in: News | September 19, 2018 | by: Friska Suryawinata

Mozilla Firefox Reality Resmi Hadir

Walau masih sedikit asing dan belum banyak yang menggunakannya, VR (virtual reality) sudah memiliki pasar tersendiri yang sebenarnya memiliki banyak potensi yang baik, seperti misalnya di dalam pasar gaming dan juga pasar hiburan lainnya seperti menonton video. Pasar VR ini sendiri lebih populer dikenal lewat aplikasi mobile, salah satunya berkat Google Cardboard yang menyediakan perangkat VR terjangkau untuk semuanya.

Selain pasar gaming atau video, nampaknya perusahaan browser juga mulai mengembangkan VR ini juga, seperti yang kini dilakukan oleh pihak Mozilla yang memiliki produk browser Firefox. Pihaknya baru saja mengumumkan proyek browser VR yang diberi nama Firefox Reality.

Tim Mozilla menyebutkan bahwa Firefox Reality ini didesain sedemikian rupa untuk bisad diakses hanya melalui VR. Karenanya, Mozilla memberikan beragam jenis fitur dan cara pencarian yang lebih baik untuk mendukung hal tersebut, seperti misalnya pencarian dengan menggunakan suara. Pengguna juga bisa melakukan pencarian, mengetik URL, dan melakukan berbagai hal lain yang umumnya dilakukan pada sebuah browser tanpa perlu menggerakkan mouse dan keyboard, hanya perlu menggunakan VR hand controller.

Firefox Reality sendiri telah tersedia untuk platform Oculus, Viveport dan Daydream, serta akan lebih optimal performanya jika menggunakan headset mobile standalone seperti Oculus Go dan Lenovo Mirage Solo. Karena browser VR ini masih dalam versi 1.0, maka pihak Mozilla pun masih terus memberikan pembaharuan dan perbaikan bug yang terdapat di dalamnya. Tapi selebihnya, Firefox Reality sudah bisa digunakan untuk mereka yang ingin memiliki pengalaman browsing dalam dunia virtual secara penuh.

Simak video perkenalan Firefox Reality berikut ini:

Tags: