in: Notebook / Laptop | September 14, 2018 | by: Gatot Tri Yuwono

Review Notebook Gaming: Omen by HP 15-dc0035TX

The Notebook

Sekilas, penampilan Omen by HP 15-dc0035TX memang tampak mirip dengan produk generasi sebelumnya. Omen by HP tampaknya memanfaatkan basis desain bodi produk sebelumnya untuk menciptakan produk laptop gaming terbaru mereka. Dengan penampilan keren dan se-“gahar” itu, tidak aneh jika Omen by HP masih “PeDe” dengan desain bodi produk sebelumnya untuk kembali tampil pada laptop gaming edisi tahun 2018 mereka. Tentu saja Omen by HP tidak sekedar menyalin mentah-mentah desain bodi produk sebelumnya. Kami temukan sejumlah perubahan desain bodi yang membuat laptop gaming ini tampil lebih baik dibandingkan pendahulunya.

Perlu diketahui, seluruh varian laptop gaming Omen by HP 15 2018 akan menggunakan desain bodi yang mirip dengan Omen by HP 15-dc0035TX membuat penampilan tampak serupa satu sama lain.

Dominasi warna gelap memang membuat penampilan laptop gaming Omen by HP 15 2018 tampak tidak terlalu mencolok, Akan tetapi dengan desain permukaan sisi belakang layar seunik itu, tampaknya laptop gaming Omen by HP 15 2018 akan dengan mudah menjadi pusat perhatian orang terlebih saat digunakan di luar ruangan. Motif carbon fibre sekaligus metal brush finish dengan elemen garis X warna merah membuat penampilan laptop gaming ini terasa begitu eksklusif. Warna merah pada elemen garis X dan logo Omen pun terasa begitu kontras dengan permukaan sisi belakang layar yang berwarna gelap.

Logo Omen pada sisi belakang layar kini tampak lebih “mewah”. Omen by HP tidak lagi menggunakan cat untuk memberikan warna merah pada logo tetapi dengan menambahkan lempeng logam dengan warna merah mengilap pada sisi belakang lempeng logam hitam yang membentuk logo Omen. Berbicara mengenai logam, nyaris seluruh bodi laptop gaming Omen by HP 15 2018 telah menggunakan bahan logam, membuatnya terasa tangguh saat digunakan.

Salah satu perubahan desain bodi laptop gaming Omen by HP 15 2018 yang memberikan dampak signifikan adalah menipisnya ukuran bezel layar. Bezel layar yang tipis mungkin bagi sejumlah orang terasa seperti gimmick semata. Akan tetapi tahukah Anda dengan mengurangi ketebalan bezel layar akan membuat ukuran bodi laptop ikut menyusut?! Dimensi panjang dan lebar laptop akan ikut menyusut seiring menciutnya tebal bezel layar pada sisi kanan-kiri dan atas.

Sebagai perbandingan, laptop gaming Omen by HP 2017 dengan layar 15,6 inci memiliki ukuran bodi 38,9 x 27,6 cm untuk sisi panjang dan lebar sementara di produk terbarunya seperti Omen by HP 15-dc0035TX, ukuran bodi menyusut menjadi 36 x 26,3 x cm. Bahkan penyusutan ukuran bodi tersebut membuat footprint laptop gaming Omen by HP 15 2018 terasa seperti laptop dengan layar 14 inci meskipun ia menggunakan layar 15,6 inci.

Dalam merampingkan bezel layar, Omen by HP ternyata juga mempertimbangkan penempatan kamera. Bezel layar sisi atas tetap dirancang setipis mungkin sambil tetap mempertahankan komponen kamera pada posisi itu.

Jika posisi dipindah ke sisi bawah layar maka gambar seperti di atas yang akan ditangkap oleh kamera laptop.

Walaupun begitu dari segi tebal bodi, laptop gaming Omen by HP 15 2018 tidak jauh berbeda dengan generasi sebelumnya sebesar 2,5 cm.

Omen by HP tampaknya mengerti graphics card performa tinggi sekelas GTX 1070 membutuhkan layar spesial untuk memaksimalkan kemampuannya. Oleh karena itu tidak aneh jika Omen by HP 15-dc0035TX langsung dilengkapi layar dengan spesifikasi paling “mewah” saat ini. Sebut saja tingkat refresh rate 144 Hz yang menjamin animasi pergerakan dapat ditampilkan jauh lebih mulus dibandingkan layar konvensional 60 Hz. Layar pun dapat menampilkan sepenuhnya 144 gambar per detik saat game dijalankan pada tingkat frame rate 144 fps. Pada laptop gaming konvensional dengan layar 60 Hz, layar hanya dapat menampilkan 60 gambar per detik meskipun game mampu menghasilkan frame rate lebih dari 60 fps.

Istimewanya lagi, Omen by HP tidak melakukan kompromi pada layar 144 Hz mereka dengan langsung menggunakan panel IPS. Penggunaan panel IPS menjamin viewing angle dan kualitas warna jauh lebih baik dibandingkan menggunakan panel TN. Permukaan layar diberi lapisan anti-glare sehingga tidak memiliki sifat memantul seperti cermin yang membuat pemakaian menjadi lebih nyaman. Layar LCD LED ukuran 15,6 inci tersebut memiliki tingkat resolusi Full HD/1920 x 1080 piksel yang menghasilkan tingkat kepadatan piksel mencapai 141 PPI.

Layar Omen by HP 15-dc0035TX pun kian sempurna dengan dibenamkannya teknologi NVIDIA G-Sync. Pengalaman memainkan game pun semakin sempurna dengan menghilangnya gejala image tearing, input lag, dan stutteringRefresh rate 144 Hz pun membuat “ruang gerak” teknologi NVIDIA G-Sync semakin luas dengan mampu ditanganinya frame rate hingga 144 fps.

Layar laptop gaming Omen by HP 15 2018 kini menggunakan desain dua engsel membuatnya lebih kokoh saat layar dibuka dengan mendorong sisi pinggir. Sebelumnya laptop gaming Omen by HP menggunakan desain satu engsel pangjang pada sisi tengah.

Penempatan konektor adalah salah satu perubahan desain yang dilakukan Omen by HP pada laptop gaming terbaru mereka. Omen by HP memindahkan sebagian besar konektor dari sisi samping ke sisi belakang laptop. Hal ini tentu saja membuat area sisi kanan dan kiri laptop bebas dari gangguan kabel atau perangkat USB lainnya sehingga pergerakan tangan saat menggunakan mouse menjadi tidak terganggu.

Pada sisi belakang dapat ditemukan konektor 1X RJ45, 1X USB 3.1 Gen 1 (5 Gbps), 1X HDMI, 1X Mini Display Port, 1X Type-C USB 3.1 Gen/Thunderbolt 3, dan lubang kensington security lock.

Sementara pada sisi kiri dapat ditemukan konektor USB 3.1 Gen 1 (5 Gbps), headphone microphone combo jack, dan SD Card reader.

Jumlah konektor pada sisi kanan pun dibuat minimalis dengan hanya dijumpai 1X USB 3.1 Gen 1 (5 Gbps) dan 1X DC-INPUT.

Komponen keyboard laptop gaming Omen by HP 15 2018 juga mengalami sejumlah perubahan. Perbedaan paling kentara dengan pendahulunya adalah sisi pinggir setiap tombol tidak lagi menampilkan warna merah. Tombol keyboard laptop gaming Omen by HP 15 2018 tetap menggunakan desain tombol chiclet dengan penampang luas yang siap mengakomodir jari besar sekalipun. Akan tetapi cukup disayangkan ukuran tombol panah di Omen by HP 15 2018 mengalami penyusutan yang signifikan dibandingkan pendahulunya. Jarak antar tombol pun dibuat lega mengurangi resiko kesalahan tekan tombol tetapi tetap membutuhkan adaptasi di awal jika sebelumnya terbiasa dengan tombol yang rapat.

Lampu backlit keyboard Omen by HP 15 2018 pun kini ditingkatkan dari dua menjadi empat zona warna dengan kostumisasi warna yang jauh lebih beragam. Sebelumnya, lampu backlit keyboard hanya memiliki warna putih untuk tombol ASDW serta warna merah untuk tombol lainnya dan tidak dapat diganti. Sayang sekali lampu backlit tidak memiliki pengaturan untuk efek cahaya.

Tombol ASDW kini ditandai dengan kotak putih serta warna cahaya berbeda sehingga lebih mudah dikenali pada kondisi gelap. Pada produk sebelumnya, Omen by HP membedakan tombol ASDW dengan warna merah sehingga kontras sekali dengan tombol lainnya yang berwarna hitam. Tidak ketinggalan, Omen by HP pun mengimplementasikan teknologi 26-key rollover sekaligus anti-ghosting membuat gamer dapat mengeksekusi hingga 26 tombol sekaligus tanpa perlu takut input perintah tidak dikenali. Tombol keyboard Omen by HP 15 2018 sendiri kini terasa lebih nyaman dan empuk dibandingkan sebelumnya. Respon setiap tombol pun terasa cepat dan responsif tetapi tidak seagresif pendahulunya.

Komponen touchpad terasa nyaman digunakan dengan dua tombol terpisah untuk klik kiri dan kanan yang terasa empuk saat ditekan.

Tombol Power On/Off dengan cahaya merah membentuk garis saat sistem menyala.

Tombol khusus dengan logo Omen ini digunakan untuk memanggil aplikasi Omen Command Center. Lebih mudah dan tidak perlu rumit mencari di antara deretan panjang aplikasi.

Desain area sisi bawah laptop gaming Omen by HP 15 2018 seperti ditemukan di Omen by HP 15-dc0035TX memang patut diacungi jempol. Tidak banyak produsen laptop gaming sangat serius dalam mendesain area yang akan jarang dilihat ini. Basis desain untuk sisi ini pada dasarnya sama seperti pemukaan sisi belakang layar dengan bentuk huruf X yang memisahkan empat area berbeda. Tampak logo Omen di emboss dengan tulisan “OMEN” samar terlihat pada sisi tengah. Sementara pada sisi satunya dihiasi motif segitiga timbul memberikan cengkraman tangan lebih baik saat memengang laptop pada sisi itu.

Lubang ventilasi tempat masuknya udara kini juga diperbarui dengan ukuran lebih masif dengan sedikit penghalang. Memungkinkan udara masuk dengan cepat dan dalam jumlah besar. Sementara itu lubang pembuangan diarahkan sepenuhnya ke sisi belakang membuat pengguna aman dari paparan udara panas.

Lubang ventilasi pembuangan udara panas kini memiliki desain baru dengan bukaan lebih besar sehingga volume aliran udara keluar lebih besar dan lebih lancar dengan sedikit hambatan. Kaki penyangga laptop gaming ini pun dibentuk sedemikian rupa yang yang tidak hanya memberikan penampilan unik, tetapi juga memiliki fungsi vital untuk mencegah udara panas yang keluar dari belakang terhisap kembali oleh kipas melalui lubang ventilasi pada sisi bawah.

 

Kemudahan akses komponen internal yang telah diperkenalkan pada produk sebelumnya kini juga dihadirkan pada Omen by HP 15 2018 seperti Omen by HP 15-dc0035TX kali ini. Cukup dengan melepaskan delapan baut pengunci, seluruh komponen internal sudah dapat diakses. Tentu saja hal ini tidak hanya memudahkan saat ingin melakukan upgrade komponen tetapi juga saat ingin membersihkan komponen dari debu.

Sistem pendingin Omen by HP 15-dc0035TX terdiri dari TIGA buah heatpipe yang mengalirkan panas dari CPU/GPU menuju dua area pelepasan panas yang terpisah di sisi kanan dan kiri. Sayang sekali, disini kami masih menemukan adanya satu heatpipe yang menghubungkan baseplate heatsink CPU dan GPU dimana desain seperti itu menimbulkan resiko panas dari satu komponen akan memanaskan komponen lainnya. Walaupun begitu desain heatpipe seperti itu membuat dua area pelepasan panas mendapatkan beban kerja yang seimbang sehingga proses pendinginan lebih optimal.

Baseplate heatsink area CPU tidak hanya memiliki tugas mendinginkan prosesor Core i7 8750H tetapi juga komponen VRM. Area pendinginan ini memiliki peran ganda melepasakan panas dari CPU dan juga sebagian dari GPU. Kipas pendingin laptop gaming Omen by HP 15-dc0035TX pun mengalami perubahan dibandingkan pendahulunya dengan ukuran bilah lebih besar. Jarak antar bilah pun dibuat lebih renggang sehingga menambah volume udara di antara bilah kipas. Komponen dinamo kipas pun kini juga diperbarui dengan 3-phase motor.

Beban kerja baseplate heatsink area GPU pun tidak dapat dikatakan ringan dengan panas yang dihasilkan komponen chip GP104, GDDR5, dan juga VRM. Area pendinginan ini juga memiliki peran ganda melepasakan panas dari GPU dan juga sebagian dari CPU.

Omen by HP 15-dc0035TX menyediakan dua slot SO-DIMM yang mendukung memori/RAM DDR4 (1,2 Volt) dengan kapasitas dan kecepatan maksimal 32 GB @2666 MHz. Untunglah Omen by HP 15-dc0035TX langsung dilengkapi memori/RAM dengan kapasitas dan kecepatan maksimal sehingga tidak perlu lagi melakukan upgrade.

Laptop gaming Omen by HP 15 2018 seperti Omen by HP 15-dc0035TX dilengkapi satu slot M.2 yang mendukung SSD PCIe dan SATA.

Slot M.2 pada Omen by HP 15-dc0035TX dilengkapi lempengan logam dengan thermalpad untuk mendinginkan SSD PCIe yang umumnya memiliki temperatur kerja tinggi saat bekerja. Menariknya, lempengan logam pendingin SSD tersebut merupakan perpanjangan dari lempengan logam penutup kipas. Hal tersebut tentu membuat panas yang diserap lempengan logam dapat segera dilepaskan dengan bantuan kipas.

Omen by HP 15-dc0035TX juga menyediakan ruang untuk menampung storage SATA III 6 Gbps ukuran 2,5 inci. Laptop gaming ini langsung dilengkapi 1 TB HDD untuk secondary storage selain 512 GB SSD sebagai primary storage.

Unit pengujian Omen by HP 15-dc0035TX hanya dilengkapi SSD PCIe dengan kapasitas 256 GB.

Omen by HP 15-dc0035TX dilengkapi baterai dengan kapasitas 70,07 Wh.

Perangkat catu daya Omen by HP 15-dc0035TX mampu menyuplai daya hingga 200 Watt. Bobotnya pun tergolong ringan dengan 622 gram saja.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4 5 6 7 8
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES