengan memori/RAM DDR4 ddengan kapasitas maksimal 32 GB. Tersedia satu slot M.2 yang dapat menampung SSD PCIe dengan pilihan kapasitas maksimal 512 GB. SSD bahkan dilengkapi heatsink untuk menjaga temperatur tetap rendah sepanjang penggunaan. Selain SSD, Lenovo juga menyediakan konfigurasi storage dengan Intel Optane Memory. PC Desktop ini juga menyediakan dua slot untuk menampung HDD 3,5 inci dengan konfigurasi maksimal 2X 2 TB. Seluruh komponen tersebut ditenagai power supply 625 Watt yang telah mengantongi sertifikasi 80Plus Bronze.

Pada Legion Cube C730, pilihan komponen prosesor, memori/RAM, dan juga storage tidak banyak berbeda dengan Legion Tower T730. Hanya saja untuk pendingin prosesor PC Desktop dengan bodi mungil ini masih mengandalkan tipe air cooling dengan tiga heatpipe tembaga. Tata letak komponen di Legion Cube C730 pun terasa unik karena Lenovo menempatkan komponen motherboard dalam kondisi terbalik. Membuat graphics card dapat dilihat dengan jelas melalui jendela transparan di sisi atas casing.

Komponen power supply dan HDD ditempatkan pada sisi satunya, dibalik motherboard. Terlihat PC Desktop ini juga dapat menampung dua buah HDD 3,5 inci.

Legion Laptop

Untuk laptop, hanya Lenovo Legion Y530 yang mendapatkan pilihan graphics card terbaru. Jika sebelumnya pilihan komponen graphics card paling tinggi adalah GTX 1050 Ti, bertepatan dengan digelarnya IFA 2018 Lenovo mengekspansinya hingga GeForce GTX 1060 6 GB non Max-Q. Graphics card tersebut tentu membuat game dapat dimainkan di kualitas visual lebih tinggi dengan tingkat frame rate tetap tinggi yang nyaman dimainkan.

Lenovo Legion Y530 sendiri menggunakan layar IPS 15,6 inci dengan tingkat resolusi Full HD yang sangat ideal dipasangkan dengan pilihan graphics card tersebut. Di konfigurasi tertinggi prosesor yang digunakan adalah Core i7 8750H dengan ENAM core di dalamnya. Kapasitas memori/RAM maksimal adalah 16 GB dengan kecepatan 2666 MHz. Sementara storage mengkombinasikan SSD PCIe 256 GB dan juga HDD 2 TB di konfigurasi paling tingginya.

Sayang sekali Lenovo tidak melakukan update pilihan komponen untuk Legion Y730. Laptop dengan pilihan layar 15,6 inci dan 17,3 inci ini tetap mengandalkan Core i7 8750H dan GTX 1050 Ti untuk pilihan tertingginya. Kapasitas memori/RAM maksimal adalah 32 GB di kecepatan 2666 MHz. Sementara solusi storage juga mengkombinasikan SSD PCIe 256 GB dan juga HDD 2 TB di konfigurasi paling tingginya.

Laptop Lenovo Legion terbaru tersebut dikabarkan akan segera masuk pasar Indonesia bulan ini. Akan tetapi belum diketahui seperti apa SKU dan konfigurasi hardware yang akan dijual untuk pasar Indonesia. Kami sendiri memang menantikan kehadiran laptop gaming ini mengingat ia memiliki penampilan unik dan tidak memancarkan kesan seperti laptop gaming.

Tags:

COMMENTS

comments!

RANDOM ARTICLES