in: News | September 26, 2018 | by: Dian Syarifuddin

Lenovo ThinkPad P1 – Workstation Lebih Ringan, Tipis dan Powerful

Pada Rabu ini (26/09), Lenovo resmi menambah keluarga baru dari ThinkPad P Series dengan meluncurkan ThinkPad P1. ThinkPad Series boleh dibilang sebagai perangkat workstation yang powerful dan memang lebih ditujukan untuk kalangan profesional untuk menunjang keperluan bisnis mereka. Dibalik kemampuan performanya yang tinggi, laptop workstation ini ternyata dikemas dengan body lebih tipis serta bobot yang ringan. Sehingga cukup menunjang pengguna profesional yang mobile.

Peluncuran ThinkPad P1 berlangsung di sebuah showroom mobil sport Aston Martin, Menteng, Jakarta Pusat. Fransisca Prandayani, General Manager Marketing, Aston Martin, bercerita saat kunjungannya di pabrik Aston Martin di Inggris, dimana para insinyur rata-rata menggunakan perangkat workstation dari Lenovo ThinkPad. “Aston Martin dengan bangga menyambut kehadiran ThinkPad P1 dan disaat bersamaan dengan peluncuran Aston Martin New Vantage di Indonesia“, Ujar Fransisca.

Budijanto, Country General Manager, Lenovo Indonesia yang turut hadir menyatakan, “Menurut riset yang diperoleh Microsoft, terungkap bahwa 85% responden dari Indonesia ternyata menganggap dirinya sebagai pekerja mobile dan menghabiskan setidaknya 20% waktu mereka di luar kantor untuk bekerja“. “Selain itu, pergeseran generasi milenial yang mulai membutuhkan perangkat pendukung yang mumpuni juga kini mulai meningkat, sehingga Lenovo menyadari akan hal tersebut dengan meluncurkan ThinkPad P1“, Tambah beliau.

Lenovo ThinkPad P1 hadir dengan layar berukuran 15″ dengan resolusi 4K UHD 100% Adobe color gamut touchscreen. Laptop workstation ini mengkombinasikan desain bodi yang tipis dengan ketebalan 18,4 mm dan bobot sekitar 1,7 kilogram. Sebagai perangkat workstation, ThinkPad P1 didukung dengan sertifikasi ISV (Independent Software Vendor) untuk tiap-tiap perangkat hardware-nya.

Soal performa, tentunya ThinkPad P1 ditunjang dengan spesifikasi yang mumpuni, mulai dari Prosesor Intel Xeon 8th Gen yang dipadankan dengan RAM 16GB 2667MHz dan bisa diupgrade hingga 64GB. Storage yang digunakan adalah SSD PCIe M.2 dengan kapasitas yang bisa diupgrade hingga 4 TB. Slot SSD PCIe M.2 tersedia dua slot. Sedangkan pada graphics card yang digunakan, ThinkPad P1 dibekali dengan opsi NVIDIA Quadro P1000 dan P2000.

Lenovo ThinkPad P1 ditawarkan dengan harga mulai dari Rp29.900.000. Untuk varian ThinkPad P1 dengan prosesor Intel Core i9 8th gen kabarnya akan turut dihadirkan oleh Lenovo dan mulai tersedia pada November 2018 mendatang di Indonesia.

Tags: