in: Notebook / Laptop | September 7, 2018 | by: Gatot Tri Yuwono

Lenovo ThinkPad X1 Extreme: Laptop Bisnis Yang Siap Untuk Kerja Serius dan Bersantai

Lenovo tidak hanya memperkaya lini laptop Yoga Series mereka di ajang IFA 2018 yang diselenggarakan di kota Berlin, Jerman. Lenovo juga melakukan ekspansi untuk lini laptop bisnis ThinkPad mereka dengan merilis ThinkPad X1 Extreme. Sejalan dengan nama yang digunakan, Lenovo membawa produk laptop ThinkPad X1 ke tingkat lebih ekstrim dengan menawarkan spesifikasi komponen yang sebelumnya tidak pernah digunakan oleh lini ThinkPad X1 Series.

Lenovo ThinkPad X1 Extreme tampil istimewa dengan komponen performa tinggi di dalamnya karena ia memang dipersiapkan untuk komputasi kencang dan masif di segala macam skenario penggunaan. Untuk komponen prosesor, Lenovo menyediakan Intel Core i7 8850H with vPro Technology untuk konfigurasi paling tingginya. Dengan 12 (DUA BELAS)-thread di dalamnya, prosesor dengan arsitektur Coffee Lake tersebut sangat mumpuni dalam menangani komputasi paling masif sekalipun. Bahkan di bulan Desember mendatang, akan tersedia pilihan prosesor Intel Core i9 untuk Lenovo ThinkPad X1 Extreme yang tentunya membuat performa laptop tersebut lebih kencang lagi.

Lenovo ThinkPad X1 Extreme pun tampil makin istimewa dengan kartu grafis GeForce GTX 1050 Ti 4 GB GDDR5 versi Max-Q di dalamnya. Biasanya, laptop ThinkPad X1 Series mengandalkan Graphics Processor yang ada di dalam prosesor Intel. Tentu kartu grafis dari NVIDIA tersebut membuat Lenovo ThinkPad X1 Extreme tidak hanya siap untuk kerja serius tetapi juga siap untuk menikmati waktu santai dengan memainkan game.

Lenovo ThinkPad X1 Extreme pun datang dengan dukungan kapasitas memori/RAM DDR4 hingga 64 GB pada kecepatan 2666 MHz sehingga siap menangani aplikasi modern paling “rakus” memori/RAM sekalipun. Laptop ini pun menyediakan dua slot M.2 PCIe dengan dukungan kapasitas total SSD hingga 2 TB (2X 1 TB) membuat performa sistem kian optimal dan gesit saat digunakan. Loading data ukuran besar pun dapat dilakukan dalam waktu singkat.

Dengan spesifikasi seperti itu, Lenovo ThinkPad X1 Extreme diklaim memiliki daya tahan baterai hingga 14 jam. Bahkan pengisian baterai hingga 80% memakan waktu hanya satu jam saja berkat teknologi Rapid Charge. Menurut Lenovo, kapasitas 80% dapat disetarakan dengan daya tahan selama 12 jam.

Meskipun mengalami perombakan signifikan pada spesifikasi komponen internal, Lenovo ThinkPad X1 Extreme tetap menghadirkan desain bodi klasik khas ThinkPad Series. Bodi pun dibuat dari bahan Carbon Fibre untuk “housing” layar. Lenovo ThinkPad X1 Extreme sendiri memiliki ukuran bodi 36,18 x 24,57 untuk sisi panjang dan lebar. Sementara tebal bodi saat layar ditutup adalah 1,84 cm untuk layar Full HD non-Touch dan 1,87 cm untuk layar 4K Touchscreen. Tergolong sangat tipis untuk spesifikasi komponen yang ditawarkan. Bahkan laptop ini memiliki bobot yang tergolong ringan mulai dari 1,7 kg untuk layar Full HD non-Touch dan 1,8 kg untuk layar 4K Touchscreen.

Lenovo ThinkPad X1 Extreme dilengkapi layar 15,6 inci dengan panel IPS sehingga menghasilkan warna lebih akurat dan viewing angle lebih luas. Bahkan untuk versi layar 4K Touchscreen, tingkat color gamut mencapai 100% Adobe RGB dan telah mengantongi sertifikasi Dolby Vision. Bingkai layar laptop ini pun dibuat ramping membuat bodi laptop 15,6 inci terasa seperti laptop 14 inci. Kamera tetap ditempatkan pada area sebelah atas layar dengan fitur ThinkShutter untuk menghindari orang tidak bertanggung jawab mengintip melalui kamera. Lenovo ThinkPad X1 Extreme juga menyediakan perangkat stylus pen membuat aktivitas menggambar atau menulis di layar menjadi lebih mudah.

 

Untuk ruang kerja lebih luas, Lenovo ThinkPad X1 Extreme juga dapat dipasangkan dengan empat buah monitor 4K. Memungkinkan kerja makin produktif.

Keyboard khas laptop ThinkPad Series yang terkenal nyaman digunakan untuk mengetik hadir di Lenovo ThinkPad X1 Extreme bersama TrackPoint dan TouchPad dengan tiga tombol. Keyboard juga datang dengan fitur spill resistant dengan lampu backlit yang memudahkan mengetik dalam kondisi gelap. Untuk fitur keamanan, tersedia sensor sidik jari di sebelah kanan keyboard.

Sistem pendingin Lenovo ThinkPad X1 Extreme menggunakan dua buah kipas yang menarik udara dingin dari bawah laptop kemudian membuangnya keluar melalui lubang ventilasi di antara engsel layar.

Konektor yang disediakan Lenovo ThinkPad X1 Extreme mencakup 1X DC-IN, 2X USB-C Thunderbolt 3, 1X HDMI 2.0, 1X Network Extension, dan 1X Audio Jack (Dolby Atmos) pada sisi kiri. Sementara pada sisi kanan dapat ditemukan 1X SD Card reader, 2X USB 3.1 Gen 1, dan Kensington Security Lock.

Lenovo ThinkPad X1 Extreme mulai tersedia pada bulan September 2018 ini dengan harga jual mulai dari $1859. Tertarik?!

Tags: