in: Notebook / Laptop | September 14, 2018 | by: Gatot Tri Yuwono

Review Notebook Gaming: Omen by HP 15-dc0035TX

Konsumsi Daya

Note: Total system power consumption (In Watts)

Battery Life

Setting: Windows Power Option – Balanced | Windows Brightness – 50% | Speaker Volume – 25 % | Airplane Mode – On (Video Playback) | WiFi On & Bluetooth Off (YouTube)

Dengan spesifikasi hardware setinggi itu dan tidak aktifnya teknologi NVIDIA Optimus, sudah sewajarnya jika daya tahan baterai Omen by HP 15-dc0035TX akan sesingkat itu. Pada skenario non-gaming Omen by HP 15-dc0035TX hanya dapat bertahan paling lama sekitar 4 jam di pengujian kami. Memang masih ada kemungkinan laptop gaming ini untuk bertahan lebih lama lagi jika menggunakan pengaturan yang mampu . Pastikan untuk tidak memisahkan laptop gaming ini dengan perangkat pengisi dayanya.

Sementara untuk daya tahan baterai di skenario gaming menunjukkan hasil yang sama wajarnya untuk sebuah laptop gaming dengan kisaran satu jam pemakaian. Mengaktifkan fitur Battery Boost di pengaturan 30 fps sukses menambah panjang daya tahan baterai Omen by HP 15-dc0035TX sekitar setengah jam.

Kesimpulan

Core i7 8750H – Meskipun didera temperatur tinggi yang menyebabkan aktifnya mekanisme thermal throttling, siapa menyangka Core i7 8750H di Omen by HP 15-dc0035TX tetap mampu menunjukkan performa yang sama kencangnya dengan prosesor sejenis yang pernah kami uji beberapa waktu lalu. Gejala thermal throttling seperti tidak memiliki dampak yang berarti pada performa prosesor hexa core milik Omen by HP 15-dc0035TX tersebut.

Dengan DUA BELAS thread, Core i7 8750H membuat Omen by HP 15-dc0035TX sangat ideal dalam menangani komputasi modern yang membutuhkan prosesor dengan kemampuan tinggi. Membuatnya cocok untuk mereka yang berkutat di dunia 3D-modellingediting kelas profesional untuk gambar/video/audio, pembuatan animasi, CAD, dan masih banyak lagi. Kencangnya performa Core i7 8750H di Omen by HP 15-dc0035TX pun didukung memori/RAM kecepatan tinggi dengan kapasitas besar pada konfigurasi dual channel memory. SSD PCIe sebagai storage utama pun membuat kemampuan Core i7 8750H kian optimal. Laptop gaming terasa responsif dan gesit saat digunakan dengan waktu loading data ukuran masif yang cepat.

GTX 1070 Max-Q – Meskipun graphics card ini merupakan versi hemat daya dari GTX 1070 Notebook, hasil pengujian kami menunjukkan kemampuan yang tetap luar biasa. Terlebih GTX 1070 Max-Q di Omen by HP 15-dc0035TX dipadukan dengan layar Full HD yang membuat tingkat frame rate dapat dengan mudah menembus angka ratusan fps di sejumlah game yang kami uji. Tentu saja tingkat frame rate setinggi itu sangat ideal dengan digunakannya layar 144 Hz yang membuat pengalaman memainkan game semakin sempurna dengan tampilan animasi pergerakan yang lebih mulus. Bahkan ditanamkannya teknologi NVIDIA G-SYNC membuat pengalaman memainkan game semakin sempurna dengan hilangnya gejala image tearingstuttering, dan input lag.

GTX 1070 Max-Q memang membuat Omen by HP 15-dc0035TX siap menjalankan game modern terbaru sekalipun dengan lancar di tingkat kualitas visual maksimal. Kapasitas masif memori/VRAM 8 GB pun membuat Omen by HP 15-dc0035TX siap menangani game yang memakan banyak tempat di dalam chip GDDR5. Dan tentu saja Omen by HP 15-dc0035TX siap menjadi sistem untuk menampilkan konten VR (Virtual Reality) secara sempurna, yang dapat dibawa kemana saja dengan mudah.

Kami juga menemukan hal menarik dari hasil pengujian kami di Omen by HP 15-dc0035TX. GTX 1070 Max-Q seharusnya akan memiliki level performa dibawah GTX 1070 Notebook akibat penggunaan kecepatan kerja lebih rendah. Akan tetapi pada game tertentu yang sangat menyukai prosesor kencang, performa GTX 1070 Max-Q dapat mengimbangi atau bahkan melebihi kemampuan GTX 1070 Notebook. Menarik bukan?!

 

Cooling Performance – Dalam menjinakkan panas graphics card, performa sistem pendingin Omen by HP 15-dc0035TX memang sangat memuaskan. Temperatur kerja GTX 1070 Max-Q dapat dijaga pada batas yang aman di kisaran 70-80 °C bahkan dengan menggunakan kecepatan kipas Auto. Walaupun begitu untuk urusan pendinginan prosesor, performanya tidak terlalu memuaskan. Sayang sekali dengan kemampuan pendinginan prosesor seperti itu laptop gaming ini tidak menyediakan pengaturan kecepatan kipas hingga 100% yang mungkin dapat membantu menjaga temperatur pada batas lebih aman. Memang kecepatan kipas 100% akan menghasilkan kebisingan yang tinggi tetapi masih dapat diakali dengan menggunakan headphone saat memainkan game. Untunglah mekanisme thermal throttling dengan sigap bekerja mengamankan prosesor dari paparan panas tinggi dalam durasi lama. Menariknya, mekanisme thermal throttling tersebut ternyata seperti tidak memberikan dampak besar pada performa Core i7 8750H di Omen by HP 15-dc0035TX.

Overall – Laptop gaming Omen by HP 15-dc0035TX dijual pada kisaran harga Rp. 34.999.000,- dengan menyertakan sistem operasi Windows 10. Harga yang ditawarkan dapat dikatakan masih masuk akal mengingat laptop gaming merk lain juga menawarkan produk mereka dengan spesifikasi komponen kurang lebih setara di kelas harga ini. Walaupun begitu, kapasitas memori/RAM 32 GB dengan SSD PCIe 512 GB+1 TB HDD membuat penawaran Omen by HP 15-dc0035TX terasa menarik. Tidak perlu lagi memikirkan untuk melakukan upgrade memori/RAM serta storage dengan kapasitas semasif itu. Terlebih harga komponen memori/RAM saat ini yang sedang mengalami kenaikan.

Omen by HP 15-dc0035TX memang memiliki modal yang kuat untuk ikut dalam persaingan laptop gaming Intel Core i 8th Gen “Coffee Lake” di pasar Indonesia. Performa di skenario gaming dan non-gaming tetap memuaskan meskipun didera tingginya temperatur prosesor yang memicu mekanisme thermal throttling. Layar 144 Hz dengan teknologi NVIDIA G-SYNC pun membuat Omen by HP 15-dc0035TX tampil semakin sempurna sebagai mesin gaming dengan performa tinggi. Omen by HP 15-dc0035TX pun datang dengan peningkatan dari desain bodi sebelumnya yang membuatnya tampil lebih baik seperti bezel layar lebih tipis yang membuat ukuran bodi dan bobot menyusut. Jenis dan jumlah konektor yang diberikan pun melimpah dengan penempatan yang lebih baik.

Kelebihan

(+) Bezel layar tipis membuat ukuran bodi dan bobot ikut menyusut

(+) Posisi kamera tetap di atas layar

(+) Penampilan menarik dan unik

(+) Bodi logam

(+) Performa komputasi kencang dengan prosesor hexa core

(+) Performa gaming memuaskan di kelasnya

(+) Temperatur kerja GTX 1070 Max-Q rendah

(+) Kapasitas memori/RAM bawaan masif, 32 GB

(+) Layar IPS 144 Hz dengan NVIDIA G-SYNC

(+) 512 GB SSD M.2 NVMe PCIe 3.0 x4

(+) Pendingin aktif untuk SSD M.2

(+) Backlit keyboard

(+) Keyboard dengan 26-key rollover anti-ghosting

(+) Tiga port USB 3.1 Gen 1 (5 Gbps)

(+) Satu port USB 3.1 Gen 2

(+) Thunderbolt 3.0

(+) HDMI

(+) Mini Display Port

(+) Wi-Fi ac

(+) Pembuangan udara panas mengarah ke belakang

(+) Area tombol ASDW bebas paparan panas tinggi

(+) Charger laptop ringan

Kekurangan

(-) Temperatur prosesor tinggi

(-) Tidak ada opsi pengaturan kecepatan kipas

(-) Tombol panah mengecil

(-) Daya tahan baterai singkat akibat absennya NVIDIA Optimus

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4 5 6 7 8
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES