in: Notebook / Laptop | September 5, 2018 | by: Gatot Tri Yuwono

Lenovo Yoga C630 WOS: Laptop Snapdragon 850 Pertama di Dunia

Lenovo memanfaatkan sepenuhnya ajang IFA 2018 di kota Berlin, Jerman, untuk memperkenalkan produk terbaru dan tercanggih mereka. Salah satunya adalah Lenovo Yoga C630 WOS (Windows On Snapdragon). Yap! Benar sekali, laptop 2-in-1 tersebut ditenagai SoC (System On Chip) Qualcomm Snapdragon 850 dan menjadi perangkat pertama di dunia yang menggunakannya. Lenovo Yoga C630 WOS sendiri merupakan perwujudan dari platform “Always Connected PC” yang digaungkan oleh Qualcomm belakangan ini. Di dalam Lenovo Yoga C630 WOS juga telah ditanam modem Snapdragon X20 LTE yang mampu menyediakan jalur pertukaran data hingga kecepatan 1,2 Gigabits per second di jaringan LTE Advanced Pro 4.5G. Tentu hal tersebut membuat laptop dengan sistem operasi Windows 10 ini akan memiliki karakteristik seperti smartphone dimana message atau email tetap masuk meskipun laptop dalam kondisi Sleep/Hibernate sekalipun. Tidak perlu tergantung pada jaringan Wi-Fi untuk mendapatkan koneksi internet. Ia pun dapat hidup dalam sekejap dari posisi Sleep/Hibernate.

Daya pikat lain yang dtawarkan Lenovo Yoga C630 WOS adalah pada daya tahan baterai. Lenovo mengklaim jika laptop yang dapat diubah menjadi perangkat tablet ini dapat memutar video selama lebih dari 25 jam dengan sekali pengisian daya. Daya tahan baterai semasif itu tentu sangat mencukupi untuk menunjang aktivitas penggunanya selama satu hari penuh di luar ruangan sebelum kembali ke rumah untuk melakukan pengisian baterai. Bahkan dengan daya tahan baterai selama itu membuat pengguna tidak perlu membawa perangkat charger Lenovo Yoga C630 WOS sehingga barang bawaan lebih ringan dan ringkas. Lenovo Yoga C630 WOS juga menawarkan daya tarik lainnya pada operasional dengan tingkat kebisingan 0 dB berkat penggunaan sistem pendingin pasif. Tidak perlu lagi khawatir munculnya suara dengungan kipas secara tiba-tiba.

Dengan engsel layar 360°, Lenovo Yoga C630 WOS tidak hanya dapat dioperasikan seperti laptop konvensional tetapi juga sebagai perangkat tablet di Tablet Mode sekaligus Stand Mode dan Tent Mode.

Lenovo Yoga C630 WOS dilengkapi layar sentuh 13,3 inci dengan resolusi Full HD dan telah menggunakan panel IPS. Bingkai layar sisi kanan kiri dibuat ramping membuat bodi terasa ringkas. Tebal bodi Lenovo Yoga C630 WOS pun terhitung tipis dengan 1,25 cm saja saat layar ditutup dengan bobot sekitar 1,2 kg saja membuat laptop 2-in-1 ini nyaman dibawa kemanapun. Layar Lenovo Yoga C630 WOS pun dapat dioperasikan dengan menggunakan Lenovo Pen yang memudahkan aktivitas menggambar atau menulis di layar sentuhnya.

Desain, ukuran, dan tata letak tombol keyboard tampak normal seperti laptop Lenovo Yoga lainnya. Lenovo menempatkan speaker pada sisi kanan dan kiri keyboard. Tampak pula sensor sidik jari di Lenovo Yoga C630 WOS ini yang membuat sistem pengaman laptop ini lebih baik lagi.

Pada sisi samping kiri bodi Lenovo Yoga C630 dapat ditemukan SIM Card Tray dan 1X USB-C 3.0.

Sementara pada sisi sebaliknya dapat ditemukan 1X USB-C 3.0, 1X Audio Jack, dan tombol Power On/Off.

Lenovo Yoga C630 WOS akan mulai tersedia pada bulan November 2018 dengan harga jual mulai dari $849. Tersedia dua pilihan kapasitas memori/RAM LPDDR4X yaitu 4 GB atau 8 GB dengan kapasitas storage 128 GB atau 256 GB.

 

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES